Logo Daihatsu
Menu

Inspirasi Rumah Minimalis Untuk Kenyamanan Hunian

Family

2020-11-27

rumah minimalis

Memiliki rumah yang bagus dan nyaman tentu menjadi idaman bagi semua orang. Makna kata bagus tidak selalu diartikan sebagai sesuatu yang mewah atau mahal. Rumah bisa dikatakan bagus jika memiliki desain interior yang baik. Ada berbagai macam desain interior yang menarik, salah satu yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia desain rumah minimalis. 

Lahan rumah yang terbatas membuat banyak orang ingin menyiasati minimnya ruangan mereka sehingga diperlukan kreativitas untuk menciptakan rumah minimalis yang nyaman dihuni. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang ingin mencari inspirasi rumah minimalis untuk rumah mereka dengan lahan yang terbatas.

Beberapa inspirasi rumah minimalis yang bisa diaplikasikan di rumah Sahabat:

1. Hunian Berkonsep Scandinavian

Desain scandinavian saat ini menjadi salah satu desain paling kekinian yang banyak diminati masyarakat. Pada desain ini lebih dominan menggunakan karakter warna yang netral seperti warna putih. Lalu pada bagian jendela dan bukaan yang besar difungsikan agar terdapat pencahayaan alami dan udara segar yang masuk ke dalam rumah. 

Konsep scandinavian juga menghadirkan elemen kain untuk melengkapi tampilan interior. Elemen tersebut antara lain karpet, taplak, gorden dan tirai. Interior pada scandinavian identik dengan penggunaan material kayu agar desain pada rumah tersebut tetap terlihat hangat. Konsep utama dari scandinavian memang memiliki ciri khas natural dan sederhana.

2. Perabotan yang Nyaman dan Lengkap

Adanya keterbatasan pada ruang tentunya tidak mengurangi kreativitas untuk menciptakan rumah minimalis yang ideal. Sahabat dapat menciptakan gaya hunian yang modern serba nyaman dan lengkap dengan penataan ruang yang tepat. 

Dimulai dari konsep storage sederhana diletakkan pada posisi kiri, rak model gantung yang praktis, sofa duduk empuk, hingga ruang makan yang berbeda tema warnanya. Selain menggunakan warna berbeda, Sahabat dapat menggunakan meja bar sebagai pembatas yang cukup efektif.

3. Konsep Tepat Pada Storage dan Tata Letak Rumah

Rumah minimalis idealnya harus memiliki ruang storage yang memadai. Karena keterbatasan ruang, Sahabat dapat memilih perabot yang berukuran pas sesuai dengan ruangan. Penempatan rak harus  memaksimalkan bagian dinding sebagai storage. Dalam mendekorasi rumah minimalis, maka harus seminimalis mungkin untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan tetap indah.

4. Nuansa Putih Minimalis dengan Sentuhan Modern

Warna putih adalah warna dasar paling cocok digunakan untuk konsep rumah minimalis. Warna putih ini cocok untuk dikombinasikan dengan lantai yang berfunitur kayu sehingga tampak terlihat seperti rumah minimalis favorit. 

Selain pemilihan warna, Sahabat dapat memilih perabot atau furniture yang luwes dan simpel, mulai dari perabotan utama hingga perabot untuk pelengkap dekorasi. Warna putih dan furniture yang simpel dan modern akan menjadikan rumah Sahabat tampak lebih kece.

5. Utamakan Furniture Berkualitas Baik

Meskipun Sahabat memiliki keterbatasan pada lahan rumah, namun Sahabat tetap harus memperhatikan perabotan yang ingin Sahabat gunakan untuk mengisi rumah. Sahabat harus pintar memilih kualitas furniture yang baik agar dapat menunjang desain rumah Sahabat lebih menarik serta untuk kenyamanan Sahabat dan keluarga di rumah.

6. Miliki Kesan Rumah yang Lenggang dan Chic

Jika Sahabat dapat memanfaatkan elemen desain dengan tepat, maka Sahabat dapat menciptakan rumah minimalis terasa lenggang dan chic atau cantik. Sahabat dapat menggunakan cermin pada ruang makan agar memberikan efek luas yang lebih optimal. 

