Logo Daihatsu
Menu

Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali? Jangan Panik, Berikut 5 Cara Memperbaikinya

Otomotif

2021-01-13

mobil tidak bisa hidup sama sekali

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat tentunya mengalami gagal starter atau mogok bisa saja terjadi kapan saja. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya tidak usah panik dan cepat mengatasinya. 

Anda bisa mencari penyebabnya terlebih dahulu kenapa mobil tidak bisa hidup sama sekali. Lantas apa saja cara yang harus dilakukan? Berikut ulasan detailnya. 

1. Memeriksa Kondisi Fuel Pump pada Mobil

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi mobil bermasalah di starter yaitu dengan memeriksa kondisi fuel pump pada layar dashboard atau yang disebut dengan Multi Information Display (MID). 

Apabila komponen fuel pump kotor, biasanya akan mempengaruhi kendaraan roda empat saat dinyalakan. Jadi Anda bisa membersihkannya sendiri atau menggunakan jasa montir. 

2. Mengecek Kondisi Aki Mobil

Ketika kendaraan roda empat tidak bisa dihidupkan, biasanya terjadi masalah pada komponen aki. Kondisi aki mobil bisa Anda cek jika mobil tidak bisa hidup sama sekali. 

Sebab, bagian aki merupakan komponen vital dari sistem kelistrikan sebuah mobil. Maka dari itu, Anda perlu mengecek kondisi tegangan listrik dan level air aki yang ada pada kendaraan roda empat. 

3. Memeriksa Kondisi Katup Sekring 

Masalah mesin tidak menyala bisa saja terjadi karena beberapa hal, termasuk masalah pada sekring. Ada baiknya jika Anda memeriksa komponen tersebut jika sudah mengecek komponen aki dan karburator. 

Dengan begitu, Anda dapat memastikan kondisi sebenarnya kenapa mobil tidak dapat distarter seperti biasanya dan tidak mau menyala. 

Pada bagian sekring ini terbagi menjadi dua komponen penting yaitu katup positif dan katup negatif. Ketika mobil bermasalah, Anda bisa memeriksa kedua katup tersebut apakah ada kabel yang putus atau masalah lainnya yang menyebabkan mobil tidak bisa hidup sama sekali. 

Jika dirasa Anda masih kurang paham mengenai komponen tersebut, tidak ada salahnya membawa ke bengkel terdekat. 

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup dan Cara Memperbaikinya

4. Mengecek Dinamo Starter Mobil

Selain mengecek komponen aki dan kondisi sekring, Anda bisa memperbaiki mobil yang tidak mau distarter dengan cara mengecek dinamo starter mobil

Bagian ini berfungsi untuk kinerja kendaraan roda empat dalam menggerakkan roda pada dapur pacu kendaraan. Komponen tersebut dapat membuat mesin tetap bergerak secara normal dan tepat. 

5. Memastikan Keadaan Karburator Mobil 

Tidak berhenti sampai disitu saja, sebab masih ada hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kondisi mobil tidak bisa di starter. Salah satunya yaitu mengontrol kondisi karburator pada kendaraan roda empat yang dimiliki jika mobil tidak bisa hidup sama sekali. 

Komponen ini juga sama pentingnya seperti aki karena berguna untuk mengatur sirkulasi udara serta bahan bakar ke dalam saluran isap. 

Baca juga: Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

2023-05-19

Setiap kendaraan memiliki plat nomor sebagai identitas yang terdiri dari rangkaian angka dan huruf yang unik. Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, Sahabat bisa lho mengecek data kepemil

thumbnail

5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

2021-06-09

Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tip

thumbnail

Jangan Dipaksa Jalan, Berikut Pengaruh Aki Soak pada Mobil Injeksi

2021-01-14

Aki pada mobil memiliki fungsi yang penting, sebab komponen ini merupakan penyimpanan arus listrik yang berguna untuk menggerakan kendaraan. 

thumbnail

Lokasi Parkir Termahal di Jakarta dan Tarifnya Terbaru 2023

2023-11-17

Mengetahui lokasi parkir termahal di Jakarta 2023 beserta tarif terbarunya sangatlah diperlukan. Pasalanya pihak Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kenaikan tarif