Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Manfaat Minyak Ikan untuk Anak
17 Maret 2021
manfaat minyak ikan

Minyak ikan adalah makanan tambahan untuk anak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rasa minyak ikan memang tidak semua disukai anak. Sahabat bisa mencampurkan minyak ikan ini ke dalam makanan kesukaan sang anak agar mau dikonsumsi. Namun, tidak ada salahnya jika Sahabat mencoba memberikannya langsung dan melihat respon anak ketika mengonsumsi minyak ikan saja tanpa dicampur. Jika anak suka, maka ini sangat memudahkan.

Beberapa cara lainnya agar anak mengonsumsi minyak ikan adalah dengan cara membeli minyak ikan yang sudah dalam bentuk kapsul. Ada juga yang bentuknya sudah dicampur dengan sirup manis dan itu pasti disukai oleh anak-anak.

Ada banyak manfaat minyak ikan untuk anak. Mulai bisa meringankan gejala asma hingga bisa menjaga kesehatan kulit anak. Berikut ini adalah rincian manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan.

Meringankan Gejala Asma

Minyak ikan sarat akan omega-3 yang bisa membantu anak meringankan penyakit asma yang dideritanya. Dengan mengonsumsi kapsul minyak ikan 120 mg yang terkombinasi dengan DHA dan EPA setiap hari bisa menurunkan gejala asma pada anak.

Memperkuat Tulang

Pertumbuhan tulang pada anak sangat penting. Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya memiliki tinggi yang ideal. Sahabat bisa memberikan minyak ikan ini untuk memperkuat tulang dan membuat anak menjadi tinggi. Minyak ikan mengandung banyak vitamin D yang bisa digunakan untuk memperkuat tulang anak. Omega-3 juga bisa membantu memadatkan tulang anak.

Menekan Susah Tidur

Beberapa anak kecil susah sekali untuk disuruh tidur. Pasalnya memang anak kecil itu susah tidur dan sekalinya tidur susah bangun. Jika anak Sahabat mengalami gangguan susah tidur, bisa jadi anak Sahabat kekurangan omega-3.

Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam minyak ikan juga terdapat kandungan vitamin A. Vitamin A ini dikenal bisa meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, DHA yang terkandung dalam minyak ikan juga bisa meningkatkan penglihatan mata.

Meningkatkan Mood

Anak kecil memang suka sekali bermain. Seringkali keinginannya untuk bermain membuatnya malas untuk diajak belajar. Hal ini sangat wajar karena kegiatan belajar membuat otak berpikir keras dan cepat membuat anak lelah. Dengan mengonsumsi minyak ikan, anak akan lebih mudah belajar karena kandungan omega-3 yang membantu proses otak untuk berkembang dan memahami pembelajaran. Omega-3 juga bisa meningkatkan kemampuan mengingat sang anak.

Mengurangi Peradangan

Kandungan minyak ikan dapat menurunkan potensi peradangan pada anak dengan cara menurunkan jumlah senyawa sitokin pada tubuh. Minyak ikan juga dapat mengurangi nyeri sendi saat anak memiliki radang pada persendiannya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Gatal-gatal dan eksim seringkali dialami oleh anak kecil. Hal ini karena anak seringkali bermain di tempat yang kurang bersih. Dengan memberikan minyak ikan, gangguan kesehatan kulit seperti eksim ini akan berkurang.

Memperbaiki Gejala Hiperaktif (ADHD)

Beberapa anak menunjukkan gejala hiperaktif dan sulit fokus dalam beraktivitas. Hal ini dikenal dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Kandungan omega-3 dalam minyak ikan bisa menekan gejala hiperaktif ini pada anak. Minyak ikan dapat meningkatkan kerja otak anak sehingga lebih mudah untuk fokus dan mengingat pelajaran.

Baca juga : 9 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh yang Prima

Bagaimana? Sahabat sudah tahu kan ternyata banyak sekali manfaat dari minyak ikan ini untuk anak-anak. Semoga setelah membaca informasi ini, Sahabat mulai memberikan minyak ikan yah pada anak Sahabat.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku