Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Komponen dan Fungsi Sistem Kontrol Emisi Gas Buang

Otomotif

2021-03-01

emisi gas

Sebagian besar dari kita mungkin masih belum begitu paham tentang fungsi dari sistem kontrol emisi gas buang. Secara garis besar, fungsi utama dari sistem ini adalah membuang gas hasil pembakaran. Namun, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai fungsi kontrol emisi gas buang, kali ini kita akan membahas emisi gas buang mobil terlebih dahulu.

Emisi gas buang merupakan sisa pembakaran yang terjadi di mesin pembakaran alias internal combustion engine. Dikeluarkan melalui knalpot, emisi gas buang ini punya sejumlah unsur kimia, seperti air, karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, dan hidrokarbon.

Dalam beberapa senyawa tersebut, terdapat karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, dan hidrokarbon jadi senyawa yang mencemari lingkungan. Nah, di Indonesia, ada ada dua senyawa yang menjadi fokus dalam pengujian emisi gas buang, yakni karbon monoksida dan hidrokarbon yang dinilai berbahaya dan bisa memicu penyakit.

Fungsi Sistem Kontrol Emisi Gas Buang

Emisi gas buang dikeluarkan oleh knalpot yang tersusun oleh beberapa komponen utama, yaitu exhaust manifold atau yang lebih dikenal dengan header, pipa gas buang atau exhaust pipe, catalytic converter, resonator, muffler, dan muffler tip.

Nah, dari komponen-komponen tersebut punya fungsi dan perannya masing-masing. Header merupakan komponen ini bertugas untuk mengumpulkan gas buang dari semua ruang bakar dan mengalirkannya ke pipa gas buang.

Sedangkan catalytic converter berguna untuk mengurangi jumlah karbon monoksida, hidrokarbon, dan nitrogen oksida yang terkandung pada gas buang. Sementara resonator berfungsi untuk meredam suara ledakan gas buang dan membuat back pressure.

Jadi, bagaimana sistem emisi gas buang berfungsi pada sebuah kendaraan? Fungsi sistem kontrol emisi gas buang adalah memastikan hasil pembakaran yang dikeluarkan dari sebuah kendaraan disalurkan dengan baik dengan gas buang yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Tips Merawat Knalpot Mobil

Setelah mengetahui pentingnya tugas dan fungsi dari komponen-komponen yang ada pada sistem kontrol emisi gas buang, yuk, ketahui juga tentang cara merawatnya.

Tak hanya berguna untuk mengontrol emisi gas buang, nyatanya knalpot juga mampu membuat tampilan makin keren serta menambah performa kendaraan berkat pembuangan yang sempurna. Nah, inilah cara merawat knalpot mobil yang perlu sahabat tahu.

Pemberian Oli

Oli berfungsi untuk membuat kondisi silencer tetap basah sehingga karat tidak akan muncul. Berikan oli ke dalam lubang knalpot saat knalpot dalam kondisi panas. Sahabat bisa memanaskan mobil terlebih dahulu dan berikan sekitar 500 ml.

Cek Drainase Knalpot

Tips berikutnya yang bisa sahabat lakukan adalah memeriksa drainase secara rutin. Perlu sahabat ketahui, lubang drainase ini berguna untuk menampung air yang masuk ke dalam silencer agar tidak tergenang.

Nah, pengecekan ini berfungsi untuk memastikan jika drainase tidak tersumbat. Caranya juga terbilang mudah, sahabat cukup memasukkan lidi ke dalamnya. Jika terasa tidak ada hambatan, berarti drainase berfungsi dengan maksimal.

Segera Keringkan Knalpot

Segera keringkan knalpot setelah mobil sahabat melewati genangan air atau mengemudi saat hujan. Jika tidak segera dikeringkan, knalpot akan lebih mudah menjadi keropos terkena air hujan. Setelah dikeringkan pada bagian luarnya, sahabat juga harus mengeringkan bagian dalam dengan memanaskan mesin mobil tersebut.

Amplas Knalpot

Jika knalpot sudah terlanjur terkena karat, hilangkan karat tersebut dengan menggunakan amplas. Sahabat bisa menyemprotkan cairan penghilang karat pada knalpot mobil tersebut lalu gosok dengan menggunakan amplas. Cairan ini tidak boleh terlalu sering digunakan karena sifatnya yang korosif dan bisa mengikis lapisan knalpot.

Nah, itulah hal-hal yang perlu sahabat perhatikan untuk menjaga fungsi sistem kontrol emisi gas buang tetap berfungsi optimal. Jadi, selalu lakukan perawatan secara teratur, ya!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Buat Body Kit dari Paralon

2020-12-03

Body kit pada mobil bisa dibuat dari bahan apa saja, termasuk dari paralon alias PVC. Jika Sahabat tertarik untuk membuat body kit dari bahan tersebut, mengetahui cara buat body kit dari paralon ad

thumbnail

Daftar Ukuran Diameter Piston Mobil Terlengkap

2022-08-09

Mengetahui ukuran piston mobil pada saat ini sangatlah penting apalagi ketika Anda ingin melakukan penggantian komponen ini.Banyaknya piston yang beredar di pasaran terkadang membuat seseora

thumbnail

GPS Tercanggih untuk Mobil Kesayangan Sahabat

2020-11-17

GPS tercanggih adalah alat paling manjur untuk mobil Sahabat. Terutama, dalam menemukan rute jalan yang hendak dituju, atau untuk kepentingan navigasi lainnya.

thumbnail

Cara Mudah Pasang Antena Sirip Hiu pada Mobil, Yuk Praktikkan!

2023-05-17

Keberadaan antena di mobil terbilang cukup menarik perhatian, karena dapat menghadirkan kesan menarik dan nyentrik salah satunya sirip hiu. Cara pasang antena sirip