Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Gemuk Saat Ganti Velg Mobil

Otomotif

2022-04-23

Manfaat Gemuk Ganti Velg Mobil

Pada saat memiliki mobil, pastinya Anda akan merawatnya agar bisa digunakan dengan baik. Tak hanya soal kenyamanan saja, melainkan juga keamanan berkendara bisa Anda dapatkan saat mobil dirawat secara rutin. Anda tentunya membutuhkan bahan kimia yang tepat untuk merawat mobil. Contohnya seperti apa, ya>

Salah satu yang bisa bahan kimia yang cocok untuk kebutuhan kendaraan bermotor adalah gemuk atau grease. Manfaat gemuk ganti velg mobil adalah hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat. Saat menggunakan gemuk untuk mengganti velg, maka proses pergantian ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Inilah Manfaat Gemuk Saat Ganti Velg Mobil

Mengganti velg mobil tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Dibutuhkan teknik tertentu dan peralatan yang memadai agar proses pergantian velg bisa berjalan dengan baik. proses pergantian velg ini bisa lebih mudah jika Anda menggunakan gemuk. Memiliki sifat yang pekat dan lengket, cocok digunakan saat ganti velg mobil.

Pada proses pergantian velg mobil, biasanya membutuhkan adanya mur, dan juga center ring. Gemuk dapat membuat komponen tersebut bekerja secara maksimal saat akan pergantian velg. Apa saja manfaatnya? Simak beberapa hal berikut ini.

1. Mengoptimalkan Kinerja Gerak

Cairan serbaguna yang satu ini ternyata bisa membantu mengoptimalkan kinerja gerak pada komponen mobil Anda. Gemuk ini dapat melumasi komponen bergerak pada mobil seperti engsel, bantalan dan ball joint. Selain itu, gemuk ini juga dapat memperpanjang umur pakainya. Hal ini bisa terjadi karena kinerja komponen gerak bekerja secara optimal.

Pada umumnya cairan gemuk ini dibentuk dari sodium, kalsium atau gel lithium (sabun) yang teremulsi dengan oli mineral. Nantinya perbedaan sabun ini dapat menunjukkan tingkatan resistensi suhu, anti air dan juga reaksi kimia. Biasanya gemuk dapat bekerja pada suhu 190 derajat celcius hingga mencapai 220 derajat celcius.

Suhu tersebut bisa meningkat tergantung temperatur dan juga kecepatannya yang tinggi. Hal tersebut bisa didapatkan saat gemuk digunakan pada bagian roda terutama cakram atau bearing alternator. Tidak heran jika gemuk ini juga dapat melindungi dari gesekan saat akan mengganti velg baru pada mobil Anda.

2. Mencegah Aus Dan Karat

Gemuk bisa digunakan untuk melumasi mur saat proses pergantian velg. Pelumasan ini dilakukan tidak boleh secara berlebihan karena dapat menyebabkan kotoran dan debu menempel. Namun jika digunakan secukupnya, maka gemuk dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya karat dan mur menjadi mudah untuk diputar.

Selain itu gemuk juga bisa digunakan untuk melumasi center ring. Fungsi dari center ring ini sebagai pengisi rongga lubang dop velg dengan center hub as roda. Kedua komponen tersebut akan berputar searah. Apabila Anda menggunakan gemuk, maka bisa dipastikan mengurangi keausan pada putaran velg dan juga center ring.

Area center ring yang telah dilapisi gemuk ini nantinya juga akan mencegah terjadinya karat. Pastinya proses pergantian velg menjadi lebih mudah dan mendapatkan kinerja yang lebih optimal saat menggunakan gemuk. Manfaat gemuk ganti velg mobil memanglah cukup penting. Selama digunakan tidak berlebihan, maka kinerjanya bisa berjalan dengan maksimal.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang menarik dan terupdate lainnya dengan mengunjungi website Daihatsu. Informasi seputar otomotif ini akan sangat cocok bagi Anda pecinta kendaraan bermotor. Langsung saja kunjungi sekarang juga dan nantikan informasi terbaru lainnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Rekomendasi Pembersih Interior Mobil Terbaik dan Ampuh

2022-04-23

Bingung mencari pembersih interior mobil yang ampuh dan terbaik? Anda tidak perlu bingung, kami ada 7 rekomendasi yang bisa dipilih untuk membersihkan bagian interior mobil.

thumbnail

Catat, Ini Daftar Tekanan Angin Ban untuk Mobil Daihatsu biar Aman dan Nyaman

2022-04-23

Tekanan angin ban mobil adalah satu hal yang harus diperhatikan pengemudi untuk menjaga stabilitas saat berkendara. Tekanan ban yang terlalu tinggi berisiko mengalami pe

thumbnail

Cara Mengatasi Body Kulit Jeruk yang Mulai Kusam

2022-04-23

Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan yang tampil cantik dan menarik? Sudah pasti semua orang menginginkan hal tersebut, khususnya bagi pecinta otomotif. Pada kendar

thumbnail

Peraturan APAR di Mobil

2022-04-23

APAR atau yang kependekan dari Alat Pemadam Api Ringan merupakan peralatan yang sekarang diwajibkan oleh pemerintah untuk ditaruh di dalam mobil. Peraturan APAR di mobil