Tips Sahabat

Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil Beserta Kelebihan dan Beberapa Komponennya

22 Desember 2020
kopling hidrolik

Kelemahan kopling hidrolik adalah hal yang mesti diketahui saat hendak memakai kopling tersebut. Semakin tahu kelemahan kopling hidrolik, semakin mudah bagi Sahabat untuk mengantisipasi kelemahan tersebut. Lalu, apa sih kelemahan pada kopling hidrolik, khususnya kopling hidrolik mobil?

Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil

Kelemahan pada kopling hidrolik mobil sendiri hanya satu. Kelemahan itu terletak pada komponen sistemnya yang terlalu banyak dan rumit. Bila ada salah satu komponennya yang bocor, maka hal itu bisa merusak fungsi kopling hidrolik secara menyeluruh.

 Hal itu juga bisa gigi persneling pada mobil jadi susah masuk. Akibatnya, Sahabat pun harus memperbaikinya dengan biaya yang cukup mahal. Untuk bisa mengatasi kelemahan ini, Sahabat harus lebih paham soal semua komponen sistem kopling hidrolik.

Sahabat pun juga mesti rutin merawatnya, serta menyediakan dana tersendiri jika kopling mengalami kerusakan.

Kelebihan Kopling Hidrolik Mobil

Dibanding kelemahannya, kelebihan kopling hidrolik tergolong lebih banyak. Hal itu bikin jenis kopling ini cukup unggul dibanding kopling lainnya. Adapun kelebihan-kelebihan kopling hidrolik sendiri adalah:

Mampu Memindahkan Tenaga yang Lebih Besar

Kelebihan pertama pada kopling hidrolik mobil adalah mampu memindahkan tenaga yang lebih besar. Kemampuan itu bikin penekanan pada release fork mobil jadi lebih besar. Kelebihan inilah yang bikin kopling hidrolik mulai dipakai pada mobil-mobil yang besar.

Beban Lebih Mudah Dikontrol dan Dapat Berhenti Secara Otomatis

Kelebihan lainnya pada kopling hidrolik mobil adalah bebannya yang lebih mudah dikontrol. Kelebihan itu tercipta berkat adanya relief valve alias katup pengatur tekanan. Fitur itu akan bekerja saat beban mulai terasa berat. Bila itu terjadi, beban akan langsung dipindahkan agar tidak terlalu memberatkan.

Kopling hidrolik mobil juga sudah tersistem secara otomatis. Terutama, jika beban sudah terlalu berat. Jadi, saat beban sudah melampaui kapasitas, maka kopling hidrolik akan berhenti secara otomatis.

Gaya yang Diperlukan Tergolong Kecil

Setiap komponen pada kopling hidrolik mobil mampu bertahan tekanan dan kecepatan yang tinggi. Hal itu bikin gaya yang diperlukan pada kinerja kopling tergolong kecil. Gayanya yang kecil itu bikin kopling hidrolik mobil bisa mengangkat beban yang berat.

Beberapa Komponen Kopling Hidrolik Mobil

Sebagaimana yang pernah dibahas, komponen kopling hidrolik mobil tergolong rumit dan banyak. Setiap komponennya memiliki fungsi masing-masing. Dari banyaknya komponen itu, beberapa di antaranya bakal kami sebutkan di sini.

Beberapa komponen itu merupakan komponen yang tergolong krusial. Beberapa komponen itu adalah:

Master Silinder

Komponen pertama yang kami bahas adalah master silinder. Fungsi utama dari komponen ini adalah mengubah tenaga mekanik ke tenaga hidrolik. Tenaga tersebut nantinya bakal menekan plat kopling, serta membebaskan perputaran mesin. Dari situ, perpindahan pada gigi mobil pun akan jadi lebih mudah.

Pedal Kopling

Komponen selanjutnya adalah pedal kopling. Fungsi utama komponen ini adalah menekan minyak yang dialirkan master silinder. Minyak itu nantinya bakal dialirkan ke silinder kopling.

Dalam silinder kopling, minyak tersebut bakal dijadikan tenaga untuk mendorong tuas pembebas, bantalan tekan, serta pegas diafragma. Nantinya, hal itu bikin kopling hidrolik mobil memutus tenaga antara mesin dengan sistem pemindah tenaga.

Kelemahan kopling hidrolik mobil adalah hal yang mesti diketahui saat hendak memakai kopling tersebut. Semakin tahu kelemahan kopling hidrolik, semakin mudah bagi Sahabat untuk mengantisipasi kelemahan tersebut.

Kelemahan kopling hidrolik mobil sendiri tidaklah banyak. 

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Bicara soal sistem transmisi pada kendaraan saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari transmisi manual, otomatis, CVT, (Continuously Valve Transmission), Triptonic, hingga AMT (Automated Manual Trans
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Sejak dua puluh tahun terakhir, mobil dengan transmisi otomatis mendominasi pasar otomotif dunia. Meski begitu, mobil dengan transmisi manual masih memiliki peminat yang cukup banyak khususnya kaum la
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu!
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu
Panas dan hujan kerap kali menyebabkan warna cat mobil pudar sehingga dapat menurunkan nilai estetika mobil. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya mengetahui pelindung mobil dari panas dan hujan yang
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Saat musim hujan tiba, pengemudi perlu mawas diri dalam berkendara. Pasalnya hujan dapat menurunkan visibilitas para pengemudi terutama pada kondisi hujan deras di malam hari. Agar visibilitas pengemu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami