Logo Daihatsu
Menu

Memilih Ban yang Cocok untuk Mobil SUV

Otomotif

2020-11-22

memilih ban mobil suv

Setiap orang memiliki karakter berbeda saat mengemudi. Tak terkecuali jika Sahabat memiliki mobil jenis Sport Utility Vehicle atau biasa disebut SUV. Jenis mobil ini kebanyakan memiliki kebutuhan khusus termasuk ban mobil. 

Memilih ban mobil SUV yang tepat merupakan langkah terbaik dalam mengendarai mobil jenis sport satu ini. Sekarang sudah banyak produsen ban memproduksi ban mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi mobil SUV. 

Baca juga: Transformasi Mobil SUV Daihatsu Terios dari Masa ke Masa

Ada beberapa tipe ban mobil khusus SUV yang dinamai berdasarkan fungsinya melalui kode-kode tertentu. Sahabat harus mengenali dan menyesuaikan ban mobil SUV berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan, biar performa mobil SUV kesayangan lebih optimal. 

Penamaan berupa kode untuk ban mobil SUV meliputi H/T, M/T dan A/T. Jadi, jika Sahabat sedang memilih ban untuk SUV, selain ukuran ban, kode ini perlu diperhatikan sehingga sesuai dengan kebutuhan. Apa sih arti dari kode-kode tersebut? 

1. Ban mobil H/T ( Highway Terrain) 

Ciri khas tipe ban H/T adalah memiliki motif tapak ban dengan alur celah yang cenderung rapat. Desain itu membuat ban dapat lebih maksimal saat mencengkeram permukaan jalan. 

Suara yang ditimbulkan terasa lebih senyap ketimbang tipe ban SUV lainnya. Tipe ban H/T sangat cocok digunakan bagi pengendara yang lebih banyak mobilitas di perkotaan dengan mayoritas permukaan jalan berupa aspal dan cenderung rata. 

Salah satu kelemahan dari tipe ban SUV satu ini adalah ketika harus melalui jalan berkontur tanah. Hal itu bisa membuat ban lebih mudah terperosok lantaran tidak adanya grip yang memadai. 

2. Ban mobil M/T (Mud Terrain) 

Sesuai dengan namanya, ban SUV tipe M/T cocok digunakan pada jalan berlumpur. Ciri khasnya adalah memiliki desain tapak ban yang dibuat besar dengan celah lebar. Biasanya desain tapak berbentuk kotak hingga garis. 

Ban tipe M/T lebih optimal saat melaju di permukaan tanah yang empuk dan mobil bisa melaju mulus baik saat berbelok, akselerasi sampai deselerasi. Karena keunggulannya itu, banyak orang menyebut tipe ban ini dengan istilah "ban pacul". 

Ban M/T sering digunakan untuk kebutuhan tim SAR saat menerobos jalur sungai dan hutan. Aktivitas off road juga cukup stabil jika menggunakan ban tipe ini. Namun, ketika digunakan di jalanan aspal, ban tipe M/T cenderung mengeluarkan suara bising. Kalau berkendara dengan kecepatan tinggi, ban M/T juga mudah licin dan tidak mencengkeram jalan dengan baik. 

3. Ban tipe A/T (All Terrain) 

Tibe ban ini didesain untuk bisa mengakomodir segala kebutuhan dari pengguna. Artinya, ban jenis ini dapat digunakan baik di permukaan aspal atau tanah. 

Desain tapak dan alurnya cenderung lebih dalam dibandingkan ban H/T. Tingkat kebisingan saat digunakan di jalan aspal pun lebih tinggi daripada ban H/T meski masih dalam tahap wajar. 

Untuk kemampuan pengereman dan melintas di atas genangan air, jauh lebih baik ketimbang ban M/T. Sehingga masih bisa digunakan untuk mobilitas sehari-hari. 

Saat melaju di jalanan berbatu atau tanah basah yang padat ban tipe A/T masih bisa diandalkan. Namun kalau bertemu jalan berlumpur, berlubang dan licin, traksi sulit didapatkan dengan tipe ban ini. 

Dari penjelasan di atas, Sahabat sudah tahu mau menentukan ban tipe apa untuk SUV kesayangan? Pastikan pemilihannya sesuai dengan kebutuhan ya! Selain menggunakan tipe ban yang tepat, performa mobil juga akan lebih optimal kalau perawatan ban dilakukan secara berkala, misalnya selalu melakukan spooring dan balancing, mengecek keausan ban hingga memeriksa tekanan angin. 

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rekayasa Lalu Lintas: Pengertian, Manfaat & Jenisnya

2023-01-18

Rekayasa lalu lintas kerap kali dilakukan oleh pihak kepolisian di Indonesia, terutama di waktu akhir, dan awal tahun ataupun mudik lebaran. Meski program tersebut s

thumbnail

Simulasi Kredit Mobil – Baru, Bekas, Syariah dan Harga

2020-10-28

Kredit mobil menjadi salah satu cara untuk memiliki mobil idaman dengan mudah serta tidak memberatkan finansial. Pasalnya, Sahabat hanya perlu menyisihkan sejumlah uang

thumbnail

Efek Negatif Sering Angkat Wiper Saat Mobil Parkir

2022-06-30

Anda salah satu pengguna kendaraan bermotor dengan jenis mobil? Apa Anda tahu bagaimana cara terbaik untuk merawat setiap komponennya? Mengetahui cara merawat setiap kom

thumbnail

3 Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

2020-12-04

Jenis mesin mobil adalah hal yang begitu penting jika berbicara tentang transportasi roda empat ini. Jika hendak mencari mobil terbaik, tentu yang tak luput untuk diperh