Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Sistem Tata Surya dan Nama-nama Planet di Dalamnya

Family

2021-02-08

sistem tata surya

Jika melihat ke langit di malam hari, sahabat akan menemukan banyak bintang yang berkelap-kelip. Kalau melihat ke langit, banyak orang yang hanya mengenal matahari, bulan, dan bintang. Namun, sebenarnya ada berbagai macam benda langit yang memiliki ciri dan karakteristik berbeda-beda.

Meski sama-sama memancarkan sinar, ternyata tidak semua cahaya berkelap-kelip di langit malam itu bintang, loh. Sistem tata surya merupakan sebutan untuk kumpulan benda langit yang mengelilingi matahari. Yuk, simak terus untuk mengetahui lebih lengkap mengenai benda langit yang ada di sistem tata surya.

Objek Pembentuk Tata Surya

Seperti disebutkan sebelumnya, langit bukan hanya terdiri dari bulan dan bintang saja, masih banyak objek pembentuk tata surya yang bisa diketahui. Setiap benda langit juga memiliki karakter yang menjadi pembeda meskipun ada yang terlihat sama. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa objek pembentuk tata surya.

Bintang

Sebagai salah satu benda langit yang paling terlihat jelas secara kasat mata, bintang memiliki kemampuan untuk memancarkan cahayanya sendiri. Apakah sahabat tahu bahwa matahari termasuk salah satu bintang karena bisa memancarkan cahaya sendiri.

Tak hanya itu, matahari juga memiliki massa terbesar daripada bintang lain di sistem tata surya. Oleh karena itu, matahari memiliki gravitasi yang berpengaruh pada benda langit lainnya. Semua benda langit beredar pada lintasan tertentu akibat gravitasi matahari.

Planet

Nah, planet adalah salah satu benda langit tempat tinggal kita. Planet memiliki massa dan gravitasi yang cukup untuk membentuk struktur bulat dengan lintasan orbit yang tidak dilalui oleh benda langit lainnya. Tadinya, jumlah planet dalam sistem tata surya ada sembilan sebelum Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet karena orbitnya tidak bersih.

Namun, sembilan planet yang terdapat di dalam sistem tata surya ini juga dipelajari sebagai benda langit yang penting. Nanti karakteristik planet juga akan dibahas pada artikel ini, ya.

Satelit

Kalau selama ini benda langit yang populer dikenal bercahaya adalah bulan dan matahari, sudah tahukah bahwa bulan adalah satelit bumi? Ya, setiap planet memiliki satelit yang mengitarinya. Planet juga dibedakan menjadi satelit alami dan buatan. Nah, bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh Bumi dan memantulkan sinar dari matahari.

Semua satelit bergerak mengelilingi matahari bersama dengan planet yang diputarinya. Sementara itu, satelit juga berputar pada porosnya sendiri dan mengitari planet yang diiringinya.

Asteroid

Berbeda dengan benda-benda langit sebelumnya, asteroid merupakan benda berbatu kecil yang ukurannya juga lebih kecil daripada planet. Pada sistem tata surya, lintasan asteroid terletak di antara planet Mars dan Jupiter dan dikenal dengan sebutan sabuk asteroid. Asteroid juga disebut planet minor dan mengorbit pada matahari.

Komet

Nah, benda langit ini juga terdiri atas sejumlah partikel-partikel batuan, kristal, es, dan gas. Komet terdiri atas tiga bagian yaitu inti, koma, dan ekor. Karena itu, banyak orang yang menyebut komet sebagai bintang berekor. Hal ini disebabkan oleh bentuk komet yang bercahaya saat muncul di langit malam.

Meteoroid

Sebutan untuk benda langit ini mungkin paling sering tertukar dengan meteorit dan meteor. Namun, ketiga jenis benda langit ini sesungguhnya berbeda. Meteoroid adalah batuan kecil atau puing yang berada di dalam sistem tata surya. Ukuran meteoroid bahkan bisa sangat mikro seperti debu.

Bagaimana dengan meteor? Meteor adalah meteoroid yang terbakar saat melewati atmosfer planet Bumi dan terlihat seperti cahaya bintang jatuh. Saat berhasil melewati atmosfer dan jatuh ke permukaan Bumi, meteoroid dikenal dengan sebutan meteorit.

Planet di Sistem Tata Surya Beserta Karakteristiknya

Dalam ilmu astronomi, planet menjadi salah satu benda langit yang secara karakteristik memiliki ukuran cukup besar. Dengan karakteristiknya yang beragam, planet dipelajari sebagai ilmu pengetahuan umum.

