Logo Daihatsu
Menu

Mengapa BBM Diesel Rendah Sulfur Bisa Membuat Oli Mesin Lebih Awet?

Otomotif

2022-05-22

BBM Diesel Rendah Sulfur

Semua orang pastinya lebih menyukai kendaraan yang tidak boros bahan bakar. Namun tahukah Anda bahwa bahan bakar dengan rendah sulfur ternyata bisa membuat oli mesin menjadi lebih awet? Memang rendahnya sulfur ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap oli mesin.

Penggunaan BBM diesel rendah sulfur ini juga dirasa lebih bersih, sehingga tidak banyak menimbulkan polusi udara. Bahkan bahan bakar ini juga lebih bagus untuk oli mesin pada kendaraan Anda. Hal ini memang tidak bisa terjadi begitu saja, melainkan terdapat alasan tertentu yang bisa membuat oli mesin menjadi lebih awet.

BBM Diesel Rendah Sulfur Membuat Oli Mesin Awet?

BBM diesel rendah sulfur yang dapat membuat oli mesin awet memanglah menguntungkan bagi penggunanya. Tidak semua BBM memiliki kandungan sulfur yang rendah, masih banyak bahan bakar yang justru mengandung sulfur yang tinggi seperti BBM solar. Tingginya sulfur ini justru memiliki dampak yang cukup buruk untuk mesin diesel.

Akan lebih baik jika menggunakan BBM yang rendah sulfur karena memiliki banyak manfaatnya. BBM rendah sulfur ini bisa membuat oli mesin menjadi lebih awet karena menghasilkan sedikit residu sisa pembakaran. Minimnya deposit pada proses pembakaran mesin inilah yang menyebabkan oli bisa lebih awet.

Nantinya ruang bakar menjadi lebih bersih dibandingkan dengan BBM yang memiliki kandungan sulfur tinggi. Kandungan sulfur yang tinggi dapat membuat ruang bakar cepat kotor. Dengan begitu, sisa residu bisa menempel dan nantinya menjadi kerak atau deposit di dinding silinder mesin.

Kandungan BBM yang tinggi sulfur ini bisa membuat deposit terseret dari gerak naik-turun piston saat mesin sedang bekerja. Akibatnya bisa semakin turun dan dapat bercampur dengan oli mesin. Hal inilah yang menyebabkan oli mesin menjadi lebih mudah kotor.

Kerak yang terdapat pada saluran bahan bakar juga dapat mengganggu kinerja pada mesin kendaraan. Dimulai dengan penurunan tenaga hingga kerusakan yang bahkan bisa semakin parah. Tidak hanya kerusakan pada kendaraan saja, melainkan juga dapat menimbulkan polusi udara saat menggunakan BBM dengan kandungan sulfur yang tinggi ini.

Akan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi saat menggunakan BBM diesel rendah sulfur. Sisa pembakaran yang dihasilkan jauh lebih sedikit tidak akan membuat kerak yang nantinya bisa membuat kotor oli mesin. Alasan inilah yang membuat oli mesin pada kendaraan Anda bisa lebih awet saat menggunakan BBM yang rendah sulfur.

Saat menggunakan BBM dengan sulfur yang rendah ini memang dimaksudkan untuk meminimalisir oli menjadi cepat kotor. Nantinya kualitas oli mesin pada kendaraan Anda bisa tetap terjaga dengan baik fungsinya hingga jangka waktu yang lebih lama. Perbedaan kandungan sulfur inilah yang menjadikan oli mesin lebih cepat kotor dan tidak awet.

BBM rendah rendah sulfur ini memang bisa membuat oli mesin kendaraan Anda menjadi lebih awet. Bahkan bahan bakar yang rendah sulfur ini tidak menimbulkan banyak polusi udara. Selama Anda menggunakan bahan bakar ini, sudah pasti akan mendapatkan banyak manfaatnya. Keuntungan seperti ini tidak akan Anda dapatkan saat menggunakan bahan bakar tinggi sulfur.

Penggunaan bahan bakar memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun lebih baik memilih bahan bakar yang memiliki banyak manfaatnya. Anda bisa mendapatkan informasi dunia otomotif lainnya dengan mudah hanya melalui Daihatsu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah luas wawasan Anda!


Tag

Otomotif

Share This