Logo Daihatsu
Menu

Kiat Mudah dalam Membentuk Pribadi Anak yang Mandiri

Family

2021-01-13

karakter anak mandiri

Kiat mudah dalam membentuk pribadi yang mandiri merupakan kiat yang dicari oleh banyak orang. Pribadi yang mandiri akan membawa pada kesuksesan. Berbeda dengan pribadi yang tidak mandiri, dia akan bergantung pada orang lain yang belum tentu bisa membantunya.

Apalagi untuk anak kecil, menjadi pribadi yang mandiri adalah cara menghadapi masa depan yang paling bagus saat mulai tumbuh dewasa. Jangan sampai anak menjadi pribadi yang manja, karena ini akan menyusahkan orang-orang di sekitarnya.

Berikut ini adalah kiat-kiat mudah yang bisa Sahabat terapkan pada anak Sahabat agar menjadi pribadi yang mandiri.

Menanamkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri tidak tumbuh dengan begitu saja. Perlu bantuan beberapa orang sekitar untuk menstimulasinya. Sahabat sebagai orang tua, bisa menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan memberikan apresiasi atas pekerjaan yang diselesaikannya. Meskipun itu remeh, namun sangat berdampak pada anak.

Apresiasi tidak melulu soal reward yah. Sahabat bisa dengan memuji dan mengucapkan “terima kasih” pada anak. Itu sudah cukup membuatnya senang dan menimbulkan rasa percaya diri.

Coba Dulu Sendiri sampai Mentok

Memberikan kesempatan mencoba pada anak adalah cara untuk menanamkan kemandirian sejak dini. Mulai dari makan sendiri, mandi sendiri, hingga membersihkan hal-hal remeh di rumah. Ajarilah anak Sahabat untuk mencoba dan tidak mudah menyerah.

Sahabat bisa memperhatikan hasil pekerjaan sang anak. Jika dirasa dia sudah mentok, Sahabat bisa membantu menyelesaikannya. Namun, usahakan membiarkan dia menyelesaikan masalahnya, Sahabat cukup mengawasinya saja.

Jangan Mengandalkan Orang Lain

Perlu ditekankan pada anak untuk tidak mengandalkan orang lain. Orang lain juga punya kesibukan. Jika memang pekerjaan tersebut bisa diselesaikan sendiri, ya selesaikan sendiri.

Jika memang tidak bisa diselesaikan sendiri, maka ajari anak untuk mengidentifikasi mana yang tidak bisa diselesaikan sendiri dan mana yang bisa. Dengan seperti itu, anak akan mulai belajar menyelesaikan masalahnya hingga tuntas.

Jika memang perlu bantuan orang lain, ajari anak cara untuk meminta bantuan ke orang lain bagaimana. Ajarkan dia mengenai adab meminta tolong pada orang lain. Hal ini sangat penting baginya nanti ketika bersosialisasi dengan orang lain.

Mulai Mengambil Tanggung Jawab dari yang Termudah

Untuk mengajarkan anak mandiri salah satu caranya adalah dengan memberinya tanggung jawab dimulai dari yang paling mudah. Misal mengepel lantai yang kotor akibat dia makan es krim. Hal ini kelihatannya remeh, namun tak banyak anak kecil yang mau.

Setelah anak menyelesaikan tanggung jawabnya, jangan lupa Sahabat memberikan pujian atau reward agar anak menjadi senang. Jika Sahabat rasa anak sudah bisa mengambil tanggung jawab tambahan, Sahabat bisa menawarkannya pada sang anak, apakah dia mau atau tidak.

Mengatur Jadwal Kegiatan dan Menepatinya

Kemandirian tak jauh dari jadwal kegiatan yang tertata dengan rapi. Kebanyakan orang yang tidak mandiri, dia tidak punya jadwal. Sahabat tak perlu membuat jadwal yang muluk-muluk. Sahabat cukup membuat jadwal yang sekiranya bisa dipenuhi oleh sang anak.

Baca juga : Cara Membentuk Karakter Baik pada Anak

Dengan adanya jadwal, maka sang anak akan merasa terikat dengan jadwal yang sudah dibuat dan disepakati. Dengan terlaksananya semua jadwal yang sudah dibuat, artinya anak sudah bisa mandiri. Hal ini tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukannya yah.

Itulah kiat-kiat membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang mandiri. Memang tidak mudah untuk melaksanakan semuanya. Sahabat cukup melakukannya secara bertahap.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan di Rumah

2020-12-02

Hari Sabtu dan Minggu memang waktunya untuk beristirahat sejenak dari kerjaan di kantor ya Sahabat. Biasanya weekend juga dimanfaatkan orang-orang untuk pergi ber

thumbnail

6 Rekomendasi Restoran Vegetarian di Yogyakarta

2021-03-15

Semenjak pandemi, pola hidup sehat mulai populer di kalangan masyarakat. Salah satunya dengan mencoba bahkan memilih untuk jadi vegetarian.

thumbnail

Cara Balik Nama Sertifikat Tanah Serta Persiapan Lengkapnya

2021-01-27

Tidak seperti membeli barang atau jasa produk tertentu, pembelian tanah memerlukan pengurusan sertifikat resmi untuk perpindahan kepemilikan. Pengurusan dokumen kepemili

thumbnail

4 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

2020-11-09

Kesehatan tubuh adalah hal mahal yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Berbagai cara pun dilakukan agar tubuh tetap prima untuk melakukan berbagai aktivitas harian.