Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Ignition Coil dan Cara Kerjanya pada Mobil

Otomotif

2021-01-14

fungsi ignition coil

Dalam melakukan kerjanya, biasanya komponen engine dalam kendaraan roda empat khususnya bermesin bensin memerlukan sistem pengapian. Adanya percikan api yang dimunculkan oleh sistem pengapian ini berguna menghidupkan engine. 

Sistem pengapian yang dimaksud adalah ignition coil. Agar Anda bisa mengenal fungsi ignition coil lebih dekat, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Ignition Coil

Menjadi salah satu komponen dalam sistem pengapian kendaran roda empat, ignition coil memang memegang peranan penting khususnya pada mobil bermesin bensin. 

Pasalnya, mesin bensin membutuhkan adanya percikan api yang berasal dari busi guna engine bisa dinyalakan dan bekerja secara normal. Anda tidak akan menjumpai ignition coil pada kendaraan bermesin diesel.

Hal ini dikarenakan, mesin diesel memiliki sistem self combustion yang mampu menghidupkan dan menjalankan kendaraan sebagaimana mestinya. Fungsi dari ignition coil sendiri yakni untuk menaikkan tegangan aki atau baterai dari 12 volt hingga menjadi 25.000 volt. Kenaikan tegangan tersebut kerap kali dimanfaatkan sebagai tenaga hasil induksi elektromagnetik.

Bahkan berkat fungsi ignition coil berupa tegangan tinggi yang mampu membuat percikan bunga api pada busi yang berada dalam ruang bakar. 

Dalam ignition coil sendiri sudah terdapat kumparan primer dan kumparan sekunder untuk membantu dalam menghasilkan tegangan tinggi melalui induksi elektromagnetik.

Baca Juga: Tidak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Cek Koil Mobil Injeksi Sendiri

Cara Kerja Ignition Coil

Perlu Anda ketahui, bahwa kumparan yang terdapat di ignition coil ini berupa lilitan kawat tembaga yang mampu menghasilkan medan magnet bila dialiri tegangan dan arus listrik. 

Besarnya medan magnet yang dihasilkan tersebut tergantung pada jumlah lilitan yang dimiliki, besar diameter kawat, besar tegangan, serta arus yang mengalir pada kumparannya.

Semakin besar jumlah lilitan yang dimiliki dan arus yang mengalir pada ignition coil, maka medan magnet yang dihasilkan pun akan semakin besar. 

Berkat fungsi ignition coil yang penting inilah, mampu membuat engine bisa dialiri listrik dalam jumlah besar.Saat medan magnet yang ada tersebut disejajarkan dengan kumparan lainnya, maka akan terjadi induksi elektromagnetik yang kedua.

Namun, induksi elektromagnetik yang terjadi tersebut tidak memberikan efek untuk memunculkan electromotive force atau gaya gerak listrik di masing masing kumparannya. 

Hal ini pun termasuk pula pada kumparan sekunder yang memiliki fungsi guna menciptakan tegangan tinggi pada baterai atau aki hingga mencapai 25.000 volt.

Electromotive force ini terjadi bila tegangan tinggi muncul pada kumparan sekunder sehingga membuat kumparan primer kehilangan aliran secara tiba tiba. Untuk itu, di sistem pengapian terdapat sebuah komponen yang sengaja dipasang bernama contact point atau platina. Dimana bagian tersebut berfungsi guna memutus arus listrik pada kumparan primer.

Ketika contact point menjalankan tugasnya, maka induksi elektromagnetik pada kumparan primer akan hilang secara tiba tiba. Hal ini tentunya mempengaruhi kumparan sekunder dan menghasilkan electromotive force dengan tegangan mencapai 25.000 volt dalam sekejap. Fungsi ignition coil inilah menghasilkan percikan bunga api guna menggerakkan engine.

Dapat disimpulkan bahwa keberadaan ignition coil begitu penting terutama pada kendaraan roda empat bermesin bensin. Tidak bisa dibayangkan bila komponen satu ini tidak ada pada kendaraan kesayangan, pastinya engine yang terdapat didalamnya tidak bisa digerakkan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Mengulik Cara Kerja Sistem Bahan Bakar EFI yang Wajib Anda Ketahui!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Rekomendasi Wiper Mobil yang Bagus

2021-01-05

Wiper mobil adalah alat pembersih atau penyapu air yang terletak di kaca bagian depan dan belakang. Fungsi dari alat ini untuk menjaga jarak pandang dari terpaan air saa

thumbnail

7 Tips Aman Parkir Mobil di Rumah untuk Menjaga Bodi dan Mesin

2021-02-08

Memarkirkan kendaraan di rumah menjadi rutinitas yang sederhana, tapi bisa merugikan jika ada hal-hal kecil yang terlupakan. Biasanya, ada beberapa hal yang membuat mobi

thumbnail

Cara Mengetahui Usia Ban Mobil

2022-01-30

Ban adalah komponen penting pada sebuah kendaraan yang langsung menempel ke jalanan. Tanpa ban, kendaraan tidak mungkin bisa melaju dan berpindah tempat. Namun tahukah Anda, bagaimana cara mengecek

thumbnail

Sudah Tahu Fungsi Intake Manifold Mobil

2020-12-07

Mobil termasuk moda transportasi pribadi yang banyak diminati masyarakat. Sayangnya beberapa diantaranya tidak memahami betul setiap komponen yang ada di dalam mesin ken