Selain itu, Sahabat dapat mendesain bagian dinding sedemikian rupa untuk memberikan tampilan rumah minimalis yang berbeda. Untuk pengisian furniture, pastikan Sahabat memilih perabot dengan model yang sederhana. Jika terdapat sudut ruangan yang masih kosong, Sahabat tentu dapat menambahkan rak display atau rak buku untuk mengisi kekosongan pada sudut ruangan. Pastikan Sahabat memilih furniture dengan warna yang juga senada. 

7. Konsep Sederhana dan Konsisten

Salah satu ciri dari rumah minimalis yaitu memiliki konsep yang sederhana dan konsisten. Sahabat sebaiknya memilih furniture yang sederhana namun memiliki kualitas yang baik. Konsep sederhana ini bukan hanya memberikan kesan lebih nyaman, akan tetapi dapat memberikan kemudahan bagi pemilik untuk merawat rumah. Sahabat disarankan untuk memilih furniture yang mudah untuk dibersihkan atau tidak memiliki detail terlalu banyak.

8. Bersifat Praktis dari Segala Sisi

Keunggulan dari rumah minimalis adalah memiliki sifat praktis dan tidak banyak hal-hal yang terlihat rumit. Agar rumah minimalis Sahabat terasa nyaman, maka pilihlah furnitur yang praktis. Sahabat dapat menggunakan material kayu pada bagian lantai sehingga akan memberikan kesan rumah yang hangat dan bersahabat. 

9. Penggunaan Tanaman Untuk Memberi Kesan Fresh

Penambahan dekorasi tanaman akan membuat hunian rumah Sahabat terasa lebih fresh atau segar. Sahabat dapat meletakkan tanaman di teras rumah, atau di belakang rumah. Pilihlah tanaman hias yang mudah dirawat dan memberikan efek yang baik pada rumah Sahabat. Sahabat dapat menggunakan aloe vera atau lidah buaya, money tree atau tanaman pachira, tanaman hias spider plant, lavender, jade plant dan lucky bamboo. Sahabat dapat memanfaatkan tanaman lucky bamboo dan money tree karena tanaman-tanaman tersebut dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi sang pemilik rumah.

Itulah beberapa inspirasi rumah gaya minimalis yang bisa Sahabat terapkan pada hunian rumah Kamu. Inspirasi-inspirasi di atas dapat diaplikasikan untuk inspirasi rumah minimalis 2 kamar. Konsep rumah minimalis akan selalu menjadi hunian yang dapat memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Rumah minimalis sangat cocok bagi penghuni keluarga kecil yang menginginkan konsep rumah yang sederhana namun tetap menarik bagi siapapun yang melihatnya.

Baca juga : Ide Dekorasi Rumah yang Tak Membuat Kantong Bolong


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

2021-01-28

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Tak hanya bapak-bapak saja yang suka minum kopi, ibu-ibu juga suka minum kopi. Bagi Sahabat yang sedang hamil dan suka minum

thumbnail

Dokumen yang Diperlukan untuk Syarat Menikah dengan WNA

2020-12-04

Menikah dengan warga negara asing atau WNA adalah hal yang biasa terjadi. Apalagi di era globalisasi ini orang dari seluruh penjuru dunia saling terhubung satu sama lain. Sehingga tidak heran jika

thumbnail

Beberapa Tugas Guru di Sekolah

2020-11-25

Guru adalah seorang pendidik yang mengajarkan ilmu. Guru memiliki jasa yang besar karena guru mengajarkan murid ilmu yang belum dipahami oleh seorang murid. Sehingga ilmu tersebut akhirnya dapat te

thumbnail

Investasi Tanah vs Emas, Mana yang Lebih Baik?

2021-01-25

Memilih antara investasi tanah atau emas adalah salah satu dilema bagi para pemula. Hal itu wajar lantaran dua instrumen investasi itu lazim direkomendasikan oleh mereka