Logo Daihatsu
Menu

Inilah yang Menjadi Penyebab Mobil Terbakar

Otomotif

2020-12-03

penyebab mobil terbakar

Mobil terbakar tidaklah terjadi begitu saja. Pasti ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Oleh karena itulah, mengetahui penyebab mobil terbakar adalah penting adanya.

Untungnya, disini kami akan menyajikan informasi terkait hal tersebut. Adapun informasi soal penyebab mobil terbakar sendiri bisa disimak sebagai berikut ini!

Mobil Jarang atau Bahkan Tidak Dirawat

Mobil yang jarang atau bahkan tidak dirawat sama sekali rupanya bisa bikin mobil terbakar. Mobil yang tergolong jarang dirawat biasanya memiliki beberapa komponen yang cacat. Salah satunya adalah bagian kabel yang sudah usang.

Bila dibiarkan, kabel itu bakal menyebabkan konslet dan berpotensi mengalami gesekan dengan komponen lain. Bila sampai gesekan terjadi, maka kebakaran mobil adalah hal yang tidak bisa dihindari lagi.

Kerusakan Komponen Listrik Pada Mobil

Penyebab yang satu ini masih ada sangkut pautnya dengan penyebab yang pertama. Mobil yang jarang dirawat juga akan membuat komponen listrik rentan rusak. Bila dibiarkan saja, komponen kelistrikan mobil bisa menimbulkan percikan api, serta tentu bikin mobil terbakar. Rutin memeriksa komponen listrik, serta rajin merawat mobil adalah solusi atas penyebab satu ini.

Bagian Konverter Katalitik Mobil Kepanasan

Salah satu komponen mobil yang luput dari perhatian adalah konverter katalitik. Komponen tersebut berfungsi sebagai pengubah gas dan polutan beracun menjadi gas yang lebih ramah lingkungan.

Pastikan agar komponen tersebut memiliki panas yang cukup. Sebab, jika sampai kepanasan, maka potensi kebakaran mobil akan sulit dihindari. Kepanasan yang terjadi pada konverter sendiri biasanya disebabkan oleh berlebihnya jumlah polutan yang mesti diubah.

Tumpahan Bahan Bakar Pada Mesin Mobil

Bahan bakar adalah komponen mobil yang tergolong sensitif. Jangan sampai dia bocor, apalagi bocornya sampai mengenai mesin mobil. Apalagi, jika mesinnya dalam keadaan yang sangat panas. Hal itu tentu akan bikin mobil Sahabat berpotensi mengalami kebakaran parah.

Langkah Pencegahan Pada Mobil Terbakar

Sebelum menutup artikel ini, kami akan memberikan sejumlah langkah pencegahan kepada Sahabat. Siapa tahu Sahabat bisa memakainya untuk menghindari potensi terjadinya mobil terbakar. Lalu, apa saja langkah-langkah pencegahan itu?

Rutin Melakukan Pengecekan dan Perawatan Mobil

Ini adalah langkah pertama yang harus Sahabat lakukan. Lakukanlah pengecekan secara rutin, terutama pada bagian-bagian vital semacam mesin, ruang bahan bakar, serta sistem kelistrikan.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan mobil secara berkala. Agar tidak repot, Sahabat bisa melakukan perawatan rutin di bengkel resmi terdekat.

Janganlah Parkir di Tempat yang Rawan Terbakar

Jika Sahabat harus parkir di suatu tempat, mohon perhatikan tempat tersebut. Pastikan tempat di mana mobil Sahabat diparkir bukanlah tempat yang rawan terbakar. Tempat yang rawan terbakar akan sangat mudah menularkan api ke mobil yang rentan sekali terbakar. Sahabat tentu tak ingin ‘kan hal itu terjadi?

Gunakan Pembungkus Anti Panas Pada Kepala Silinder Mesin

Jika Sahabat melakukan modifikasi pada mobil, maka lakukanlah pembukusan terhadap kepala silinder mesin. Bungkuslah komponen tersebut dengan pembungkus anti panas. Hal itu dilakukan guna menjaga panas pada mesin, serta menghindari cipratan oli yang bisa saja mengenai bagian mesin.

Mobil terbakar tidaklah terjadi begitu saja. Pasti ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Oleh karena itulah, mengetahui penyebab mobil terbakar adalah penting adanya.

Semua informasi itu sudah kami berikan di atas, beserta dengan langkah antisipasinya. Tetaplah selalu menjaga kondisi mobil Sahabat, agar bisa terhindar dari berbagai hal-hal tidak diinginkan semacam mobil terbakar. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Manfaat Pasang Peredam di Pintu Mobil Saat Modifikasi Audio

2022-02-28

Peredam audio di dalam mobil memang sangat penting untuk mengurangi kebisingan sehingga suasana kabin menjadi lebih senyap. Dengan adanya peredam audio di pintu mobil, t

thumbnail

5 Cara Menghidupkan Mobil Manual yang Benar dan Aman

2021-01-06

Mengemudikan mobil bertransmisi manual memang lebih sulit dari mobil matic. Akan tetapi jika Anda sudah lihai mengenai sistem manual, mengemudikan mobil dengan transmisi

thumbnail

Mengenal Komponen dan Fungsi Sistem Kontrol Emisi Gas Buang

2021-03-01

Sebagian besar dari kita mungkin masih belum begitu paham tentang fungsi dari sistem kontrol emisi gas buang. Secara garis besar, fungsi utama dari sistem ini adalah mem

thumbnail

7 Tips Perawatan Mobil setelah Kena Banjir, Pengecekan Interior Tidak Kalah Penting

2021-01-29

Perawatan mobil setelah kena banjir memang perlu kesabaran dan ketelitian. Hal ini dikarenakan air dan lumpur yang terbawa karena banjir bisa saja merusak mesin dan inte