Logo Daihatsu
Menu

Jenis-Jenis Transportasi Laut yang Ada di Indonesia

Otomotif

2021-01-05

kapal

Transportasi laut adalah alat transportasi yang lazim beroperasi di lautan. Transportasi laut sendiri punya beragam fungsi. Tergantung dari jenis transportasi laut itu sendiri.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis dari transportasi laut. Ada yang lazim dipakai untuk keperluan umum. Ada pula yang hanya dipakai untuk keperluan tertentu saja. 

Adapun Beberapa jenis transportasi laut di Indonesia sendiri adalah:

Kapal Barang

Sesuai namanya, alat transportasi laut ini fungsinya adalah sebagai pengangkut barang. Barang yang dibawa kapal barang umumnya adalah barang ekspor atau impor. Barang tersebut lazim dibawa dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

Kapal Penumpang

Kalau yang satu ini adalah alat transportasi yang dipakai untuk mengangkut penumpang. Pada zaman dahulu, alat transportasi ini dipakai sebagai pilihan utama untuk mereka yang pergi haji atau umrah.

Jenis transportasi laut ini masih dipakai hingga sekarang. Di Indonesia, kapal penumpang lazim dijadikan alternatif bagi mereka yang hendak mudik. Khususnya mereka yang kampung halamannya ada di pulau lain. Kapasitas kapal penumpang begitu luas, sehingga bisa menampung banyak penumpang.

Kapal Feri

Jenis transportasi laut ini fungsinya kurang lebih sama dengan kapal penumpang. Hanya saja, kapal feri punya kapasitas yang lebih kecil dibanding kapal penumpang. Selain penumpang, kapal feri juga bisa mengangkut beberapa alat transportasi darat. Semisal mobil, motor, dan truk.

Kapal Penangkap Ikan

Ini adalah transportasi laut yang lazim dipakai oleh nelayan untuk menangkap ikan. Terutama, jika mereka hendak menangkap ikan dalam jumlah besar. Kapal ini dilengkapi dengan ruangan khusus untuk menyimpan ikan yang telah dilengkapi pendingin. Adanya pendingin membuat ikan hasil tangkapan bisa tetap segar. Bahkan saat kapal sampai di pelabuhan.

Kapal Tunda

Jenis transportasi laut ini lazim ditemukan di pelabuhan yang sempit. Fungsinya sendiri adalah untuk menarik kapal yang lebih besar saat hendak berlabuh atau meninggalkan pelabuhan.

Transportasi laut ini bentuknya agak kecil, namun punya tenaga yang cukup besar. Satu kapal tunda bisa menarik kapal besar.

Kapal Penyelamat (Lifeboat)

Kalau yang satu ini lazim dipakai untuk membantu mereka yang mengalami musibah di lautan. Semisal penumpang yang mengalami peristiwa kapal tenggelam. Kapal ini selalu siap membantu, walau dalam cuaca terburuk sekalipun.

Kapal Tanker

Bisa dibilang kalau ini adalah salah satu jenis transportasi laut berukuran besar. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk mengangkut minyak. Dalam pengoperasiannya, kapal tanker dikendalikan oleh sistem komputer, serta sistem navigasi berbasis satelit.

Kapal tanker punya beberapa jenis. Salah satunya adalah supertanker yang ukurannya begitu besar. Supertanker memiliki panjang 378 meter, lebar 50 meter, serta berat koson 167000 ton. Dengan ukuran segitu, supertanker bisa membawa muatan hingga nyaris satu juta barel minyak.

Kapal Perang

Jenis transportasi laut ini hanya dipakai jika perang terpaksa dilakukan. Ada beberapa jenis dari kapal perang. Salah satunya adalah kapal induk. Kapal ini fungsinya adalah untuk membawa armada tempur udara. Kapal ini membutuhkan banyak kapal tunda. Terutama saat hendak berlabuh atau meninggalkan pelabuhan. Hal itu tak lepas dari ukurannya yang sedikit lebih besar dari kapal besar umumnya.

Transportasi laut adalah alat transportasi yang lazim beroperasi di lautan. Transportasi laut sendiri punya beragam fungsi. Tergantung dari jenis transportasi laut itu sendiri.

Baca juga : Sejarah Singkat Transportasi Darat dan Jenis-jenisnya

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis dari transportasi laut. Beberapa jenis transportasi laut itu sudah kami sampaikan di atas. Semoga bisa menambah wawasan Sahabat sekalian.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tugas Evaporator AC Mobil dan Penyebab AC Cepat Rusak

2020-12-16

Evaporator AC mobil adalah komponen dalam AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk dan dingin di dalam mobil. Di negara dengan iklim yang cukup panas seper

thumbnail

Arti Singkatan Jalan Tol, Sejarah, dan Perkembangan Jalan Tol di Indonesia

2021-03-01

Penggunaan jalan tol tentu sudah tidak asing lagi untuk para pengendara mobil. Jalan tol populer dikenal untuk dapat menghubungkan jarak antar kota agar lebih cepat dan

thumbnail

Mengenal Istilah Dilarang Parkir, Tanda sampai Aturan yang Berlaku

2021-02-08

Tak dapat dipungkiri, lama-kelamaan ruas jalan saat ini semakin sesak dipenuhi kendaraan pribadi. Hal itu dipicu oleh meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan. 

thumbnail

4 Jenis Suspensi Mobil yang Paling Sering Digunakan

2023-12-12

Mmobil memiliki berbagai macam jenis suspensi yang berbeda agar dapat menyesuaikan kegunaan kendaraan tersebut. Mau tahu apa saja jenis-jenis suspensi mobil yang saat i