Logo Daihatsu
Menu

Jangan Disepelekan, Ini Efek Buruk dari Tutup Tangki Bahan Bakar yang Kotor

Otomotif

2022-05-22

efek lubang tutup tangki bahan bakar kotor

Salah satu bagian mobil yang seringkali diabaikan oleh sang pemilik ialah tutup tangki bahan bakar. Hal ini cukup disayangkan, karena efek lubang tutup tangki bahan bakar kotor ternyata tidak main-main.

Ukurannya memang sangat kecil (hanya sekitar 1 millimeter) dan berada di bagian dalam. Ada segelintir orang tidak melakukan pengecekan, karena mungkin tidak mengetahui keberadaan lubang tersebut.

Efek Lubang Tutup Tangki Bahan Bakar Kotor

Lantas, apa yang akan terjadi, apabila tutup tangki tersebut rusak atau bahkan hilang? Jangan pernah menyepelekannya, karena beberapa kondisi berikut bisa Anda alami di waktu-waktu yang tidak terduga:

Sirkulasi Udara Terhambat

Kehadiran lubang pada tutup tangki bahan bakar menjadi satu-satunya tempat untuk pergantian udara (sirkulasi). Sebab, tangki tersebut memang didesain secara khusus, agar tingkat kedapnya tinggi.

Bila lubang tersebut tersumbat, tentu saja tidak ada udara yang bisa keluar dan masuk. Kondisi inilah yang bisa memicu berbagai masalah pada kendaraan, baik ringan maupun fatal.

Menimbulkan Karat dan Lubang

Kotoran yang dibiarkan menumpuk akan memicu karat pada komponen tersebut. Penyumbatan yang tidak segera diatasi, maka karat akan membuat mulut tutup tangki menjadi berlubang atau bolong.

Lubang ini sangat berisiko, karena air bisa masuk ke dalam tangki dan bercampur dengan bahan bakar. Kondisi tersebut bisa memicu permasalahan lebih lanjut, beberapa di antaranya:

  1. Kinerja mesin menjadi tidak optimal
  2. Mesin menimbulkan suara brebet
  3. Kendaraan mati secara mendadak
  4. Merusak komponen, termasuk piston

Jika sudah demikian, Anda akan mengalami kesulitan untuk mengatasi kerusakan ini. Setidaknya, Anda harus membuang cairan yang terkontaminasi tersebut atau bahkan menguras, agar kendaraan bisa bekerja kembali.

Mengganggu Aliran Bahan Bakar

Sirkulasi udara pada tutup tangki ternyata mempunyai manfaat lain, yakni mendukung kelancaran aliran bahan bakar. Saat mesin menghisap bahan bakar untuk beroperasi, maka volume tersebut akan tergantikan oleh udara yang masuk melalui lubang.

Apabila lubang tersebut tertutup oleh kotoran, udara tidak bisa masuk ke dalam tangki. Akibatnya, bahan bakar tidak bisa mengalir secara sempurna, sehingga kinerja mesin menjadi tidak optimal.

Kendaraan Mogok

Siapa sangka, kendaraan mogok tidak harus selalu diakibatkan oleh kerusakan mesin yang berat. Lubang tutup tangki yang kotor, ternyata juga bisa menyebabkan kendaraan mogok di tengah jalan.

Hal ini dikarenakan, tidak ada bahan bakar yang dialirkan ke ruang pembakaran, sehingga mesin tidak bisa bekerja. Untuk memastikannya, Anda bisa menyalakan mesin dengan mencopot tutup tangki terlebih dahulu.

Bila mesin mau menyala, ada kemungkinan bagian tutup tersebut memang mengalami penyumbatan. Bersihkan lubang tersebut, lalu silakan coba untuk menyalakan kendaraan kembali.

Berdasarkan penjabaran di atas, maka sangat penting untuk membersihkan lubang tutup tangki secara rutin. Tidak harus ke bengkel besar, Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah.

Caranya, cukup mengelapnya menggunakan kain bersih dengan daya serap tinggi. Dengan begitu, bisa dipastikan tidak ada air mengendap pada lubang dan mengikat debu yang masuk.

Namun, bila kerusakan sudah cukup parah, sebaiknya segera bawa kendaraan ke bengkel terpercaya, seperti web berikut. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan service di bengkel resmi seperti Daihatsu, yakni:

  1. Peralatan lebih lengkap dan berkualitas
  2. Teknisi sudah pasti terlatih dan kompeten
  3. Menyediakan suku cadang dan aksesori asli
  4. Biaya sudah jelas, karena ada standar harga tersendiri
  5. Daftar riwayat service bisa membuat harga jual kendaraan tetap tinggi
  6. Fasilitas garansi

Itu artinya, meski harga sedikit lebih mahal, tetapi sangat memuaskan dan kendaraan Anda pun terjamin. Tidak ada lagi kekhawatiran efek lubang tutup tangki bahan bakar kotor, karena Daihatsu memberikan perawatan secara menyeluruh.


Tag

Otomotif

Share This