Logo Daihatsu
Menu

Memahami Pengertian Coating Mobil dan Apa Saja Fungsinya

Otomotif

2021-01-06

pengertian dan fungsi coating mobil

Mungkin sebagian orang berpikiran, melakukan perawatan pada mobil hanya sekedar mesin, rem, ataupun komponen lainnya.

Namun apakah Anda tahu bahwa penampilan luar mobil pun perlu diperhatikan? Salah satunya adalah coating. Apa itu coating dan apa manfaatnya pada mobil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Coating pada Mobil

Sebenarnya istilah coating sudah tidak asing lagi didengar bagi pemilik mobil, apalagi kini muncul nano ceramic coating yang sedang hype di kalangan pecinta otomotif. 

Coating sendiri merupakan proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil dengan memanfaatkan bahan khusus, yang bertujuan guna membuat lapisan cat mobil tampak mengkilap.

Tak hanya mengkilap saja, kendaraan kesayangan Anda akan terlihat baru, tidak kusam, serta sedap untuk dipAndang. Perlu Anda ketahui, bahwa bahan yang digunakan untuk proses coating ialah SiO2 (silikon dioksida) dan Polysilazane (polimer). 

Di mana kedua bahan ini akan melekat serta mengeras pada permukaan cat guna menutup semua pori-pori mobil.

Baca juga: Perhatikan Cara Merawat Mobil Berikut Ini

Fungsi Coating Mobil

Usai mengetahui apa itu coating di kendaraan roda empat dari pengertian dan fungsi coating mobil. Lantas apakah fungsinya dari metode perawatan cat pada mobil ini? 

1. Melindungi Permukaan Cat Mobil dari Goresan

Seperti yang diketahui, bahwa mobil jika sering digunakan pastinya akan mengalami goresan atau baret halus. Sebenarnya untuk fungsi satu ini, tergantung pada kualitas bahan coating yang dimanfaatkan serta ketebalan dari lapisan cat di permukaan mobil. 

Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating yang diberikan pada permukaan cat kendaraan roda empat, maka daya tahan cat mobil terhadap goresan maupun baret akan semakin meningkat dan baik pula. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil dengan Mudah

2. Meningkatkan Resistensi Terhadap Air maupun Jamur 

Coating mobil dapat memberikan daya tahan pada cat mobil yang diakibatkan dari adanya water repellent effect yang dikenal juga sebagai efek daun talas, sehingga mampu mencegah air serta kotoran agar tidak mudah menempel dan air tersebut akan langsung tergelincir begitu saja kala menyentuh permukaan cat mobil.

3. Membuat Mobil Terlihat Mengkilap

Bila Anda menggunakan wax atau sealant pada permukaan mobil, maka kilap kendaraan roda empat Anda hanya akan bertahan kurang lebih satu hingga tiga bulan saja. 

Hebatnya lagi, bila menggunakan nano ceramic dan sapphire serum maka kilap mobil disinyalir bertahan hingga tiga tahun lamanya. 

Hal ini tentunya akan menguntungkan Anda bila ingin menampilkan mobil menjadi lebih kece lagi hingga waktu yang lama. 

4. Mampu Melindungi dari Sinar Ultraviolet

Kendaraan roda empat yang sering digunakan pastinya akan selalu terpapar dengan sinar matahari secara terus menerus. Karena itulah pengertian dan fungsi coating mobil sangat penting dilakukan.

Memiliki sebuah kendaraan tidak hanya sekedar digunakan saja, Anda pun diperlukan melakukan berbagai perawatan guna meningkatkan performa mobil menjadi lebih optimal. 

Namun tak hanya berbicara mengenai mesin saja, penampilan luar mobil pun perlu diperhatikan. Hal ini berguna untuk memberikan tampilan yang lebih cantik lagi pada kendaraan kesayangan.

Baca juga: Miliki Interior Mobil yang Nyaman dan Bersih dengan 3 Perawatan Ini


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Kompresi pada Mobil? Ini Daftar Rasionya!

2022-12-15

Kompresi secara bahasa artinya adalah pemampatan. Dalam proses kompresi tentu saja menimbulkan tekanan. Oleh karena itu dalam dunia otomotif, kompresi adalah pemampa

thumbnail

Kenali Fungsi Stiker Hologram STNK pada Kendaraan

2023-01-16

Membayar pajak untuk kendaraan

thumbnail

5 Penyebab Pengapian Mobil Injeksi Hilang

2021-01-06

Dapur pacu mobil butuh rangkaian proses pembakaran, mulai dari starter hingga mobil berjalan, pengapian memiliki tugas yang penting. Tetapi, bagaimana jika busi t

thumbnail

Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

2021-10-28

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Seperti misalnya keadaan tekanan angin ban mobil yang sesuai dan tidak dalam kondisi yang diku