Tips Sahabat

Mengulas Sistem Pengapian Mobil dan Cara Melakukannya

09 April 2025
Pengertian sistem pengapian mobil dan cara melakukannya

Sistem pengapian merupakan sebuah rangkaian mekatronika yang dibuat berdasarkan tujuan untuk membangun percikan api busi pada waktu tertentu. Percikan api pada mesin mobil berfungsi sebagai salah satu komponen yang membuat mesin dapat menyala. Untuk lebih jelasnya, mari simak pengertian sistem pengapian mobil dan cara melakukannya berikut ini.

Pengertian Komponen Sistem Pengapian Mobil

Sistem pengapian didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang bertugas untuk memicu percikan api pada mesin. Sistem ini menjadi sebuah kebutuhan krusial yang harus ada pada setiap mesin bensin konvensional serta injeksi. 

Pada mesin konvensional, sistem pengapian berfungsi untuk memercikan api yang mampu meledakkan bahan bakar mesin mobil.

Ledakan yang dihasilkan mampu mendorong komponen piston dalam ruang bakar dengan kuat dan cepat. Perlu Anda ketahui, tanpa adanya sistem ini mobil tidak akan bisa hidup meski memiliki bahan bakar yang penuh. Dikarenakan sistem ini ikut andil dalam penghidupan mesin, maka performa sistem pengapian ini harus tetap terjaga.

Berbicara mengenai sistem pengapian konvensional, sistem ini merupakan jenis pengapian yang menggunakan platina, distributor, koil pengapian, hingga busi untuk memercikan api dengan tegangan tinggi. 

Sebelum campuran bahan bakar mencapai TMA, urutan sistem pengapian mobil ini sudah lebih dulu meledakkan campuran bahan bakar dan oksigen yang ada dalam ruang bakar.

Cara Kerja Sistem Pengapian

Seperti yang sudah dijelaskan, sistem pengapian bertugas untuk memercikan api untuk mendorong bahan bakar ketika mesin dihidupkan. Percikan api ini dapat terbentuk karena ada sulutan energi listrik bertegangan tinggi yang melewati elektroda busi. Tegangan listrik yang dibuat mencapai angka 30.000 V DC dengan celah 0,88 mm dalam elektroda busi.

Keberadaan celah pada elektroda busi dapat menimbulkan lompatan elektron yang nantinya akan menjadi cikal bakal terbentuknya percikan api. Namun, perlu Anda ketahui percikan tersebut hanya dibutuhkan ketika mobil akan digunakan saja. Jika mesin tidak digunakan, maka rangkaian pemutus arus akan mengatur percikan api sehingga busi tidak menyala selamanya.

Cara kerja sistem pengapian sendiri dimulai ketika Anda memutar kontak ke posisi ON. Pada posisi tersebut, komponen ignition relay dan main relay akan mulai aktif sehingga memunculkan aliran arus listrik yang dihasilkan dari baterai. Arus listrik tersebut kemudian mengalir dan melewati bagian ballast resistor menuju ignition coil

Pada bagian tersebut Anda akan menemukan kumparan primer dan sekunder. Kedua kumparan ini memiliki input yang dapat mengaliri arus listrik. Namun, kedua komponen ini memiliki output yang berbeda satu sama lain. 

Kumparan primer memiliki output yang cenderung mengarah pada rangkaian pemutus arus. Sedangkan kumparan sekunder lebih mengarah ke bagian komponen busi pada mobil.

Arus listrik yang mengalir pada rangkaian sistem pengapian tidak akan memiliki perubahan. Pasalnya, tegangan pada coil tidak akan berubah jika belum ada pergerakan pada bagian pemutus arus. 

Kondisi demikian membuat busi tak bisa menyala ketika flywheel belum berputar. Akibat aliran listrik yang melewati primer koil, bagian inti coil menjadi magnet bahan bakar.

Urutan sistem pengapian mobil yang bukan konvensional, akan bekerja pada saat bagian flywheel diputar oleh sistem starter. Ketika mesin mulai berputar, rangkaian ini juga akan ikut berputar mengikuti RPM mesin. 

Ketika platina terbuka, arus listrik yang melewati primer koil terputus. Meski aliran terputus, bagian inti akan memercikan api pada busi. 

Sistem pengapian transistor sering disebut semi elektronik. Sistem ini tak lagi menggunakan platina, melainkan menggunakan transistor. Untuk prinsip kerja transistor hampir sama dengan pengapian jenis konvensional. Ketika kunci kontak posisi ON maka arus dari baterai akan mengalir ke ignition dan output coil transistor.

Urutan Sistem Pengapian Mobil

Urutan pengapian merupakan tahapan pengaliran arus pada komponen busi di akhir kompresi. Urutan ini sudah terlebih dahulu dirancang dan disesuaikan dengan komponen silinder engine yang ada pada bagian inti mesin mobil. Tahapan sistem pengapian pada mobil ini dituangkan ke dalam bentuk penomoran yang bervariasi.      

Urutan sistem pengapian mobil melalui penomoran silinder pada komponen engine dimulai dari depan. Namun saat ini, urutan tersebut telah berubah dan disesuaikan dengan variasi pada engine jenis V. Urutan pengapian pada mesin 4 silinder, diperoleh angka 1 – 3 – 4 – 2 atau 1 – 2 – 4 – 3. Sedangkan pada mesin engine 6 silinder diperoleh 1 – 5 – 3 – 6 – 2 – 4. 

Sistem pengapian merupakan salah satu bentuk sistem yang memiliki konstruksi paling dasar. Jika dilihat pada prinsipnya, api dihasilkan akibat reaksi dari tiga unsur seperti bahan bakar, oksigen, dan panas. Dengan adanya sistem inilah mobil dapat dihidupkan dan dikendarai. Perlu Anda ketahui, komponen ini sangatlah krusial. Untuk itu selalu berikan perawatan intens.

Baca Juga: Tanda Platina Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

Tips Sahabat Lainnya
daihatsu ceria
Daihatsu Ceria : Sejarah, Spesifikasi, Harga, dan Fitur-Fiturnya
Mobil Daihatsu Ceria bekas saat ini masih dicari oleh banyak orang. Mobil lawas dari Daihatsu ini pernah menjadi primadona pada masanya sebagai city car yang nyaman untuk berkendara di jalan
Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2025 Online dan Offline
Ketahui Syarat Perpanjang SIM Online dan Offline 2025
SIM yang masih berlaku adalah syarat bagi pengemudi yang berkendara di jalan raya. Jika tidak memiliki SIM aktif, Anda bisa berpotensi terkena tilang saat terjadi razia di jalan raya. Maka dari itu, j
Jadwal Ganjil Genap Jakarta Hari Ini: Jam, Jalur & Peraturan Terbaru
Jadwal Ganjil Genap Jakarta Minggu Ini: Jam, Ruas Jalan, saat Long Weekend
Sistem ganjil genap Jakarta sudah ada sejak 2016 dan sampai saat ini tetap berlaku. Penerapan ganjil genap bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta. Aturan ini terbukti efektif karen
daihatsu zebra
Mengenal Daihatsu Zebra, Sejarah, Spesifikasi, Kelebihan, Harga, dan Cara Menghitung Pajaknya
Daihatsu Zebra merupakan mobil legendaris yang menjadi idaman pada masanya. Mobil tipe minibus ini pertama kali masuk ke Indonesia di era 90an. Daihatsu Zebra kala itu dikenal sebagai mobil yang ideal
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami