Logo Daihatsu
Menu

Jangan Sembarangan, Begini Tips Modifikasi Velg Mobil

Modifikasi

2020-11-01

velg modifikasi

Bagi penggemar otomotif, modifikasi velg mobil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan. Biasanya, modifikasi yang paling umum adalah penggantian velg yang bertujuan untuk mengubah tampilan mobil agar sesuai dengan keinginan pemiliknya. Walaupun tergolong cukup mahal namun memodifikasi mobil seperti ini bisa memberikan kepuasan bagi sang pemilik apalagi saat ini telah tersedia berbagai jenis velg yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. 

Modifikasi Velg Mobil 

Memodifikasi mobil terutama velg merupakan hal yang tidak mudah. Sahabat membutuhkan bantuan seorang profesional untuk melakukannya dan tidak bisa dilakukan sembarangan terutama jika Sahabat tidak memiliki pengetahuan otomotif yang memadai. Salah satu hal paling penting dalam memodifikasi velg adalah dengan mengetahui ukuran diameter atau outer diameter dari velg standar yang merupakan bawaan pabrik. Ukuran diameter sendiri diukur dari titik tengah velg hingga ke bahu ban. 

Sebagai informasi, setiap jenis mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga Sahabat harus benar-benar memperhatikannya saat memodifikasi velg mobil Sahabat. Kenali jenis mobil dan ukuran velg yang pas bagi mobil Sahabat agar tidak salah memilih nantinya. Berikut beberapa tips modifikasi velg berdasarkan jenis mobil yang digunakan :

Sigra

Mobil Sigra ini mulai sering terlihat di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Hal ini tentu meningkatkan peluang bagi para pemiliknya untuk melakukan modifikasi velg mobil Sigra. Namun, jika berniat memodifikasi mobil ini sebaiknya Sahabat melakukan konsultasi dulu dengan seorang teknisi yang berpengalaman. Semua komponen mobil terutama velg telah dirancang agar sesuai dengan kondisi serta performa kendaraan. 

Walaupun tergolong kecil, velg Sigra yang berukuran 13 inci untuk varian D serta ukuran 14 inci untuk varian lainnya sejatinya telah dirancang agar sesuai dengan kemampuan mesin serta konsumsi bahan bakarnya. Jika Sahabat ingin menggantinya maka sebaiknya gunakanlah velg ukuran 15 atau 16 inci serta menyesuaikannya dengan ketebalan ban agar tidak mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan.

Harga velg ukuran tersebut cukup mahal, biasanya pemilik mobil akan mengganti velg original dengan velg racing agar terlihat lebih stylish. Harga velg tersebut dibandrol sekitar 4-5 juta rupiah per buah sehingga pastikan Sahabat memilih produk yang berkualitas.

Calya

Hampir sama dengan Sigra, mobil keluaran Toyota ini memiliki ukuran velg yang mirip dan banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia. Walaupun desain velg mobil ini terbilang bagus namun ukurannya yang kecil dinilai tidak proporsional dengan body mobil yang besar sehingga banyak yang mengganti velg-nya dengan ukuran yang lebih besar.

Memodifikasi velg memang bisa mengubah daya cengkram saat mobil melaju di jalan namun disisi lain juga bisa mempengaruhi performa mobil sehingga sangat disarankan untuk tidak mengubah velg ke ukuran yang lebih besar dari 16 inci demi alasan keamanan. Jika Sahabat masih ragu, sebaiknya segera konsultasi ke teknisi yang terpercaya.

Brio

Mobil keluaran Honda ini memang sangat dikenal di masyarakat khususnya generasi milenial. Desain yang menawan dan terkesan modern dirasa sangat cocok dengan para generasi muda tersebut. Namun, walaupun desainnya sudah bagus namun banyak pemiliknya yang merasa kurang cocok dengan velg bawaan pabrik. 

Biasanya, pemilik mobil ini mengganti velg mobilnya dengan velg racing yang dianggap lebih keren dan stylish. Ukuran velg bawaan dari pabrik yaitu 14 inci dengan Pitch Centre Diameter (PCM) 4x100 dan ukuran ban standar yaitu sebesar 175/65/ R14. 

