Logo Daihatsu
Menu

Mana Urutan yang Benar, Ganti Oli Atau Purging Dulu di Mobil Mesin Diesel?

Otomotif

2022-05-22

ganti oli purging

Saat Anda akan membersihkan ruang bakar mobil, maka bisa menggunakan metode purging. Namun, olinya juga harus diganti. Lalu, pada proses ganti oli purging, mana yang lebih dahulu?

Urutan proses ini harus Anda ketahui. Tujuannya agar tidak ada kesalahan yang mengakibatkan mobil rusak. Kebetulan informasi kali ini akan membahas mengenai hal tersebut, jadi perhatikan baik-baik.

Urutan Ganti Oli Purging yang Benar

Perawatan mobil diesel berbeda dengan jenis yang menggunakan bahan bakar bensin. Penggantian filter pada bahan bakarnya harus Anda lakukan secara berkala. Selain itu, lebih sering melakukan pergantian oli.

Jadi, cara perawatan yang tepat adalah memakai metode purging. Metode ini adalah proses pembersihan ruang bahan bakar dengan cairan khusus. Misalnya menggunakan cairan Liqui Moly atau lainnya.

Proses purging juga mengharuskan untuk mengganti oli. Nah, kebanyakan di tahap ini yang sedikit membuat bingung. Cara yang tepat, mengganti oli atau melakukan  purging dahulu?

Jika Anda masih tergolong baru memiliki jenis mobil diesel, pasti akan sulit nama proses yang harus didahulukan. Sebab, jika sampai salah bisa mengakibatkan mobil cepat rusak.

Ternyata langkah yang tepat adalah melakukan purging dahulu, baru mengganti oli. Mengapa demikian? Karena proses purging bisa membuat oli mesin FD atau Fuel Dilution.

FD merupakan pencampuran bahan bakar atau cairan purging dengan oli mesin. Dengan begitu, nantinya bisa menurunkan kualitas dari oli itu sendiri. Jadi, cairan purging akan masuk lewat liner silinder dan celah-celah ring piston.

Tentu saja Anda tidak cukup jika hanya mengetahui mengenai urutan proses yang benar. Maka dari itu, ketahui juga kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli purging, manfaat, dan bagaimana prosesnya.

Kapan Waktunya Ganti Oli Purging?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa proses purging harus Anda lakukan secara rutin. Tepatnya setiap 20.000 KM, tetapi bisa juga di angka 10.000 KM asalkan memakai solar subsidi.

Biasanya, purging ini sudah sepaket dengan tune up. Jika memang demikian, maka Anda bisa melakukannya sekaligus. Jadi, tidak perlu bolak-balik 2 kali untuk melakukan prosesnya.

Manfaat Melakukan Purging

Selain sebagai perawatan mobil, Anda tentu penasaran dengan manfaat ketika melakukan purging. Manfaatnya cukup banyak dan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja mobil. Berikut ini uraiannya.

  1. Sistem pembakaran akan tetap sempurna.
  2. Tenaga dan performa mobil bisa selalu optimal.
  3. Part-part mobil lebih tahan lama.
  4. Konsumsi bahan bakar akan tetap optimal.
  5. Anda akan merasa lebih nyaman saat mengendarai mobil.

Lalu, apa jadinya jika tidak melakukan pembersihan ruang bahan bakar secara teratur? Tentunya Anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar. Mengingat komponen di dalamnya bisa cepat rusak dan harus diganti baru.

Salah satu kerugiannya adalah injektor mobil bisa tersumbat dan lama-kelamaan akan rusak. Padahal biaya penggantian injektor cukup mahal. Selain kerusakan injektor, berikut ini kerugian lainnya.

  1. Bahan bakar mobil diesel menjadi lebih boros.
  2. Tenaga dan performa mobil semakin menurun.
  3. Menimbulkan sensasi kurang nyaman saat mengendarainya, seperti brebet atau lainnya.

Mobil Daihatsu termasuk salah satu merek yang memiliki ketahanan pada daya bahan bakarnya. Jadi, bisa lebih irit dan pengeluaran untuk mengisi bahan bakar juga terminimalisir.

Meskipun demikian, Anda juga harus rutin ganti oli purging pada mobil ini. Dengan begitu, performa akan tetap terjaga, bahkan bisa semakin lancar dan mulus. Salah satu tipe diesel andalan brand ini adalah Daihatsu Taft. Yuk kunjungi web berikut untuk info selengkapnya!


Tag

Otomotif

Share This