Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Sejarah Singkat Transportasi Darat dan Jenis-jenisnya
05 Januari 2021
kendaraan darat

Transportasi darat adalah segala bentuk kendaraan yang menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Jenis transportasi satu ini termasuk yang paling dominan di Indonesia dibandingkan transportasi laut dan udara. 

Menelisik sejarah singkat transportasi darat di Tanah Air, sedikit banyak dipengaruhi Belanda yang menjajah Indonesia. Kala itu, masyarakat hanya mengandalkan kuda, gerobak, pedati serta becak sebagai angkutan pribadi hingga barang. 

Perkembangan transportasi darat yang mungkin bisa dirasakan hingga kini adalah kehadiran kereta api dan infrastruktur jalan yang membentang di pulau Jawa. Perlahan semua moda transportasi "jadul" itu tergantikan akibat perubahan zaman, kemajuan teknologi sampai kebijakan politik yang berkuasa. 

Lebih dari itu, penemuan roda yang menjadi cikal bakal perkembangan transportasi darat pun memberikan pengaruh besar pada moda transportasi darat. Hingga kini, transportasi darat dapat digolongkan menjadi beberapa jenis tergantung roda yang digunakan. 

Jenis-jenis Transportasi Darat 

Ada beberapa jenis transportasi darat yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam transportasi darat yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut. 

Kendaraan roda dua  

1. Sepeda 

Sepeda merupakan alat transportasi paling sederhana tanpa mesin. Kehadirannya sudah dikenal sejak zaman dulu hingga sekarang. Fungsinya tak cuma digunakan sebagai angkutan pribadi dan barang berskala ringan, tapi kini sepeda seolah menjadi jadi gaya hidup. 

2. Delman 

Untuk mengangkut penumpang, transportasi darat satu ini hanya ada di beberapa daerah tertentu misalnya Yogyakarta, Semarang, Solo, Magelang dan sekitarnya. Sedangkan beberap daerah lain hanya dijadikan kendaraan wisata saja. 

Delman tergolong transportasi darat roda dua yang mengandalkan tenaga kuda untuk menarik kereta. Maksimal kapasitas delman hanya cukup 4 sampai 6 orang. 

3. Sepeda motor 

Sepeda motor menjadi kendaraan paling populer di Indonesia. Hampir semua orang rasanya memanfaatkan sepeda motor untuk mengakomodir mobilitasnya karena ukurannya yang simpel, perawatan mudah dan harganya terjangkau. 

Motor menggunakan bahan bakar bensin dan mesin sebagai penggerak. Untuk mengendarai motor ada syarat yang harus dipenuhi penggunanya, yaitu memiliki SIM C, kelengkapan dokumen kendaraan hingga keahlian mengemudi untuk mencegah kecelakaan. 

Kendaraan roda tiga 

1. Becak 

Beberapa daerah di Indonesia juga masih mengandalkan becak sebagai transportasi darat roda tiga. Pada dasarnya, becak dikayuh oleh manusia saat melaju dan penumpang duduk di bagian depan. 

Seiring perkembangan zaman, becak pun menggunakan motor sebagai penggeraknya. Ternyata tak cuma di Indonesia, becak juga mudah di temui di beberapa negara seperti Vietnam, India dan Malaysia. 

2. Bajaj

Transportasi roda tiga satu ini mengandalkan mesin sebagai penggerak. Sopirnya berada di depan dan penumpangnya maksimal dua orang di belakang. Di Jakarta, becak masih boleh beroperasi meski hanya di beberapa wilayah tertentu saja. 

Baca juga : Transportasi Umum di DKI Jakarta yang Mulai Dibatasi

Transportasi roda 4 atau lebih 

1. Mobil 

Mobil merupakan transportasi roda 4 yang mengandalkan mesin sebagai penggerak. Kapasitas penumpangnya bisa mencapai 4-8 orang tergantung jenis dan mereknya. 

Beberapa angkutan umum juga menggunakan mobil sebagai moda transportasi. Untuk bisa mengendarai mobil diperlukan syarat harus memiliki SIM A. 

2. Bus 

Bus adalah alat transportasi massa beroda 8, bergerak mengandalkan mesin dan ukurannya besar. Kapasitas penumpang mampu mengangkut hingga 60 orang. 

3. Truk 

Transportasi satu ini dilengkapi 8 roda dan biasanya hanya digunakan untuk mengangkut barang berat seperti kayu, batu dan barang berat lainnya. Untuk bisa mengendarainya, diperlukan beberapa syarat seperti lulus uji kendaraan dengan memiliki SIM B, izin operasi hingga kartu KIR. 

4. Kereta api 

Kereta api adalah alat transportasi massa yang menggunakan mesin diesel. Rodanya terbuat dari besi baja yang menempel pada rel. 

Kapasitas kereta api sangat banyak tergantung jenisnya. Ada yang digunakan untuk menampung penumpang, ada juga kereta barang. Untuk pengiriman barang jarak jauh, kereta api juga sering diandalkan. 

Demikian beberapa ulasan terkait transportasi barat. Semoga bisa menambah wawasan Sahabat! 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor