Logo Daihatsu
Menu

Menyetir Saat Hamil? Boleh Kok, Berikut Tips-Tipsnya

Otomotif

2021-08-31

ibu hamil menyetir

Bepergian dan berkendara merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bahkan beberapa ibu hamil ada yang masih mengendarai mobil. Sebenarnya sah-sah saja dilakukan, asalkan tetap waspada dan hati-hati. Disini kami siapkan beberapa tips menyetir mobil saat hamil yang patut dicoba.

Menyetir mobil tidak bisa dilakukan asal-asalan terutama saat hamil. Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil lebih berisiko dan rentan mengalami kecelakaan ketimbang saat tak hamil. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kenyamanan bergerak dan manuver mobil yang perlu disesuaikan agar tak mengganggu kehamilan.

Berikut Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hamil

Ibu hamil dapat berkendara sepanjang merasa nyaman dan leluasa bergerak saat sedang menyetir. Perlu Anda ketahui, meski kuat berkendara namun kehamilan dapat membuat kondisi ibu hamil mudah lelah dan mudah mengalami kantuk berlebih. 

Hal ini tentunya juga tergantung pada kondisi fisik masing-masing. Untuk meningkatkan kenyaman dan keselamatan berkendara, berikut tips menyetir mobil saat hamil yang perlu Anda ketahui :

1. Siapkan cemilan sehat dan air minum cukup

Saat berkendara terlalu lama, terkadang ibu hamil mudah merasa lapar sehingga perlu membawa camilan sehat. Sediakan camilan baik untuk kesehatan pencernaan dan sang buah hati. 

Persiapkan juga air minum yang cukup untuk perjalanan Anda. Jangan sampai dehidrasi karena dapat berakibat buruk bagi ibu hamil.

2. Pastikan dalam kondisi fit dan ada pendamping

Sebelum menyetir, pastikan Anda dalam kondisi fit dan tidak sedang sakit. Sebisa mungkin untuk meminimalisir perjalanan yang mengharuskan menyetir mobil. 

Usahakan juga ada orang lain yang turut mendampingin Anda saat berkendara. Jadi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ada yang dapat segera menolong Anda dan mengabari keluarga.

3. Perhatikan posisi menyetir

Bagi ibu hamil yang menyetir, hindari posisi tubuh yang terlalu maju saat duduk. Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat memundurkan posisi kursi sampai dapat bergerak lebih leluasa.

Saat berkendara, perhatikan juga jarak duduk antara perut dan setir yang aman yaitu minimal 25 cm. Selain itu sejajarkan posisi duduk Anda dengan setir mobil dengan tulang dada dan tidak mengarah ke bagian perut.

4. Wajib gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman harus digunkaan oleh setiap pengendara mobil terutama ibu hamil. Tetapi perhatikan pula posisi sabuk pengaman Anda.

Posisi sabuk pengaman yang benar yaitu pada bagian atas tulang selangka, yakni antara lengan atas dan leher. Hindari memasang sabuk pengaman persis di bagian perut Anda.

5. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat berisiko yang bisa menyebabkan sakit punggung dan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Usahakan untuk tidak melakukan perjalanan jauh selama berjam-jam, untuk kenyamanan dan kesehatan Anda.

Apabila telah sampai ketujuan, ibu hamil disarankan untuk berjalan-jalan santai sekitar 1 menit untuk melemaskan kaki yang tegang terlebih jika sudah memasuki trimester ketiga keatas.

6. Siapkan ganjalan bantal

Terkadang posisi duduk yang konstan dapat menyebabkan nyeri punggung. Terlebih jika perjalanan agak panjang tentunya terasa tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mempersiapak bantal ataupun ganjalan empuk lainnya sebelum perjalanan. Lalu gunakan dan sesuaikan posisi duduk agar lebih terasa nyaman.

Ibu hamil boleh saja menyetir mobil, asalkan harus tetap selalu hati-hati dan memprioritaskan kenyamanan serta keselamatan. Semoga tips aman menyetir mobil saat hamil ala Daihatsu ini bermanfaat dan tetap waspada saat berkendara.

Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan kendaraan mobil dari Daihatsu yang super nyaman untuk ibu hamil. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diinginkan ketika menyetir mobil saat hamil bisa lebih diminimalisir. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sebelum Beli Mobil Baru Ketahui Beda 4 Jenis Mobil Ini

2020-12-04

Bila zaman dahulu kita mengenal empat tipe mobil saja yakni sedan, jeep, minbus dan pick up dimana keempaatnya didesain sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Kini tip

thumbnail

Jadwal SIM Keliling Surabaya 2024 & Lokasinya (Terlengkap)

2024-02-26

SIM keliling Surabaya merupakan program pelayanan publik yang selalu menyita animo warga kota Surabaya. Pasalnya program ini selalu memudahkan masyarakat Surabaya un

thumbnail

3 Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar agar Bensin Lebih Irit

2020-12-30

Sebagai salah satu komponen yang berpengaruh pada sistem bahan bakar, penyetelan karburator menjadi sangat penting. Cara setting

thumbnail

Field Coil Pada Mobil: Fungsi, Cara Kerjanya & Komponennya

2023-03-20

Fungsi field coil sangatlah penting karena komponen ini berperan besar terhadap proses menyalakan mesin. Field coil juga memiliki cara kerjanya sendiri agar mesin mo