Logo Daihatsu
Menu

Kenali Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada Mobil Daihatsu

Otomotif

2023-09-29

Kenali Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada Mobil Daihatsu

Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah tersemat fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Lantas apa yang dimaksud dengan fitur tersebut? Agar Anda lebih memahaminya, mari perhatikan penjelasan berikut ini.

Apa itu EBD (Electronic Brakeforce Distribution)? 

EBD (Electronic Brakeforce Distribution) merupakan salah satu teknologi yang terdapat dalam fitur pengereman mobil, sama halnya dengan teknologi Anti-Brake System (ABS) dan Brake Assist (BA). EBD sendiri diciptakan agar bisa mendistribusikan dan memilah daya pengereman ke seluruh roda mobil sesuai kondisi berkendara atau kebutuhan. Seperti halnya ketika menikung, kebutuhan daya pengereman pada sistem pengereman antara roda kiri dan kanan berbeda. 

Hal yang serupa juga terjadi ketika mobil memuat beban berat, kebutuhan daya pengereman yang dibutuhkan bagian roda depan mobil dan roda belakang berbeda. Fitur EBD ini akan mengontrol distribusi tekanan hidraulis pada sistem pengereman di setiap roda sesuai dengan kondisi berkendara atau kebutuhan.

Komponen-Komponen EBD (Electronic Brakeforce Distribution)

Agar fitur EBD dapat berfungsi dengan baik, fitur ini dipengaruhi oleh beberapa komponen di dalamnya. Berikut komponen selengkapnya.

1. Speed sensor (sensor kecepatan)

Komponen ini berfungsi memberikan informasi terhadap ECU atau Unit Kontrol Elektronik mengenai kecepatan rotasi. Dengan begitu, apabila mobil mengalami slip pada roda maka permasalahan tersebut segera terdeteksi sensor. Kemudian informasi tersebut dikirimkan ke bagian ECU sehingga ECU akan memberikan instruksi pengereman. Besar kecilnya kekuatan daya pengereman akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap roda. 

2. ECU (Electronic Control Unit)

Komponen ini berfungsi mengirimkan sinyal atau informasi yang diberikan speed sensor menuju brake force modulator. Nantinya, ECU akan berfungsi menyalurkan tekanan atau daya pengereman sesuai dengan daya yang dibutuhkan setiap roda.

3. Brake force modulator

Komponen ini berfungsi sebagai distributor tekanan atau daya pengereman yang berasal dari ECU.

Fitur EBD (Electronic Brakeforce Distribution) pada Mobil Daihatsu

Sama halnya dengan fitur ABS, fitur EBD juga disematkan oleh Daihatsu terhadap mobil-mobil yang dipasarkan. Mulai dari Daihatsu Grand New Xenia, Daihatsu Luxio hingga mobil Daihatsu lainnya. Penggunaan fitur EBD pada mobil Daihatsu, tentu memiliki tujuan sebagai berikut. 

1. Meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara

Penggunaan fitur EBD pada mobil Daihatsu, tidak lain untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengemudi ketika berkendara. Seperti diketahui, sistem pengereman mobil merupakan sistem yang paling vital dalam berkendara. Apabila sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik, maka bisa dipastikan mobil tidak dapat dikendalikan ketika hendak menurunkan kecepatan.

Dengan adanya EBD, efisiensi akan pengereman dapat dioptimalkan tanpa harus mengurangi kontrol mobil. Dengan begitu, pengemudi tidak akan kehilangan kendali mobil sehingga risiko oversteer dapat diminimalisir. 

2. Menstabilkan laju mobil 

Penggunaan EBD pada mobil Daihatsu, mampu menunjang kinerja fitur ABS sehingga laju mobil dapat stabil ketika melewati tanjakan ataupun jalanan yang licin. 

Mengingat fungsi EBD yang berperan penting terhadap keselamatan dan kenyamanan berkendara. Sudah seharusnya, Anda memperhatikan kondisi fitur EBD tersebut. Untuk merawat EBD ini, Anda bisa menambahkan atau mengganti minyak rem secara rutin terhadap EBD agar sistem pengereman tidak keras. 

Bicara minyak rem, pastikan gunakan minyak rem berkualitas tinggi dan orisinil seperti Daihatsu Brake Fluid DOT-3 Super Heavy Duty. Anda bisa mendapatkan minyak rem ini dengan mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah dan Solusinya

2024-01-15

Kenyamanan dan keamanan berkendara adalah dua hal penting dalam berkendara. Mengecek dan mengganti ban secara berkala merupakan langkah untuk mendapatkan kenyamanan

thumbnail

Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

2021-08-01

Kenyamanan berkendara seseorang ketika mengendarai sebuah mobil biasanya semakin meningkat dengan keberadaan AC mobil. Namun begitu, freon AC mobil biasanya bisa habis d

thumbnail

5 Pelanggaran Rambu Lalu Lintas yang Masih Sering Terjadi

2020-12-03

Berbagai aturan telah tertulis agar kondisi lalu lintas berjalan kondusif. Tapi kenyataannya, masih ada saja pengemudi yang melanggar rambu-rambu lalu lintas. Dampaknya tak cuma merugik

thumbnail

Cara Membersihkan Grill Mobil di Rumah

2021-03-17

Grill adalah salah satu komponen mobil yang terdapat di bagian luar depan dengan bentuk yang berventilasi. Karena letaknya, grill mudah sekali kotor karena berada di bag