Setiap planet memiliki kala rotasi dan revolusi yang berbeda-beda. Rotasi merupakan perputaran planet yang berputar pada porosnya masing-masing. Sementara itu, revolusi merupakan gerakan planet atau satelit yang berputar mengelilingi matahari. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap tentang planet, yuk simak ulasan singkat tentang planet.

Merkurius

Planet Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Nama planet ini diambil dari nama utusan bangsa Romawi pada para dewa. Setelah Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet di dalam sistem tata surya, Merkurius menjadi planet yang ukurannya paling kecil. Merkurius memiliki kala rotasi 59 hari dan kala revolusi 88 hari.

Venus

Venus merupakan benda langit yang bisa dilihat secara kasat mata dan sering dianggap seperti bulan. Planet ini memiliki sebutan bintang fajar atau bintang senja karena kemunculannya terlihat jelas sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam. Kala rotasi Venus adalah 243 hari dengan arah berlawanan dengan jarum jam.

Bumi

Nah, kalau planet satu ini adalah planet tempat tinggal manusia. Bumi memiliki kemampuan untuk mendaur ulang komposisi planetnya secara konstan dan dinamis. Bumi berotasi selama 24 jam yang menyebabkan perbedaan zona waktu, sedangkan kala revolusinya adalah 365 – 366 hari.

Mars

Planet Mars menjadi salah satu planet yang juga dianggap mampu menyokong kehidupan makhluk hidup. Hal ini dipicu oleh temuan air yang dilakukan oleh Lembaga Antariksa Amerika Serikat saat berada di planet Mars. Rotasi mars hanya 4,6 jam dengan kala revolusinya 687 hari.

Jupiter

Planet di urutan kelima ini juga cukup terkenal karena ukurannya paling besar dibandingkan dengan planet lainnya. Jika diibaratkan, Jupiter berukuran dua kali lebih besar dari kumpulan seluruh planet di dalam sistem tata surya. Kala rotasi Jupiter hanya sekitar 10 jam dengan kala revolusi 11 tahun 315 hari.

Saturnus

Sebagai planet terbesar kedua, Saturnus juga memiliki cincin yang mengitarinya. Sebagian besar komposisi planet Saturnus merupakan gas dan cairan dengan kerapatan rendah. Kala rotasinya 10 jam 20 menit, sedangkan kala revolusinya 29 tahun 5 bulan. Saturnus memiliki satelit alami yang dikenal sebagai satelit Titan.

Uranus

Uranus memiliki warna kebiru-biruan dan ditemukan oleh Wilhelm Herschell pada 1781. Planet ini memiliki kerapatan yang paling rendah kedua setelah planet Saturnus. Kala rotasi Uranus adalah 17 jam, sedangkan kala revolusinya 84 tahun.

Neptunus

Nah, planet kedelapan ini adalah planet terakhir yang berada di urutan sistem tata surya. Karakteristik Neptunus mirip dengan Uranus, terutama dari karakteristik warnanya. Karena itulah, kedua planet ini juga sering disebut sebagai planet kembar. Ukuran Neptunus 17 kali lebih besar dibandingkan planet Bumi. Kala rotasinya 16,1 jam dan kala revolusinya 164 tahun 9 bulan.

Jadi, itulah berbagai fakta yang perlu sahabat ketahui tentang sistem tata surya dan benda langit yang berada di dalamnya. Bukan hanya bulan, bintang, dan matahari, tapi ada berbagai benda langit lain yang bisa sahabat kenali sebagai bagian dari sistem tata surya.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Makan Sehat untuk Anak yang Bisa Diterapkan di Rumah

2021-02-11

Agar anak terbiasa makan sehat di rumah, Sahabat mesti menerapkan tips makan sehat untuk anak. Selain bikin anak terbiasa

thumbnail

Karakter Orang Sunda

2021-04-14

Karakter merupakan ciri-ciri atau sifat dalam ranah batin yang bisa menentukan pikiran, perilaku, akhlak, dan tabiat seseorang. Untuk memahami sebuah karakter, Sahabat t

thumbnail

Cara Membuat KTP Saat Corona

2020-11-21

KTP saat ini dibutuhkan oleh banyak orang untuk mengurus administrasi apapun. Bahkan untuk naik kereta api saja butuh KTP. Orang yang tidak punya KTP akan kesulitan untuk melakukan banyak aktivitas

thumbnail

Manfaat Makan Ikan Salmon

2021-03-17

Ikan salmon adalah ikan yang hidup dengan cara unik, dia lahir di perairan tawar, lalu menuju perairan asin (laut), dan kembali lagi ke perairan tawar untuk berkembang b