Logo Daihatsu
Menu

Mall Pelayanan Publik – SIM dan STNK

Otomotif

2020-12-03

mall pelayanan publik

Mall identik dengan pusat perbelanjaan dan hiburan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Mall pelayanan publik yang tidak menyediakan gerai-gerai untuk berbelanja, tetapi hadir untuk menjadi pusat pelayanan perizinan bagi masyarakat. Adanya Mall Layanan Publik tersebut diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan yang terpadu, sehingga tidak perlu harus mendatangi satu-satu gedung untuk mengurus layanan tertentu.

Mall Layanan Publik – SIM dan STNK

Mall Layanan Publik memang berbeda dengan mall pada umumnya yang menjadi pusat perbelanjaan dan hiburan. Mall ini hadir untuk menjadi pusat layanan perizinan bagi masyarakat. Kehadiran mall ini tidak lepas dari hasil kolaborasi berbagai pihak. Banyak stand pelayanan yang tersedia di mall tersebut, di antaranya milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan unit-unit peIayanan publik lainnya di Jakarta. 

Jadi, Mall Layanan Publik ini hadir untuk mengintegrasikan layanan, baik pusat, daerah, badan usaha milik negara/daerah, maupun swasta, menjadi terpusat di satu tempat. Mall tersebut mengintegrasikan 340 layanan, yang terdiri dari 296 pelayanan dari Pemprov dan 34 pelayanan pemerintah pusat. Masyarakat dapat mengurus berbagai perizinan secara terpadu melalui satu pintu, seperti perpanjangan paspor, SIM, pajak, dan perizinan lain.

Namun, mall pelayanan terpadu ini baru tersedia di Jakarta dan diresmikan pada pertengahan Oktober. Untuk kedepannya, pemerintah akan terus mengembangkan pembangunan mall serupa untuk efektivitas dan efisiensi perizinan di kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, dan Makassar.

Bagi Sahabat yang ingin mengurus perpanjangan SIM online, berarti Sahabat harus menuju bagian layanan Satpas milik POLRI setempat. Namun jika Sahabat akan memperpanjang atau membayar pajak STNK, Sahabat harus menuju stan bagian layanan Samsat. Jika Sahabat bingung, Sahabat bisa bertanya kepada petugas yang ada di pintu depan.

Alur di Mall Layanan Publik

Alurnya, ketika Sahabat datang ke Mall Layanan Publik, Sahabat akan diarahkan oleh petugas ke layar digital yang tersedia untuk mengambil nomor antrian. Kemudian Sahabat bisa menuju ke loket pendaftaran layanan yang Sahabat inginkan. Sahabat bisa mengecek letak stand layanan di layar digital yang disediakan.

Sahabat yang ingin memperpanjang SIM, akan lebih enak jika Sahabat sudah melakukan registrasi dengan mengisi data di website Satpas Korlantas daerah setempat melalui SIM online. Untuk persyaratannya, sama seperti ketika Sahabat harus mengurus perpanjangan SIM ke kantor layanan Satpas langsung.

Proses perpanjangan SIM online ini berjalan tak lebih dari satu jam, mulai dari proses penyerahan data, verifikasi data, sampai pengambilan foto untuk SIM terbaru. Hal tersebut akan berbeda jika Sahabat harus datang langsung ke kantor Satpas, karena harus mengantri sejak pagi dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengantongi SIM baru.

Begitu pula jika Sahabat akan memperpanjang atau membayar pajak STNK. Tinggal menuju stand Samsat di mall pelayanan terpadu, kemudian serahkan STNK lama dan KTP asli. Sahabat bisa menunggu, karena proses berjalan cepat, tidak sampai 1 jam. Kemudian petugas akan mengumumkan nama Sahabat jika sudah diproses untuk membayar biaya pajak. STNK baru pun bisa diperoleh.

Mall pelayanan terpadu ini menyediakan berbagai layanan dari Senin sampai Jumat pukul 07.30-16.00 WIB. Misalnya pada mall pelayanan terpadu Kuningan, pada lantai 1 gedung mall tersebut, akan Sahabat jumpai loket perizinan aktivitas usaha, loket perizinan pembangunan dan tata ruang, serta loket perizinan fast track. Kemudian di lantai 2 terdapat loket perizinan prioritas, loket perizinan pertanahan, loket konsultasi, ruang prioritas, dan loket layanan AJIB. Sedangkan pada lantai 3 untuk departemen layanan, seperti milik Polda metro Jaya.

Sekarang mengurus perpanjangan SIM maupun STNK menjadi lebih mudah dengan hadirnya mall pelayanan terpadu. Sahabat pun tidak perlu wara-wiri atau mengantri cukup lama hanya untuk memperpanjang SIM atau membayar pajak STNK.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Advanced Safety Assist di Daihatsu Rocky: Semakin di Depan dalam Menjaga Keselamatan Pengendara

2021-05-29

Daihatsu tidak pernah main-main mengenai keselamatan pengendara. Mereka selalu mendesain mobil dengan fitur-fitur canggih yang selalu melindungi pengemudinya. Advance

thumbnail

Ketahui Kekentalan Oli Power Steering yang Bagus, Simak di Sini!

2023-11-17

Kekentalan oli power steering sangat berperan penting terhadap kenyamanan berkendara karena memudahkan kendali kemudi mobil. Oleh karena itu, setiap pemilik mobil wa

thumbnail

Cara Memilih Ban dengan Benar

2020-12-03

Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban m

thumbnail

STNK Diblokir ETLE? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Penerapan ETLE sebagai sistem tilang terbaru saat ini sudah merata di Indonesia. Meski sistem tilang ETLE tidak langsung menyertakan polisi lalu lintas di jalanan se