Logo Daihatsu
Menu

Mengenal ABS & EBD Sebagai Fitur Keselamatan Penting pada Kendaraan

Otomotif

2021-11-30

ABS & EBD

Fitur keselamatan pada mobil terus dikembangkan. Penelitian dilakukan untuk menemukan terobosan baru yang lebih baik dan menjanjikan. Salah satunya adalah piranti keselamatan canggih melalui rem ABS & EBD untuk menghalau laju kendaraan. ABS dan EBD merupakan sistem rem canggih untuk mencegah selip saat terjadi pengereman jarak pendek (Mendadak).

Kedua fitur ini cukup banyak digunakan untuk menyongsong kelengkapan fitur kendaraan. Tak terkecuali PT Astra Daihatsu Motor dalam meningkatkan fitur keselamatan pada produk terbarunya sudah mulai menerapkan itu.

ABS & EBD Sistem Keselamatan Canggih Melalui Rem

ABS “Anti Lock Braking System” dan EBD “Electronic Brake Force Distribution” merupakan satu kesatuan dalam satu fitur. EBD hadir dalam fitur keselamatan yang ada pada ABS. Namun mobil yang dilengkapi fitur ABS belum tentu dilengkapi dengan EBD. Secara fungsi EBD memiliki kemampuan untuk mengatur tekanan minyak rem pada tiap roda.

Sehingga kemampuan EBD tergantung dari daya cengkraman roda terhadap jalan yang dilewatinya. Kemampuan ini biasanya akan cukup berguna saat digunakan pada jalan berkelok. Atau saat kondisi permukaan jalan tidak sama dengan daya cengkramnya. Jadi EBD memiliki fungsi yang sempurna untuk membagi tekanan pengereman secara merata ke setiap sisi roda.

Sedangkan ABS atau “Anti Lock Braking System” lebih ke sistem pengereman yang dapat mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Fitur ini penting untuk menghindar atau merubah arah mobil dengan normal. Sampai mobil bisa benar-benar berhenti dengan sempurna.

Teknologi rem ABS sudah banyak disematkan pada mobil-mobil keluaran baru. Tak terkecuali PT Astra Daihatsu Motor untuk meningkatkan fitur keselamatan pada produk teranyarnya. Daihatsu All New Xenia 2021 yang tampil beda secara menyeluruh ke semua bagian mobil. Termasuk pada sistem pengereman yang dilengkapi sistem pintar berteknologi ABS dan EBD.

Keunggulan ABS & EBD Pada Kendaraan

Penggunaan sistem pengereman canggih berbasis Anti-Lock System memang bisa memberikan banyak keuntungan. Umumnya sistem pengereman yang biasa diterapkan pada kendaraan terdiri dari dua macam. Entah itu pengereman terstruktur dan mendadak. Namun komponen rem yang sudah menggaet sistem ABS diklaim lebih stabil.

Intinya perbedaan rem ABS dan non ABS hanya berbeda pada sistem kerjanya. ABS akan menghindari roda kendaraan terkunci pada saat pengereman yang keras. Sehingga kejadian seperti hilangnya keseimbangan atau terjadinya selip pada ban bisa diminimalisir sebaik mungkin.

Hebatnya lagi, sistem pengereman menggunakan teknologi ABS juga jauh lebih efektif digunakan pada medan tanjakan hingga jalan licin sekalipun. Jadi tidaklah heran jika kendaraan yang telah dilengkapi dengan rem ABS lebih banyak dipilih demi keamanan. Rem ABS juga melibatkan sensor di setiap rodanya. Sensor tersebut saling terhubung agar dapat mengatur besaran tekanan rem pada masing-masing bannya.

Itulah pentingnya sistem pengereman canggih ABS & EBD yang harus ada pada setiap kendaraan. Mengingat piranti keselamatan canggih melalui rem ABS & EBD dapat menghalau laju kendaraan yang lebih baik. Serta dapat menstabilkan laju kendaraan di medan tanjakan, maupun jalan licin sekalipun.

Untuk mendapatkan mobil Daihatsu yang unggul serta dilengkapi dengan rem ABS, maka Anda bisa membelinya di website resmi kami. Tak lupa kunjungi juga bengkel resmi Daihatsu terdekat di kota Anda, agar Anda bisa mendapatkan perawatan mobil terbaik dengan jaminan kesehatan untuk kendaraan Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menjaga Lampu Mobil Tipe Halogen Agar Semakin Awet

2021-11-30

Pada kendaraan bermotor, sistem penerangan mempunyai peranan yang sangat krusial, terutama dalam hal keselamatan. Oleh karena itu, keberadaan lampu halogen awet tetap te

thumbnail

Inilah Alat untuk Mengukur Berat Jenis Accu, Cek di Sini!

2023-05-22

Untuk mengukur berat jenis accu dipergunakan alat apa? Pasti pertanyaan tersebut pernah terbesit di benak Anda. Yuk ketahui lebih jauh lagi, apa nama alat tersebut d

thumbnail

Asuransi Mobil All Risk : Biaya, Kelebihan & Cara Klaimnya

2023-05-15

Memiliki asuransi mobil seakan menjadi sebuah kebutuhan wajib, karena kejadian tak terduga dapat terjadi kapan saja. Produk asuransi mobil terdiri dari Total Loss On

thumbnail

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil Dengan Benar

2022-10-19

Pernahkah Sahabat kesulitan mengganti sil master rem pada mobil? Nah, pada pembahasan kali ini akan kami berikan cara mengganti sil master rem mobil yang tepat.