Logo Daihatsu
Menu

Ketahui Ciri-Ciri Lower Arm Mobil Rusak, Cek Bagian Ini!

Otomotif

2023-10-06

Ketahui Ciri-Ciri Lower Arm Mobil Rusak, Cek Bagian Ini!

Lower arm merupakan komponen pada sistem suspensi mobil yang memiliki berbagai fungsi penting. Mulai dari mengontrol gerakan roda mobil, mengontrol roda mobil agar berbelok secara beriringan, hingga menopang berat mobil. Seiring penggunaan mobil, fungsi lower arm akan menurun akibat komponen tersebut aus atau rusak. Oleh karena itu, sebagai pengguna mobil memahami ciri-ciri lower arm mobil rusak sangatlah berguna. 

Memahami ciri kerusakan lower arm lebih awal, dapat meminimalkan risiko kerusakan yang lebih tinggi. Dengan begitu, kinerja sistem suspensi tidak akan terganggu sehingga kenyamanan berkendara tetap terjamin. Adapun ciri-ciri kerusakan lower arm selengkapnya sebagai berikut.

Ciri-Ciri Lower Arm Mobil Rusak

Ketika lower arm mobil mengalami kerusakan, maka akan muncul ciri-ciri seperti berikut.

1. Setir mobil menjadi berat

Kerusakan pada lower arm, bisa ditandai dengan beratnya mengendalikan setir. Seperti diketahui, lower arm bertanggung jawab atas pergerakan roda mobil. Lower arm bertugas memastikan roda mobil seirama dengan gerak sistem kemudi ketika bergerak. Jadi, ketika lower arm rusak maka dipastikan gerak sistem kemudi tidak seirama sehingga setir menjadi berat.

2. Muncul bunyi kasar

Ciri lower arm mobil rusak, juga bisa diketahui ketika muncul bunyi kasar ketika mobil melewati permukaan jalan yang kurang rata. Hal tersebut biasanya terjadi, akibat bushing lower arm (kakau karet) pecah dan ball joint keluar dari sudut kerjanya. Seperti diketahui, di dalam lower arm terdapat komponen lain seperti ball joint, serta bushing lower arm. Komponen-komponen tersebut berfungsi meredam getaran ketika mobil melewati jalanan yang kurang rata atau rusak.

Seiring penggunaan lower arm, komponen tersebut bisa pecah dan oblak sehingga getaran ketika mobil berjalan sulit diredam. Ball joint mobil yang oblak tersebut, bisa saja lepas sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang mobil. Sebab ball joint yang oblak membuat mobil tidak bisa berjalan dengan tegak. 

3. Mobil akan tersentak ketika mengerem

Ciri lower arm rusak lainnya, juga bisa Anda ketahui ketika Anda sedang melakukan pengereman mobil. Lower arm yang rusak dapat menyebabkan rem mobil terasa tersentak ketika pedal rem diinjak. Kondisi ini terjadi akibat bushing lower arm sudah retak atau getas. 

4. Mobil terasa oleng

Ciri selanjutnya, mobil akan terasa oleng (tertarik sebelah atau berat sebelah) ketika Anda menginjak pedal gas. Kondisi tersebut tentu sangat mengganggu kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara. Apalagi ketika Anda melewati jalanan yang terjal, mobil akan terasa semakin oleng. 

Baca Juga : Apa itu Lower Arm Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Penyebab Lower Arm Mobil Rusak

Ketika ciri-ciri di atas sudah terjadi pada mobil Anda, bisa dipastikan lower arm mobil Anda rusak. Lantas apa yang menyebabkan lower arm mobil rusak? Adapun penyebabnya sebagai berikut.

1. Faktor usia

Penyebab utama lower arm mobil rusak karena faktor usia penggunaan lower arm. 

2. Cara mengemudi mobil ugal-ugalan

Mengemudikan mobil secara ugal-ugalan juga dapat menyebabkan lower arm rusak. Hal ini terjadi karena bushing lower arm bekerja terlalu keras sehingga retak dan getas. 

3. Kabin menampung beban yang terlalu berat

Pada dasarnya, setiap mobil diciptakan dengan kapasitas muatan tertentu. Apabila beban dalam kabin sudah melebihi batas maksimal muatan maka kinerja mesin juga akan bekerja lebih keras ketika mobil melaju. Kondisi tersebut menyebabkan suhu mesin semakin panas serta membuat badan mobil semakin dekat dengan permukaan jalanan sehingga bushing lower arm getas.

Demikian ciri-ciri yang timbul ketika lower arm mobil rusak. Pastikan Anda menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan lower arm menjadi rusak. Apabila lower arm Anda sudah rusak, segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan suku cadang yang orisinil.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ban Mobil Semi Slick untuk Harian: Kelebihan dan Cara Perawatannya

2023-09-29

Ban mobil semi slick untuk harian apakah bisa? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan para pecinta mobil di forum diskusi otomotif. Seperti diketahui, ban mo

thumbnail

3 Cara Memperbaiki Rem ABS Mobil & Penyebabnya

2022-08-02

Perawatan rem ABS pada mobil harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan. Jika sistem rem tidak berfungsi, sebetulnya cara memperbaiki rem ABS mobil sangatlah mudah.

thumbnail

Peningkat Tenaga Mesin, Berikut 4 Fungsi Turbo pada Mobil

2021-01-06

Mungkin sebagian besar orang ketika mendengar kata turbo akan teringat pada engine mobil yang cepat dan bertenaga. Perlu A

thumbnail

Rekomendasi Bengkel Power Window di Jakarta dan Kota Besar Lainnya

2020-12-22

Saat power window rusak dan sudah tidak bisa ditangani sendiri, bengkel power window merupakan solusi terakhir untuk memperbaiki power window pada mobil kesayangan. Saha