Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Bagian Dalam Mobil dan Fungsinya Agar Mengemudi Lebih Menyenangkan

Otomotif

2021-01-08

mengenal bagian dalam mobil dan fungsinya

Memiliki kendaraan roda empat merupakan salah satu keuntungan, bila ingin melakukan perjalanan jauh. Sebelum memiliki mobil hendaknya, mengetahui lebih dulu komponen di dalamnya agar dapat dipakai secara maksimal. 

Mengenal bagian dalam mobil dan fungsinya ini sama secara garis besar untuk mobil keluaran terbaru. Yuk cek di bawah ini!

1. Smart Key dan Engine Start Stop

Fungsi satu ini cukup menarik untuk mobil masa kini, karena pengemudi tak perlu memakai kunci bila ingin mengoperasikan kendaraannya. Anda hanya perlu menarik tuas pintu mobil saat akan membuka pintunya. 

Begitu pula saat akan mengunci atau menutup pintu, sehingga penggunaannya lebih praktis. Tak hanya itu, pengemudi mobil juga bisa memanfaatkan tombol Engine Start Stop untuk mengoperasikan mobilnya. 

Anda hanya perlu menekan pedal rem untuk menghidupkan mesin secara otomatis, tetapi fitur ini khusus untuk transmisi otomatis. Sedangkan transmisi manual bisa dengan menekan pedal kopling agar mesin menyala.

2. Airbag

Produsen mobil masa kini melengkapi produknya dengan fitur keselamatan yang mumpuni, di luar sabuk pengaman. Mengenal bagian dalam mobil dan fungsinya satu ini sangat bermanfaat bagi Anda bila terjadi kecelakaan. 

Fungsi utamanya, yaitu mengurangi adanya benturan yang mungkin terjadi di dashboard depan. Sistem kerjanya, airbag akan mengembang bila mobil Anda mengalami benturan keras. 

Hal ini bisa disebabkan oleh mobil yang menabrak sesuatu atau justru kendaraan Anda ditabrak oleh benda lain. Dengan begitu, bagian tubuh manusia yang vital dapat terlindungi agar tidak mengalami cedera parah pasca kecelakaan.

3. ISOFIX

Melakukan perjalanan jauh bagi keluarga kecil jadi momen yang sangat penting, terutama bila mudik. Anda harus menyiapkan segala kebutuhan keluarga, baik bagi orang dewasa maupun anak anak. 

Si kecil yang masih balita harus memakai pengaman tambahan karena belum dapat duduk dengan tegak atau memakai sabuk pengaman.

Mengenal bagian dalam mobil dan fungsinya untuk kesempatan kali ini sangat penting agar buah hati Anda tidak mengalami cedera. Bila Anda memakai car seat, maka dapat dikaitkan dengan sandaran jok penumpang memakai komponen ISOFIX yang tersemat di mobil. Dengan begitu duduk si kecil lebih aman dan terlindungi.

4. ABS, EBD, dan BA

Fitur keselamatan satu ini disematkan di beberapa tipe mobil agar kendaraan tetap dapat dikendalikan sebelum terjadi benturan. ABS menjadi fitur yang sangat berguna agar roda mobil tidak terkunci saat direm mendadak. Dengan begitu, Anda masih bisa menggerakkan kemudi ke kiri atau ke kanan untuk menghindari objek lain.

EBD menjadi fitur yang dibutuhkan untuk mengatur kebutuhan rem setiap ban. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kebutuhan rem yang disesuaikan dengan beban di setiap bagian. 

Selain itu, Anda juga harus mengenal bagian dalam mobil dan fungsinya dari BA. Fitur ini dapat mengoptimalkan rem meskipun Anda menekannya tidak terlalu dalam.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total, Anda Wajib Tahu


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Emisi Gas Buang pada Kendaraan

2021-03-01

Emisi gas buang adalah sisa pembakaran yang terjadi di dalam ruang pembakaran pada kendaraan bermotor. Sisa pembakaran tersebut terdiri dari berbagai zat berbahaya yang

thumbnail

Fungsi Kunci Ring & Pas Beda, lho! Ini Cara Menggunakannya

2022-09-14

Ketika sedang ingin memperbaiki mobil, misalnya memasang atau membongkar salah satu komponen mobil,

thumbnail

Begini Cara Kerja Sistem Kelistrikan Mobil Diesel

2020-12-03

Bicara soal mobil diesel, tentu memiliki sistem kelistrikan yang berbeda dengan mobil bensin. Sistem

thumbnail

Setir Mobil Terasa Berat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2023-02-16

Saat ini banyak pabrikan mobil yang sudah menggunakan