Logo Daihatsu
Menu

Kuta Mandalika, Pantai Indah Berfasilitas Lengkap

Travel

2020-11-14

kuta mandalika

Kuta Mandalika merupakan pantai indah yang menjadi primadona masyarakat Lombok. Namanya yang mirip, Kuta Mandalika sering dibandingkan dengan Pantai Kuta di Balik. Namun, Kuta Mandalika memiliki suasana lebih sepi dan lebih bersih.

Untuk Menuju ke Kuta Mandalika

Lokasi pantai ini dekat dengan Bandara Internasional Lombok, yaitu di ujung barat Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, sehingga mudah sekali menjangkaunya. Dari bandara, wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan selama tiga puluh menit menggunakan kendaraan bermotor. Transportasi umum memang jarang di Lombok, tetapi wisatawan bisa menyewa kendaraan untuk digunakan selama berlibur kok. Oh iya, wisatawan akan dikenai tarif sebesar Rp5.000 sebagai tiket masuk ke pantai.

Yang Unik dari Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika disebut juga Pantai Merica. Hal tersebut dikarenakan bentuk pasirnya. Jika Sahabat berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika, coba perhatikan pasir pantainya. Pasir di pantai tersebut berwarna putih, tetapi jika diperhatikan lebih jeli tidak sepenuhnya berwarna putih, melainkan krem. Bentuknya adalah bulat kecil dan menyerupai merica.

Setelah tahu fakta tersebut, jangan hanya fokus kepada bentuk pasirnya ya, Sahabat. Jika Sahabat seharian tidak memiliki tujuan karena sudah menjelajahi Lombok pada hari sebelumnya, bisa sekali loh untuk menelusuri pantai karena pasti akan memakan waktu seharian. Hal tersebut dikarenakan Pantai Kuta Mandalika memiliki pantai yang memanjang sejauh 7,2 kilometer. Pantai Kuta Mandalika juga dikelilingi bukit-bukit sehingga pemandangan biru campur hijau menjadi hal yang begitu indah bagi wisatawan.

Termasuk KEK Mandalika

Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata yang termasuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kawasan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2017 lalu.

Menjadi bagian dari KEK Mandalika membuat Pantai Kuta Mandalika memiliki fasilitas yang begitu lengkap, mulai dari kamar mandi hingga penginapan di sekitar wilayah pantai. Bahkan, di dekat Pantai Kuta Mandalika juga terdapat tempat ibadah bagi wisatawan yang beragama Islam, yaitu Masjid Agung Nurul Bilad.

Di sekitar Pantai Kuta Mandalika juga terdapat pemandangan yang unik, yaitu banyak perempuan yang merupakan masyarakat lokal Lombok yang terlihat berpakaian rok yang terlilit di pinggang dan terlihat menyunggi tumpukan kain. Mereka menjajakan kain songket juga cenderamata khas Lombok loh, Sahabat. Nah, tidak perlu jauh-jauh ke Desa Sade tempat kain ini diproduksi deh untuk membeli kain songket untuk oleh-oleh.

Yang paling menarik, di sekitar kawasan Kuta Mandalika dibangun sirkuit untuk MotoGP 2021. Pembangunan sirkuit direncanakan selesai bulan Januari 2021 dan pelaksanaan MotoGP bisa dilakukan di Indonesia setiap 10 tahun sekali loh! Wah, keren banget ya, Sahabat!

Upacara Bau Nyale

Ada cerita unik mengenai Pantai Kuta Mandalika. Nama Kuta diambil dari nama Desa tempat pantai ini berada, sedangkan nama Mandalika tidak hanya mengenai nama tempat, tetapi juga cerita seorang putri.

Ialah Putri Mandalika yang memiliki paras cantik dan menjadi incaran pemuda biasa hingga pangeran. Akan tetapi, Sang Putri tidak mau menikah sehingga ia lebih memilih terjun ke laut daripada harus menerima pinangan dari pemuda-pemuda tersebut.

Dipercaya masyarakat setempat, Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut berubah menjadi cacing laut yang oleh masyarakat setempat disebut Cacing Nyale. Terlebih, peristiwa aneh terjadi. Setiap setahun sekali ada banyak Cacing Nyale yang muncul di pantai. Kemunculan cacing tersebut kemudian menjadi awal dari festival tahunan masyarakat setempat, yaitu Festival Bau Nyale. Festival tersebut bertujuan untuk menangkan Cacing Nyale lalu dihidangkan menjadi makanan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

30 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Rasanya

2021-01-31

Mengunjungi suatu tempat memang tak lengkap jika belum mencicipi makanannya. Begitu pula, Kota Cirebon yang sering dikenal dengan kota udang ini juga memiliki berbagai m

thumbnail

5 Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Bukit Khayangan

2021-01-21

Bukit Khayangan adalah tujuan wisata alam yang relatif baru di salah satu area di Kabupaten Kerinci. Namun, fasilitas-fasilitas pendukung di sekitar lokasi wisata dekat

thumbnail

18 Makanan Khas Sumatera Utara yang Paling Dicari

2021-01-31

Mencicipi hidangan khas ketika berada di Sumatera Utara menjadi hal yang harus dilakukan. Terlebih lagi, Medan sebagai ibu kota provinsinya yang termasuk ke dalam salah

thumbnail

Sebelum Traveling, Ini 10 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan

2020-10-28

Sahabat Daihatsu punya rencana traveling dalam waktu dekat?Traveling memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan pikiran seje