Logo Daihatsu
Menu

Menu MPASI Dini dan Syaratnya

Family

2021-03-12

mpasi dini

Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan yang diberikan ketika bayi sudah berumur 6 bulan untuk menyokong kebutuhan nutrisi bayi yang mulai kompleks. Umur 6 bulan adalah umur yang ideal MPASI diberikan. Namun untuk beberapa kasus, MPASI diberikan secara dini. Salah satunya adalah karena berat badan bayi terlalu kecil dan di bawah grafik pertumbuhan bayi normal.

Syarat MPASI Dini

Standar pemberian MPASI di dunia adalah 6 bulan. Namun, ada juga beberapa negara yang memulai MPASI di usia 5 bulan, salah satunya adalah negara Jepang. Hal ini tidak masalah asalkan memperhatikan beberapa syarat MPASI dini. Adapun syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter anak. Biasanya dokter membolehkan pemberian MPASI dini jika bayi memiliki berat badang yang sangat kurang di bawah grafik pertumbuhan normal.
  2. Bayi sudah siap untuk diberikan MPASI. Hal ini bisa ditandai dengan lehernya yang sudah kuat dan bisa dikontrol dengan baik.
  3. Bayi tidak mual dan bisa menelan makanan yang lebih kental teksturnya dari ASI.
  4. Bayi sangat tertarik dengan makanan.
  5. Pemberian MPASI harus dengan tekstur yang lembut dan encer. MPASI juga berupa satu macam bahan saja.

Dengan mengetahui syarat MPASI dini tersebut, kira-kira apa saja sih menu MPASI dini yang bisa Sahabat buat?

Menu MPASI Dini

Menu MPASI dini yang bisa Sahabat buat dan direkomendasikan oleh dokter adalah buah-buahan, bubur instan, daging, atau tepung beras yang dimasak. Semua menu tersebut dibuat dalam bentuk puree maupun sereal.

Berikut ini adalah beberapa macam ide menu MPASI dini yang bisa Sahabat buat.

  1. Puree buah, misal: apel, pisang, mangga, alpukat.
  2. Puree sayuran, misal: ubi, wortel, kentang, kacang hijau, labu, brokoli.
  3. Puree daging, misal: daging ayam atau daging sapi.
  4. Sereal yang telah difortifikasi dengan zat besi.
  5. Yoghurt tawar dengan jumlah yang sedikit.

Cara Membuat MPASI Dini Puree Pisang

Untuk membuat MPASI dini cukup mudah. Bahan yang perlu disiapkan adalah pisar 1 biji berukuran kecil, air, ASI. Sahabat juga bisa menggantikan ASI dengan susu formula.

Setelah bahan sudah terkumpul, yang pertama dilakukan adalah mengupas pisang dan memotongnya kecil-kecil. Kemudian pisang lembutkan dengan menggunakan garpu atau sendok. Lebih mudah jika kamu menggunakan blender.

Setelah pisang sudah lembut, tambahkan ASI atau susu formula dan air. Kemudian aduk hingga rata. Komposisi air atau ASI bisa disesuaikan dengan umur bayi. Untuk awal-awal, buat tekstur agak encer agar bayi lebih mudah mencernanya.

Sajikan puree pisang tersebut dan berikan ke bayi selagi segar.

Cara Membuat MPASI Dini Puree Daging

Sahabat bisa mengombinasikan menu MPASI dini dengan menu puree lainnya. Salah satunya adalah puree daging.

Siapkan daging sedikit saja, sekitar 50 gram. Cuci daging dan cincang hingga kecil-kecil. Masak daging hingga matang. Sahabat bisa memasaknya dengan slow cooker atau memasak dengan panci biasa.

Jika daging sudah matang, lembutkan daging dengan blender. Tambahkan sedikit kaldu, air, dan ASI perah. Campur hingga merata. Sahabat bisa mengatur kekentalan puree dengan mengatur kadar air atau ASI perahnya.

Menu MPASI Dini Lengkap

Info terkini untuk MPASI dini boleh menggunakan menu lengkap. Sahabat bisa mencampur daging, sayur, dan nasi yang dihaluskan untuk diberikan pada bayi. Alasan pemberian menu lengkap ini adalah agar bayi bisa mendapatkan berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, lemak, dan lainnya dalam sekali pemberian MPASI.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tanaman Apotik Hidup Di Rumah yang Wajib Anda Miliki dan Ketahui Manfaatnya

2021-08-08

Pernahkah Anda mempelajari tentang tanaman apotik hidup selama bersekolah dulu? Jika pernah, tentu Anda tahu bahwa keberadaan tanaman apotik hidup di rumah sangatlah pen

thumbnail

Ingin Membuat Ruang Belajar yang Nyaman? Ikuti Saja Tips-Tips Ini!

2021-05-18

Ruang belajar yang nyaman mutlak dimiliki. Apalagi, di saat anak-anak Sahabat mesti belajar di rumah. Ruang belajar yang nyaman akan membuat anak-anak makin nyaman dan f

thumbnail

Deretan Smartwatch Anak Murah dan Terbaik

2021-01-12

Smartwatch anak terbaik merupakan gadget yang sedang digandrungi oleh anak kecil saat ini. Beberapa anak bahkan merengek dan meminta orang tua mereka untuk membelikannya

thumbnail

Manfaat Sekolah Khusus Anak Bermasalah

2021-01-12

Sekolah khusus anak bermasalah adalah sekolah yang khusus dibuat untuk mengubah anak yang bermasalah menjadi anak yang baik. Biasanya anak bermasalah ini kompleks penyeb