Logo Daihatsu
Menu

Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

Otomotif

2021-11-20

marka jalan

Marka jalan atau rambu-rambu lalu lintas memiliki peran penting di jalan raya. Biasanya bentuknya cukup bervariasi, ada yang melintang, lurus, membujur, hingga serong.

Namun, apakah Anda tahu apa maksud dan fungsi dari garis-garis tersebut. Jika belum mengetahuinya, maka bisa memperhatikan dengan baik pembahasan berikut.

Macam-Macam Marka Jalan dan Fungsinya

Ada beberapa macam marka jalan dan warnanya ada yang putih dan kuning. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi dari setiap jenisnya. Jadi, ingat baik-baik agar bisa menerapkannya dengan tepat saat berkendara.

Membujur Utuh

Ketika terdapat marka membujur utuh yang berupa garis lurus di tengah atau tepi jalan. Jika berada di tengah, maka berfungsi sebagai pembagi jalur kendaraan. Sedangkan, yang berada di pinggir menunjukkan batas tepi jalan.

Jika garis lurus tersebut berwarna putih, hal itu menunjukkan bahwa pengendara harus berada di jalur masing-masing. Jadi, Anda tidak boleh mendahului pengendara lain.

Membujur Putus-Putus

Jika garis di tengah jalan raya tidak utuh, melainkan putus-putus, maka Anda bisa mendahului pengendara lain. Dengan catatan harus mempertimbangkan situasi dan kondisi terlebih dahulu.

Misalnya sedang macet, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menyalip. Jadi, harus lebih bersabar atau mengambil jalur lain yang diperkirakan tidak akan macet.

Garis Membujur Ganda Utuh dan Putus-Putus

Jika terdapat garis ganda, satunya utuh dan lainnya putus-putus, maka berarti 2 hal. Pertama, bisa berpindah jalur ke satu sisi sebelahnya jika berada di garis putus.

Sedangkan, arti yang kedua adalah Anda tidak bisa melintasi garis ganda atau berpindah jalur. Hal tersebut jika sedang berada di garis putih lurus. Jadi, jangan sampai salah memahaminya.

Membujur Ganda Utuh

Fungsi dari marka jalan ini adalah dua jalur yang berlawanan sama-sama tidak boleh mendahului pengendara lain. Biasanya, garis ganda utuh digunakan untuk rute utama lintas kota. Dengan begitu, kendaraan bisa lebih teratur.

Marka Jalan Melintang

Jenis marka yang satu ini bentuknya tegak lurus pada sumbu jalan. Misalnya, garis yang ada di pemberhentian zebra cross. Marka melintang memiliki beberapa sub bagian, diantaranya:

  1. Garis pemberhentian untuk persimpangan jalan 2 arah.
  2. Pemberhentian pada persimpangan jalan 1 arah.
  3. Garis henti untuk persimpangan jalan 1 arah, tetapi dengan 2 jalur.
  4. Pemberhentian pada zebra cross atau penyeberangan pejalan kaki.
  5. Garis Kuning Putus-Putus di Tepi Jalan

Penggunaan garis kuning di Indonesia sangat jarang penerapannya. Namun, Anda juga perlu mengetahuinya. Garis kuning putus-putus di tepi menunjukkan bahwa pengendara boleh menyalip.

Jadi, Anda bisa mendahului dari sisi tepi tersebut. Namun, tetap harus memperhatikan kondisi dari pengendara lain. Khususnya yang berada di arah berlawanan.

Garis Kuning Utuh

Jika Anda menemukan garis kuning utuh di tengah jalan, maka berarti boleh menyalip kendaraan lainnya. Dengan syarat tidak boleh melebihi batas dari garis kuning tersebut.

Yellow Box Junction

Jalur ini sudah diterapkan pada beberapa kota di Indonesia. Diantaranya yaitu Jakarta dan Bandung yang memang rawan terjadi kemacetan. Bentuknya seperti kotak-kotak dan penggunaannya untuk persimpangan jalan.

Jadi, fungsi dari YBJ yaitu supaya jalur persimpangan tidak terkunci. Jika kondisi sedang sangat padat, maka kendaraan Anda harus berada di kotak garis kuning tersebut.

Patuhi Marka Jalan Bersama Daihatsu!

Usahakan menerapkan dan mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku. Jadi, bukan hanya lampu merah yang harus ditaati, semua rambu-rambu juga berlaku demikian.

Gunakan kendaraan yang nyaman untuk sehari-hari, seperti mobil Daihatsu. Dengan begitu, tetap bisa mematuhi marka jalan dengan baik dan tidak merasa jenuh saat berada di dalam mobil. Khususnya saat terjadi kemacetan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Benarkah Syarat Perpanjang SIM Harus Vaksin?

2021-10-26

Untuk mempercepat penyelesaian pandemi Covid-19, beberapa bulan ke belakang ini pemerintah semakin gencar menggalakkan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesi

thumbnail

Kode Plat G Daerah Mana? Cek di Sini dan Pajaknya!

2024-01-15

Apakah Anda pernah melihat kendaraan dengan kode plat G di jalanan? Jika pernah, kira-kira kendaraan tersebut berasal dari daerah mana? Yuk, cari tahu selengkapnya d

thumbnail

Apa Itu Power Steering Pada Mobil? Ini Fungsi dan Jenisnya!

2023-02-09

Power steering merupakan salah satu komponen penting dalam mengendarai mobil. Lantas, sebenarnya apa itu power steering? Dan apa sajakah fungsi dari alat tersebut? B

thumbnail

Pengertian Sasis Mobil dan Mengenal Seperti Apa Bentuknya

2021-01-06

Bila diibaratkan manusia, mobil pun memiliki sebuah kerangka yang menopangnya. di mana kerangka tersebut dikenal dengan istilah chasis atau sasis. Keberadaan sasis pada