Jika Sahabat ingin menggantinya maka sangat disarankan agar Sahabat tidak menggantinya dengan ukuran lebih dari 17 inci dengan ukuran ban berkisar antara 195/45 sampai 215/35. Jangan memaksa menggunakan velg ukuran 18 inci karena akan sangat mempengaruhi performa mobil terutama saat berjalan di jalan yang rusak dan penuh lubang.

Jazz

Selain memperhatikan desain velg yang akan digunakan, Sahabat juga harus memperhatikan ukuran velg yang disarankan. Sama seperti Honda Brio, setiap varian Honda Jazz memiliki PCD 4x100 yang berarti mobil ini memiliki 4 lubang baut dengan jarak masing-masing sebesar 100 mm dan memiliki ukuran sebesar 16 inci.

Oleh karena itu, ukuran velg yang disarankan adalah antara 17-18 inci. Oleh sebab itu, dalam memilih velg untuk mobil ini Sahabat sebaiknya menyesuaikannya dengan tipe mobil, warna dan desainnya agar tampilan mobil Anda terlihat lebih elegan dan menawan.

Avanza

Bagi pemilik mobil keluaran Toyota ini, penggunaan velg boleh dinaikan hingga 3 tingkat. Mobil Avanza tipe terbaru kebanyakan memiliki ukuran velg sebesar 14 inch sehingga Sahabat bisa menggantinya hingga ukuran 17 inci dengan pertimbangan khusus. 

Jika Sahabat menggantinya dengan velg ukuran 15 inci maka ukuran ban yang disarankan adalah 185/65, bila menggunakan velg 16 inci maka ukuran ban yang disarankan adalah 205/55 sedangkan jika menggunakan ukuran 17 inci maka disarankan menggunakan ban ukuran 205/50 atau 215/45. Ingat semakin besar ukuran velg yang digunakan maka ketebalan ban yang digunakan akan semakin tipis. 

Hal ini akan sangat mempengaruhi kenyaman Sahabat selama berkendara karena ban tidak meredam getaran secara maksimal terutama saat melintas jalanan yang tidak rata. Namun, hal ini bisa ditangani dengan mengganti kaki-kaki mobil sehingga banyak pemiliknya yang mengganti per original dengan per yang lebih kaku. Untuk menghindari kerusakan, pemilik mobil disarankan berkonsultasi dengan teknisi agar nantinya modifikasi yang dilakukan tidak membahayakan keselamatan pengemudinya.

Itulah beberapa tips modifikasi velg mobil berdasarkan tipe mobil yang banyak digunakan di tanah air. Memang kebanyakan mobil yang beredar merupakan mobil-mobil Jepang sehingga jika Sahabat berniat mengganti velg mobil buatan Eropa atau Amerika maka Sahabat perlu tips yang berbeda lagi karena setiap jenis mobil memiliki karakternya sendiri-sendiri.

Baca juga : Berbagai Referensi Mobil Carry Modifikasi


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Sembarangan, Begini Tips Modifikasi Velg Mobil

2020-11-01

Bagi penggemar otomotif, modifikasi velg mobil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan. Biasanya, modifikasi yang paling umum adalah penggantian velg yang bertujuan un

thumbnail

Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

2021-03-22

Head unit atau tape merupakan salah satu alat yang ada di mobil untuk menambah kenyamanan berkendara. Alat ini akan bekerja jika dipasangkan ke aki kendaraan roda empat

thumbnail

Tawarkan Tampilan Realistis, Berikut 4 Aplikasi Modifikasi Mobil Anda Wajib Coba

2020-11-09

Smartphone memberikan fasilitas aplikasi yang sangat beragam. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari chatting hingga mendesain modifikasi

thumbnail

Mengenal Istilah Racun Modifikasi

2020-11-01

Di zaman modern seperti ini, mobil sudah menjadi salah satu penunjang aktivitas manusia, seperti kuliah, kerja, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan mobil, kamu tidak