Logo Daihatsu
Menu

Jenis Oli Apa Saja yang Harus Diganti pada Mobil Matic?

Otomotif

2021-08-31

jenis oli mobil matic

Oli atau pelumas merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan baik motor maupun mobil. Oli ini berperan untuk melumasi komponen pada kendaraan. Mesin dan komponen memang perlu diberi oli agar gesekan saat mesin bekerja tidak menimbulkan kerusakan karena overheat. Bagi Anda yang baru memiliki kendaraan pribadi berupa mobil matic, mungkin masih binggung jenis oli apa saja yang harus diganti pada mobil matic. 

Oleh karenanya, kami rangkumkan untuk Anda informasi seputar jenis oli dan pergantiannya.

Oli Apa Saja yang Harus Diganti pada Mobil Matic

Mengecek oli dan menggantinya adalah hal wajib bagi pengendara mobil matic. Selain menjaga fungsi mesin tetap prima, oli yang konsisten diganti akan membuat komponen-komponen di dalam mobil matik terhindar dari kerusakan. 

Sebagai pemilik mobil matic, setidaknya Anda harus memahami jenis oli apa saja yang harus diganti pada mobil matic secara rutin agar mobil tetap nyaman dipakai. Setiap oli mesin memiliki bahan dasar yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Tak hanya untuk bagian mesin saja, terdapat beberapa jenis oli pada mobil matic yang perlu Anda ketahui diantaranya oli transmisi, oli power steering, oli rem, dan juga oli gardan.

Sebelum mengganti oli untuk mobil matic, alangkah baiknya kenali spesifikasi kendaraan Anda terlebih dahulu. Sebab kebutuhan jenis oli berbeda-beda  tergantung jenis transmisi kendaraan tersebut.

Lantas, apa saja jenis oli apa saja yang harus diganti pada mobil matic? Setidaknya, ada empat jenis oli mobil matic yang wajib untuk diperiksa dan diganti sebagai berikut :

1. Oli Transmisi

Jenis oli kedua yang perlu adalah oli transmisi. Oli ini fungsinya untuk pelumas pada box perseneling mobil. Tentunya oli yang digunakan pun berbeda, tergantung jenis perseneling yang digunakan.

Kondisi mesin pada mobil matic kerap bergantung pada transmisinya. Agar transmisi mobil matik berjalan dengan baik, wajib dilakukan pergantian oli secara konsisten. Pergantian oli transmisi juga penting untuk menjaga kinerja mesin dan pergantian gigi secara optimal.

2. Oli Rem

Pergantian oli rem sangat penting dilakukan agar rem dapat berfungsi maksimal dan tampil selalu prima. Selain itu, pergantian oli juga mampu melindungi komponen mesin dari risiko yang berbahaya.

Volume oli rem harus dicek secara konsisten agar kadar oli tidak berada di bawah garis minimal. Anda juga harus memperhatikan perubahan warna pada oli. Segera lakukan pergantian oli jika warna berubah menjadi coklat atau kehitaman. 

Proses pergantian oli rem pada umumya dilakukan minimal satu kali dalam dua tahun. Tergantung kondisi dan kebutuhan pada mesin mobil Anda.

3. Oli Power Steering

Apabila mobil Anda memiliki sistem hidrolik power steering, maka pergantian power steering sudah menjadi hal lumrah. Khusus sistem ini tidak ada jenis oli tertentu yang digunakan, Anda hanya perlu memastikan oli memiliki daya hantar yang baik.

Sama pentingnya dengan oli mesin pada mobil matic, oli power steering pun perlu dilakukan perawatan atau pergantian oli. Fungsinya sederhana, yaitu sebagai pompa hidrolik agar pengemudi mudah dalam mengendalikan setir mobil.

Selain itu, oli ini juga berperan penting dalam menjaga ritme kerja komponen sistem kemudi mobil. Lakukan pergantian segera apabila oli berubah warna menjadi cokelat atau bahkan hitam.

4. Oli Gardan

Oli ini berfungsi untuk memberikan pelumas pada gardan mobil. Gardan sendiri adalah gear yang lokasinya ada di as roda mobil. Pada dasarnya oli gardan mirip dengan oli transmisi namun hanya digunakan untuk penggerak roda belakang.

Jenis oli yang satu ini tujuannya untuk menyambungkan transmisi dan gardan agar kemampuan kerja mesin menjadi lancar.

Pergantian oli garden ini perlu Anda lakukan jika mobil sudah melebihi jarak tempuh sebesar 20.000 km untuk menghindari muncul suara berdengung dari dalam mobil sebagai bentuk tanda kerusakan.

Bagaimana Sahabat? Sudah kenal dengan jenis oli apa saja yang perlu diganti pada mobil matic, bukan? Periksa kondisi oli dan ganti sesuai jadwal servis agar kondisi mobil matik selalu prima ya sahabat!

Rawat mobil secara berkala pada komponen mesin agar kenyamanan dan keselamatan kita terjaga selama berkendara. Untuk informasi yang lebih lengkapnya, Sahabat bisa melihat di Tips Daihatsu atau juga bisa dilihat di Youtube.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

2022-09-13

Pernahkah Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai mobil? Jika Anda pernah pasti sangat mengganggu telinga Anda saat mendengarnya. Jika hal tersebut terjadi sesekali saja A

thumbnail

Apa Tujuan Ban Mobil Diberi Alur? Ini Alasannya!

2022-09-13

Salah satu tujuan ban mobil yang diberi alur adalah memperbesar gaya gesek. Tidak hanya itu saja, ban beralur juga akan menambah estetiknya.Selain itu, alur ini akan mengelilingi permukaan b

thumbnail

Bagaimana Aturan Pajak Mobil Mewah?

2021-01-02

Kewajiban aturan pajak mobil mewah seringkali menuai polemik di dalam negeri karena ternyata banyak wajib pajak atau WP yang menunda pembayaran pajaknya kepada negara. H

thumbnail

3 Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala dan Susah Distarter

2021-01-14

Kendaraan kesayangan tak bisa dinyalakan terkadang membuat sang pemilik menjadi kebingungan. Apalagi bila Anda masih awam dengan berbagai masalah yang terjadi pada mobil