Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Merk Terbaik Ban Tubeless yang Tersedia di Pasaran
11 Juni 2020
ban tubeless

Ban menjadi salah satu bagian penting dalam setiap kendaraan. Oleh sebab itu pemilihan komponen ban harus diperhatikan dengan seksama baik itu untuk kendaraan otomotif roda dua maupun roda empat. Salah satu jenis ban yang kini sedang naik daun adalah ban tubeless. Ban jenis satu ini menjadi idola karena diyakini lebih tahan lama dan juga tetap dapat dipakai meski terkena benda tajam.

Ban tubeless adalah ban yang tidak memiliki tube atau ban yang didesain tidak membutuhkan ban dalam. Harga ban berjenis tubeless sendiri dikenal lebih mahal ketimbang ban biasa yang memiliki ban dalam. Salah satu faktor yang menyebabkan ban tubeless lebih mahal adalah karena memiliki struktur yang lebih berat, kuat dan tebal sehingga lebih tahan lama ketika digunakan.

Berikut Beberapa Merk Ban Tubeless untuk Mobil Sahabat : 

1. Merk Ban Corsa

Brand ban motor Corsa memiliki keunggulan berupa daya cengkram yang kuat di jalanan sehingga dapat bermanuver dengan nyaman. Ban berjenis tubeless dirancang memiliki struktur yang lebih stabil dan juga kokoh sehingga dapat digunakan di segala jenis tikungan. Oleh sebab itu, ban berjenis tanpa tube banyak dipilih oleh mereka yang sering melewati jalan bertikungan tajam karena lebih nyaman saat digunakan bermanuver. 

Para pengguna ban motor Corsa tubeless mengaku bahwa ban ini akan lebih mencengkram aspal sehingga lebih stabil saat digunakan untuk menikung. Oleh karenanya tidak heran jika para pembalap motor menggunakan ban berjenis tubeless yang dipasangkan dengan velg racing.

Ban Corsa didukung oleh material dari karet elastis yang membuatnya dapat menyesuaikan di kondisi jalanan. Ban dari Corsa dikenal lebih stabil terhadap benturan selama di perjalanan karena terdapat konstruksi karet di dinding yang kuat. 

2. Merk Ban Dunlop

Merk ban Dunlop menjadi salah satu merk ban terbaik yang banyak dipercaya oleh masyarakat untuk menemani mereka berkendara dengan kendaraan otomotifnya. Merk satu ini memiliki pengalaman di bidang ban otomotif sejak 125 tahun yang lalu. Salah satu fitur terbaik dari ban Dunlop adalah fitur hydro-paddle yang berfungsi untuk mengalihkan air sehingga ban tidak akan licin saat berkendara di jalan yang basah. Kisaran harga ban Dunlop berjenis tubeless adalah Rp 600 ribuan ke atas.

3. Merk Ban Battlax

Merk ban Battlax adalah anak dari indukan merk ban terkenal asal Jepang yaitu Bridgestone. Ban merk Bridgestone sendiri sudah lama dikenal dan dipercaya para pengguna otomotif dunia karena memiliki kualitas terpercaya. Harga ban berjenis tubeless dari Battlax terbilang cukup mahal namun tentu saja hal tersebut setara dengan kualitas yang ditawarkan. 

Keunggulan ban ini adalah meski ban tubeless bocor, namun ban tetap bisa digunakan selama beberapa saat sehingga tidak langsung kempes seperti ban pada umumnya. Hal ini dikarenakan ban berjenis tubeless memiliki struktur yang lebih kokoh ketimbang ban biasa sehingga lebih kuat. 

Ketika ban tubeless terkena ranjau, ban ini tidak akan langsung kempes sehingga akan memberikan Sahabat cukup waktu untuk mencari bengkel terdekat tanpa perlu mendorong motor atau kendaraan karena tidak langsung bocor. Sahabat bisa mendapatkan berbagai varian harga ban Battlax tubeless di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,3 jutaan. 

4. Merk Ban Michelin

Ban bermerk Michelin sudah tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Produsen ban tubeless satu ini sudah berdiri semenjak tahun 1907 dan menghadirkan berbagai varian ban untuk para pengguna. Berkat kualitasnya yang mumpuni membuat banyak orang berpikir bahwa tidak mungkin ban tubeless mengalami kebocoran karena ban tubeless dirancang lebih kuat ketimbang ban biasa. Untuk ban berjenis tubeless dari Michelin yang banyak dipilih misalnya Michelin Pilot Street varian Radial R17 dengan harga Rp 970 ribuan. Sementara yang lebih mahal ada Michelin Pilot Power 3 Radial 17.

5. Merk Ban Pirelli

Merk ban Pirelli sudah menjadi sebuah brand ikonik untuk teknologi canggih masa kini. Brand asal Italia ini telah dipercaya mendukung kegiatan balap motor seperti Superbike dan MotoGP dunia. Meski ban Pirelli hampir jarang sekali bocor karena ban ini memang kokoh, namun ketika bocor sesungguhnya ban ini juga cukup mudah untuk memperbaikinya. 

Keunggulan ban berjenis tubeless yakni lebih mudah untuk diperbaiki atau ditambal saat bocor. Apabila ban kendaraan yang lain harus dilepas terlebih dahulu ban dalamnya, maka ban berjenis tubeless bisa langsung ditambal tanpa harus melepasnya dari velg. Hanya saja Sahabat harus mencari bengkel yang memang memiliki alat untuk menambal ban berjenis tubeless.

Sahabat bisa mendapatkan berbagai varian harga ban Battlax tubeless di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Varian ban merk Pirelli jenis tubeless yakni Diablo Rain Radial R 17. Kemudian ada Diablo SupercoraSC R17 dan Superbike radial R 17. 

6. Merk Ban IRC

Ban merk IRC atau Inoue Rubber Company merupakan salah satu merk ban terbaik asal Jepang yang cukup banyak dipilih oleh penggemar otomotif tanah air. Merk ban IRC sendiri sudah menghadirkan berbagai varian ban yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti FASTI, ENVIRO NR91 serta GS45. Kisaran harga ban IRC berjenis tubeless adalah Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribuan.

Ban berjenis tubeless dibuat dari struktur yang lebih kokoh dari ban biasa sehingga lebih tahan lama ketika digunakan. Ban satu ini biasanya dapat digunakan hingga selama 1,5 tahun dengan pemakaian rutin setiap hari. Namun apabila kendaraan sering digunakan untuk melewati jalanan terjal, maka ban berjenis tubeless harus lebih cepat diganti. Sayangnya tidak semua kendaraan otomotif cocok menggunakan ban tubeless. Untuk itu sebaiknya Sahabat konsultasi di bengkel resmi apakah bisa mengganti ban biasa dengan tubeless.

Baca juga : Bahan untuk Cutting Sticker Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor