Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik

Otomotif

2022-05-06

menguras oli transmisi mobil

Pada saat ini penggunaan mobil dengan sistem transmisi matik mulai banyak digemari oleh masyarakat. Tentunya perawatan mobil matik ini perlu diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi untuk mengganti oli mobil secara berkala.

Tidak hanya mengganti oli secara rutin saja, namun Anda juga perlu kuras oli transmisi mobil matik. Menguras oli mobil juga perlu dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Justru menguras oli ini memiliki banyak manfaat bagi kinerja mobil Anda.

Ketahui 2 Manfaat dari Kuras Oli Transmisi

Menguras oli transmisi memang memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga fungsi transmisi matik selama pemakaian mobil. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa manfaat lainnya berikut ini.

Menjaga Kualitas Oli

Selama Anda menguras oli transmisi secara rutin, maka akan menjaga kualitas oli tetap terjaga dengan baik. Apabila kualitas oli tetap terjaga dengan baik, pastinya transmisi mobil Anda akan berjalan secara optimal. Kualitas oli yang baik bisa membuat pelumasan terhadap komponen yang bergesekan tetap terjaga dengan baik.

Seperti pada komponen kampas kopling, belt, pulley, planetary gear dan juga transmisi CVT. Kualitas oli yang baik juga dapat menghindari keausan pada komponen mobil Anda yang mungkin bisa menggagalkan kerja transmisi matik. Menguras oli transmisi memang memiliki peran yang penting.

Namun tetap saja, Anda juga perlu mengganti oli transmisi secara rutin agar transmisi bisa tetap terlumasi dengan baik. Apabila kedua hal ini bisa dilakukan secara rutin, sudah pasti performa mobil Anda akan tetap terjaga dengan baik. Bahkan kinerjanya bisa semakin optimal.

Komponen yang tidak dilumasi dengan baik akan mudah mengalami aus. Jika sudah begini, maka kinerja mobil bisa menjadi kurang maksimal. Pentingnya mengganti dan juga menguras oli transmisi mobil Anda tidak boleh dianggap remeh. Justru perlu dilakukan secara rutin.

Membuat Ruang Gearbox Menjadi Lebih Bersih

Kebanyakan masyarakat sering melakukan aktivitas mengganti oli secara rutin. Namun masih banyak yang merupakan untuk menguras oli transmisi mobil. Padahal aktivitas ini memiliki peran yang penting untuk menjaga performa mobil.

Jika hanya mengganti oli saja, maka masih kurang maksimal. Ini bisa terjadi karena masih terdapat gram atau bubuk dari sisa gesekan yang bersarang dan tidak ikut terbuang di dalam gearbox. Menguras oli ini dilakukan untuk memastikan pelumas sebelumnya dan juga serbuk besi yang tersisa dapat tersapu bersih.

Apabila semua kotoran yang tertinggal sudah hilang, maka ruang gearbox akan menjadi lebih bersih. Tentunya hal ini bisa membuat kerja transmisi menjadi lebih maksimal. Untuk menguras oli, akan lebih baik dilakukan oleh orang yang handal.  Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat.

Proses menguras oli ini bisa lebih sempurna jika menggunakan alat khusus. Adanya alat ini bisa menghilangkan segala kotoran yang ada di dasar atau yang melekat di komponen mobil ikut terbuang.

Untuk itu Anda hanya perlu kuras oli transmisi mobil matic secara berkala. Anda bisa mengurasnya setiap 40.000 km. Dengan begitu, performa mobil Anda menjadi lebih baik dan dapat digunakan dengan nyaman dan aman.

Menjaga performa mobil yang baik, memang tidak terlepas dari perawatannya yang baik dan benar. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar perawatan mobil terlengkap disini. Tentunya jangan lupa untuk selalu melakukan service mobil secara rutin di dealer resmi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Penyebab RPM Mobil Naik Turun Beserta Solusinya

2021-02-10

Salah satu masalah yang umum terjadi pada mobil manual adalah RPM yang sering naik-turun. Naik-turunnya RPM mobil sendiri bisa berpengaruh pada kinerja mobil. Salah satu

thumbnail

Ini Penyebab Tapak Ban Cepat Botak Sebelah

2022-02-14

Untuk menunjang rasa nyaman dalam berkendara, tentu saja Anda harus menjaga kondisi mobil Anda apalagi jika untuk perjalanan jauh. Akan tetapi sebagian mobil biasa menga

thumbnail

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

2021-01-14

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing. 

thumbnail

5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

2021-03-23

Sebuah kendaraan tidak akan bisa bergerak tanpa adanya Bahan Bakar Mesin atau yang disingkat dengan BBM. Akan tetapi, tingginya penggunaan BBM di Indonesia menjadi suatu