Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Geber Mesin Mobil Sampai Batas Maksimal Sesekali Waktu

Otomotif

2022-04-28

Manfaat Geber Mesin Mobil Sesekali

Melakukan geber mesin mobil memang bisa menyebabkan dampak yang kurang bagus jika dilakukan secara terus menerus. Namun ternyata ada manfaat geber mesin mobil sesekali, Sahabat. Pada umumnya, untuk menjaga keawetan mesin mobil banyak pengendara yang menjaga putaran mesin tidak sampai tinggi.

Hal tersebut dilakukan untuk agar komponen pada mesin mobil tidak cepat rusak. putaran mesin yang konstan dapat dengan mudah memicu penumpukan kerak karbon pada ruang mesin. Geber mesin mobil sesekali dimaksudkan untuk meminimalisir adanya penumpukan karbon yang ada pada ruang mesin ini.

Ternyata, Manfaat Geber Mesin Mobil Sesekali Bisa Mengurangi Lemak

Tidak sedikit pengendara mobil yang memiliki kebiasaan melakukan geber mobil. Hal ini jika dilakukan secara berulang kali memang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin, apalagi jika dilakukan sampai putaran tinggi. Selain itu, melakukan geber mesin mobil ini juga bisa mengganggu kenyamanan pengendara lainnya.

Anda bisa melakukan geber mesin mobil sesekali, karena hal ini justru memiliki dampak yang baik untuk mesin mobil Anda. Geber mesin mobil pada putaran yang tinggi dapat mengatasi adanya penumpukan keran yang ada di dalam ruang mesin. Penumpukan kerak seperti ini memang kerap kali terjadi pada semua kendaraan.

Namun jika Anda melakukan geber mesin mobil sesekali, bisa mengeluarkan residu karbon. Terlebih lagi saat digeber terdapat asap hitam yang keluar dari knalpot. Itu artinya kerak akan ikut terbakar dan keluar dari ruang bakar, sehingga endapan kerak bisa semakin berkurang.

Hal ini bisa terjadi karena selama proses pembakaran akan menghasilkan residu karbon yang berasal dari sisa pembakaran tersebut. Selain itu juga bisa disebabkan karena bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna. Dalam jangka waktu yang lama, sisa residu karbon ini bisa mengendap dan menjadi kerak kotoran pada mesin mobil Anda.

Pada saat putaran mesin yang semakin tinggi, dapat menyebabkan tekanan pada kompresi yang dihasilkan juga akan ikut semakin besar dan bersamaan dengan suhu ruang bakar yang tinggi. dengan begitu, besarnya tekanan kompresi yang dihasilkan dapat memberi dorongan pada kerak untuk keluar dari ruang bakarnya.

Untuk melakukan geber mesin mobil, gunakan gigi pertama kemudian tekan as hingga putaran mesin bisa maksimal. Anda bisa melakukan aksi geber mesin mobil ini setidaknya 1 hingga 2 kali dalam jangka waktu satu bulan. Jika dilakukan secara rutin, maka emak atau kerak yang menempel pada mesin bisa keluar melalui saluran gas.

Apabila Anda melakukan aksi geber mesin mobil yang kedua kalinya dan tidak mendapatkan asap hitam yang keluar dari knalpot. Maka bisa dipastikan bahwa mesin mobil Anda sudah tidak ada kerak yang menempel. Sehingga mesin mobil Anda bisa terjaga dengan baik dan bisa meningkatkan kenyamanan Anda saat berkendara.

Baca Juga: TIPS Terasa Beda, Begini Cara Membuat Mesin Mobil Halus Kembali

Memang benar bahwa aksi geber mesin ini memiliki dampak yang bagus untuk mesin mobil Anda jika dilakukan sesekali. Pastinya jangan melakukan aksi geber mesin mobil ini saat banyak pengendara lain, karena bisa menyebabkan orang merasa terganggu. Lebih baik lakukan hal ini saat berada di rumah dan dalam kondisi yang tepat.

Ingin mendapatkan informasi menarik selain ulasan mengenai manfaat geber mobil sesekali? Jangan khawatir, Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar otomotif lainnya melalui web Daihatsu. Semua informasi yang Anda dapatkan akan selalu diupdate dan tentunya sangatlah bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berbahaya! Kenali Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

2022-04-28

Kondisi rem blong bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa, bahkan tidak hanya

thumbnail

Tipe Daihatsu Charade yang Masuk Pasar Indonesia

2022-04-28

Mobil klasik dengan spek menarik dan cerita unik tentu diburu oleh para kolektor. Tipe Daihatsu Charade adalah mobil mungil keluaran Daihatsu yang pernah menjadi primado

thumbnail

Peningkat Tenaga Mesin, Berikut 4 Fungsi Turbo pada Mobil

2022-04-28

Mungkin sebagian besar orang ketika mendengar kata turbo akan teringat pada engine mobil yang cepat dan bertenaga. Perlu A

thumbnail

Deretan Mobil Rental Paling Laris

2022-04-28

Rental mobil merupakan solusi yang sering dia