Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Auto Detailing: dari Tahapan Pengerjaannya hingga Biaya yang Dikeluarkan

Otomotif

2021-05-06

auto detailing

Auto detailing adalah teknik dalam merawat bagian kendaraan. Tidak hanya itu, teknik ini juga kerap kali digunakan untuk mempercantik tampilan kendaraan, baik interior maupun eksteriornya.

Sebagai kendaraan pribadi yang selalu menemani ke mana pun pergi, bahkan hingga ke luar kota dengan durasi bisa puluhan jam, mobil Sahabat tentu saja sudah menerjang berbagai situasi. Mulai dari yang bertebaran di sepanjang jalan, jalanan berlubang, hingga hujan yang membuat body mobil kotor hingga bisa berbaret.

Nah, dikarenakan situasi seperti itu, auto detailing tentu saja diperlukan supaya mobil tetap terlihat cantik dan Sahabat tidak malu-malu banget untuk membawa mobil ke tongkrongan.

Akan tetapi, sebenarnya seperti apa sih auto detailing itu? Langsung saja yuk simak penjelasan berikut supaya lebih mengenal tentang teknik ini lebih jauh lagi!

Apa Bedanya dengan Coating?

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa auto detailing mencakup proses merawat dan mempercantik tampilan kendaraan. Lalu apa bedanya dengan coating mobil? Bukankah coating juga proses untuk mempercantik tampilan mobil?

Benar sekali jika coating merupakan teknik mempercantik tampilan mobil. Namun, proses mempercantik tersebut hanya di bagian luar karena coating adalah memberi lapisan khusus untuk body luar mobil sehingga terlihat lebih mengilap.

Hal tersebut berbeda dengan auto detailing yang mencakup proses perawatan mulai dari interior hingga eksterior. Jadi, bisa dibilang jika coating juga merupakan bagian dari auto detailing ya, Sahabat.

Lebih Baik daripada Salon Mobil

Jika ditanya apa perbedaan auto detailing dengan salon mobil, jawabannya adalah banyak. Hal ini dikarenakan salon mobil hanya melakukan perawatan basic seperti membuat mobil memiliki tampilan lebih kinclong. Sedangkan auto detailing jauh lebih kompleks daripada itu.

Bisa dibilang, lebih baik melakukan auto detailing ya, Sahabat, karena mobil Sahabat bisa dicek hingga ke bagian mesin sebagai perawatan lebih lanjut.

Tahapan Auto Detailing

Sudah dijelaskan bahwa pengerjaan auto detailing sangat kompleks dan menyeluruh. Nah, sebenarnya seperti apa sih tahap pengerjaannya? Bisa nih Sahabat simak 4 tahapan auto detailing berikut sebagai pengetahuan dasar supaya Sahabat lebih paham dan bisa mempertimbangkan ketika ingin melakukan auto detailing pada mobil pribadi.

1. Proses Pembersihan (Cleaning)

Sebelum melakukan perawatan dan mempercantik mobil, tentu saja hal utama yang harus dilakukan adalah membersihkan mobil. Proses mencuci mobil ini menjadi tahap awal untuk membersihkan debu yang menempel di body mobil.

Sahabat bisa melakukan proses cleaning sendiri karena kegiatan ini adalah kegiatan dasar yang bisa dilakukan siapa pun. Namun, jika tidak dilakukan dengan baik bisa merusak body mobil seperti merusak cat hingga memberikan baret loh, Sahabat.

Itulah alasannya tahap cleaning di proses auto detailing dilakukan hingga ke dua upaya selanjutnya, yaitu claying dan paint cleaning. Claying adalah upaya untuk membersihkan debu dan kotoran membandel, sedangkan paint cleaning adalah proses untuk membersihkan body mobil tanpa merusak permukaan cat sehingga tetap mulus.

2. Proses Preparasi (Paint Correction)

Compounding, polishing, hingga glazing merupakan upaya yang bisa dilakukan pada tahap paint correction. Upaya ini dilakukan untuk memperbaiki goresan, baret, dan oksidasi yang menimpa body mobil.

Tahap preparasi ini juga termasuk tahap paling penting sehingga hasil dari auto detailing nantinya menjadi maksimal.

3. Proses Perlindungan (Protection)

Setelah melewati koreksi kerusakan yang terdapat pada body mobil, tahap selanjutnya adalah melakukan perlindungan. Perlindungan ini tidak hanya di bagian eksterior dan interior loh, Sahabat, karena bisa dilakukan hingga ke bagian mesin juga.

Untuk bagian body mobil, di tahap ini adalah penerapan lapisan wax hingga coating sehingga cat dan tubuh mobil lebih terlindungi dibanding sebelumnya. Dengan dilakukan tahap ini, tampilan mobil juga jadi lebih cantik karena terlihat jauh lebih kinclong dan bersih dibanding sebelumnya.

4. Maintenance

Hasil dari Auto detailing biasanya bertahan hingga 12 bulan tergantung produk yang digunakan dan seberapa sering mobil digunakan untuk melintasi jalanan yang berdebu. Umur tersebut tidak serta merta digunakan sebagai patokan melakukan auto detailing selanjutnya.

Setiap tahapannya memiliki umur tersendiri sehingga harus dilakukan perawatan berkala. Tahap yang harus dilakukan secara rajin tentu saja proses pembersihan. Tahap ini bisa dilakukan mandiri di rumah dengan menggunakan alat yang aman dan teknik yang tepat ya.

Biaya yang Dikeluarkan

Tahapan auto detailing yang cukup kompleks membuat teknik ini memakan biaya yang cukup menguras kantong. Namun, hal tersebut tentu saja berbanding lurus dengan hasil yang nantinya Sahabat dapatkan ya.

Berapa biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari jenis dan ukurang mobil, produk yang dipakai, hingga seberapa cantik Sahabat inginkan hasilnya untuk tampilan mobil kesayangan. Semakin bagus produk yang dipakai dan semakin besar ukuran mobil Sahabat, biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Rata-rata, biaya yang dikeluarkan sekitar 3 juta hingga 3,5 juga. Namun, bisa juga Sahabat mendapatkan harga hanya 2 juta jika memang produk yang digunakan cukup murah.

Itulah hal-hal yang Sahabat perlu ketahui mengenai auto detailing. Sahabat bisa gunakan sebagai referensi dan bisa melakukan riset dari informasi pihak lainnya untuk lebih tepatnya, terutama mengenai info auto detailing di kota yang Sahabat tinggali supaya lebih pasti, terutama biaya karena setiap tempat tentu saja berbeda.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Busi Iridium Mobil vs Busi Biasa, Ini Perbedaanya!

2022-09-13

Busi merupakan komponen mobil yang memiliki peran pen

thumbnail

Pilihan Oli Gardan Terbaik untuk Mobil Kesayangan

2020-12-22

Oli gardan merupakan salah satu komponen yang mengatur kecepatan roda saat berbelok. Fungsinya sebagai pelumas pada permukaan kontak gigi gardan dan transmisi agar tetap

thumbnail

Pakai Mobil Diesel? Begini Sistem Bahan Bakar Diesel Bekerja

2020-11-17

Pemilik kendaraan harus memahami bahwa sistem bahan bakar diesel sedikit berbeda dengan mesin bensin, sebab mesin satu ini memerlukan proses injeksi sebelum bahan bakar

thumbnail

Dampak Buruk Merokok di Dalam Mobil bagi Interior

2021-11-10

Merokok adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang perokok dalam kesehariannya, namun bagaimana dampaknya jika Anda merokok dalam mobil?Sebagai seorang perokok aktif, sebaiknya Anda