Logo Daihatsu
Menu

Kurang Lebih Seperti Inilah Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi!

Otomotif

2021-02-10

rpm injeksi

Untuk mendapatkan ukuran RPM yang pas, RPM sebuah mobil injeksi harus disetel terlebih dahulu. Idealnya, RPM mobil injeksi mesti berada di angka 750 hingga 850. Namun, angka tersebut tidak berlaku untuk semua merk mobil injeksi.

Pada artikel kali ini, kami akan bagian beberapa cara untuk menyetel RPM pada mobil injeksi. Beberapa cara tersebut bisa Sahabat simak sebagai berikut!

Putar Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) ke Arah Kiri

ISAS merupakan komponen penting dalam penyetelan RPM. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk membuka lubang pada idle port. Bila lubang itu terbuka, Sahabat pun bisa lebih mudah dalam menyetel RPM mobil injeksi.

Namun sebelum hal itu terjadi, Sahabat harus putar ISAS-nya ke arah kiri terlebih dahulu. HAl itu dilakukan agar ISAS bisa mendapatkan asupan udara yang cukup banyak. Asupan udara yang cukup banyak bisa membantu menaikkan RPM mobil injeksi.

Putar ISAS ke Arah Kanan

Jika sekiranya udara yang masuk cukup atau kebanyakan, Sahabat bisa langsung memutar ISAS-nya ke arah kanan. Dengan memutar ISAS ke kanan, maka udara pada ISAS pun bisa sedikit berkurang. 

Selain untuk mengeluarkan udara, cara ini juga bisa membantu Sahabat untuk mengurangi RPM mobil injeksi. Terutama, jika RPM-nya dirasa berlebihan.

Lakukan Pengaturan RPM

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengatur RPM pada mobil injeksi. Cara ini diawali dengan menyetel idling pada mesin mobil injeksi ke posisi normal. Kurang lebih di angka 750 sampai 850 RPM.

Kalau sudah, coba berikan beban pada idling tersebut. Entah dengan menyalakan lampu headlamp ataupun dengan menyalakan AC mobil. JIka mesin berjalan seperti biasa, maka RPM-nya sudah pas.

Namun, jika mesin mengalami drop atau bahkan mati, maka Sahabat bisa memutar ISAS pada mobil injeksi. Entah itu ke kiri ataupun ke kanan. Putarlah ISAS sampai ukuran RPM-nya pas, serta mesin tidak drop lagi.

Bawa ke Bengkel

Ketiga cara di atas mungkin belum tentu bisa Sahabat aplikasikan. Sebab, tidak semua mobil memiliki ISAS di dalamnya. Oleh karena itu, Sahabat bisa membawa mobil injeksi ke bengkel, jika Sahabat ingin menyetel RPM namun tidak memiliki ISAS.

Agar Setelan RPM Mobil Injeksi Tetap Stabil

Selain melakukan penyetelan, RPM mobil injeksi juga harus dijaga agar tetap stabil. Caranya, adalah dengan melakukan perawatan pada beberapa bagian penting mobil injeksi. Di bawah ini, ada beberapa bagian mobil injeksi yang mesti dirawat. Bagian-bagian itu adalah:

Mass Air Flow

Komponen ini punya fungsi sebagai pendeteksi massa udara yang akan masuk ke dalam mesin mobil.. Bila tidak dirawat secara rutin, komponen ini akan sulit mendeteksi massa udara yang akan masuk. Akibatnya, RPM pada mobil injeksi pun jadi tidak stabil.

Idle Speed Control

Komponen satu ini bisa Sahabat temukan pada mobil injeksi bersistem EFI. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk mengatur idle RPM. Cara merawat komponen ini cukup sederhana.Sahabat hanya perlu membersihkannya secara rutin.

Jangan sampai komponen ini tersumbat oleh kotoran. Sebab, kalau itu terjadi, mobil injeksi akan sulit menerima pasokan udara. Hal itu tentu berpengaruh terhadap kestabilan RPM mobil injeksi.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menyetel RPM mobil injeksi. Semoga bisa Sahabat praktekan sendiri pada mobil injeksi Sahabat. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan pada beberapa komponen penting mobil injeksi, agar RPM-nya tetap stabil.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kiat Cerdas untuk Hindari Montir Nakal

2021-05-06

Memiliki mobil pribadi sebagai kendaraan yang setiap hari menemani ke mana pun merupakan sebuah komitmen yang begitu penting. Hal ini dikarenakan memiliki mobil tidak ha

thumbnail

Berapa Lama Umur Ban Mobil? Ini Cara Melihatnya!

2022-08-11

Bila umur ban mobil sudah tua, ban harus segera dilakukan penggantian untuk menjaga keselamatan. Dalam

thumbnail

Mobil Matic vs Mobil Manual! Kamu Pilih Mana?

2021-02-19

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, transmisi mesin mobil dibedakan menjadi dua, yaitu automatic dan manual. Kedua sistem ini punya kelebihan dan kekur

thumbnail

Alasan Radiator Mobil Bocor Harus Ganti Baru, Bukan Diperbaiki

2022-05-06

Radiator pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila radiator mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan kinerja mobil menjadi kurang maksimal. Bahkan jika k