Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Tips & Trick

2021-05-31

manfaat kayu manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa jenis pohon Genus Cinnamomum. Kayu manis banyak diburu di dalam maupun luar negeri dan menjadi salah satu produk yang diperdagangkan secara teratur di Asia, Eropa dan negara bagian Timur. Negara utama penghasil kayu manis adalah China, Indonesia, Vietnam, Brazil, India dan Karibia.

Kayu manis batangan dapat bertahan selama satu tahun jika di simpan di tempat yang kedap udara dan gelap, namun jika kayu manis telah dihaluskan aroma khas didalamnya akan hilang.

Selain itu, kayu manis merupakan rempah-rempah penting pada setiap masakan. Bukan hanya lezat, kayu manis juga diyakini memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat utama dari kayu manis:

1. Penurun Kadar Kolesterol Jahat/LDL

Menurut Studi penelitian, dengan mengkonsumsi kayu manis 1/2 sendok teh per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat/ LDL, selain itu dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat/LDL dapat menyehatkan jantung dan membersihkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Sebagai Pengatur Gula Darah

Seseorang yang mengalami penyakit Diabetes Type 2 , cukup berikan ekstrak kayu manis secara teratur, secara signifikan akan mengalami penurunan kadar gula darah, hal ini dikarenakan kayu manis dapat meningkatkan metabolisme glukosa hingga 20 kali, dan dapat mengatur regulasi pada gula darah.

3. Menjadi Pengawet Alami Makanan

Kayu manis memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menghambat bakteri dan pembusukan masakan dan makanan, cocok dipakai untuk pengawet makanan alami.

4. Pereda Nyeri Penyakit Arthritis

Seseorang yang menderita Artritis diberi ½ sendok teh bubuk kayu manis dan dikombinasikan dengan 1 sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan memiliki dampak yang sangat signifikan mengatasi nyeri Arthritis setelah satu minggu, dan dapat menghilangkan rasa nyeri dalam jangka waktu satu bulan, sebuah studi dari Universitas Kopenhagen.

5. Dapat Mencegah Kanker

Kayu manis diyakini dapat mengurangi proliferasi leukemia dan sel kanker limfoma, yang bisa berkembang biak menjadi sel kanker jahat.

6. Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Selain anti pembekuan darah, kayu manis juga dipercaya dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh.

7. Aroma Khas

Aroma khas dari kayu manis ini juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori dalam otak, sehingga Sahabat tidak mudah lupa.

8. Penghilang Bau Mulut

Kayu manis juga dapat menghilangkan kuman dalam mulut dan mampu mengatasi bau tidak sedap di mulut.

9. Membantu Perkembangan Tulang dan Tubuh

Kayu manis juga memiliki kandungan nutrisi dan zat besi yang tinggi, kalsium, serat dan mangan, yang dapat membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang.

Itulah daftar manfaat dari kayu manis, namun studi baru menunjukan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menjadi racun, maka dari itu gunakan secukupnya untuk kesehatan Sahabat. Semoga bermanfaat.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Video di Android Populer

2020-11-13

Saat ini sepertinya hampir semua smartphone sudah dibekali dengan kamera yang cukup baik untuk merekam video. Tidak heran jika semakin banyak orang yang berkreasi dengan membuat video untuk di-uplo

thumbnail

Tempat dan Biaya Kursus Mengemudi Mobil di Jakarta

2020-08-18

Bagi Sahabat yang ingin belajar mengendarai mobil namun tidak mempunyai kenalan yang bersedia untuk mengajarkan berkendara, maka mengambil kursus mobil adalah salah satu

thumbnail

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dibuat dari Jagung

2021-02-03

Makanan khas Indonesia bisa dibuat dari apa saja, termasuk jagung. Makanan khas Indonesia yang dibuat dari jagung sendiri cukup banyak. Beberapa di antaranya ada yang di

thumbnail

4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil

2020-10-18

Ban memiliki fungsi vital di mobil. Mulai dari menopang bobot mobil, menahan guncangan, pengendali arah, dan lainnya. Dari fungsinya yang banyak, Sahabat wajib hukumnya