Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Mudah Kok! Ini Tips Mengendarai Daihatsu Sigra Transmisi Manual
31 Agustus 2021
mengendarai daihatsu sigra manual

Daihatsu Sigra adalah salah satu jenis mobil dengan peminat yang cukup banyak di Indonesia.  Pada varian terbaru dari Sigra, ada dua jenis mesin yang berkapasitas 1.0 dan 1.2 liter. Mesin Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan teknologi VVT-I dan kompresi 10.5:1. Umumnya, Daihatsu Sigra tipe manual lebih sulit untuk dikemudikan daripada versi matic. Untuk itu, berikut tips mengendarai mobil sigra manual yang bisa Anda terapkan.

Tips Mengendarai Mobil Sigra Manual untuk Pemula

Belajar mobil manual memang gampang-gampang susah, terlebih untuk pengendara pemula dan tidak terbiasa dengan kendaraan mekanisme kopling. Bagi yang sudah terbiasa dengan kendaraan kopling, mengendarai Sigra manual mungkin akan sedikit lebih mudah. Meski begitu, Anda harus tetap belajar agar lebih mahir dan bisa berkendara dengan aman. Berikut beberapa tips mengendarai mobil Sigra transmisi manual yang bisa Anda lakukan.

1. Mengatur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Pertama, Anda perlu mengambil posisi duduk yang senyaman mungkin agar bisa lebih nyaman saat sedang berkendara. Tempat duduk yang nyaman dapat mempengaruhi perjalanan. Nantinya, tempat duduk akan membantu Anda dalam menginjak rem, kopling, dan gas. Maka dari itu, atur posisi duduk yang senyaman mungkin agar perjalanan Anda mengendarai mobil ini bisa nyaman.

2. Selalu Meletakkan Kedua Tangan di Bagian Atas Setir

Untuk Anda yang masih belum mahir mengendarai mobil transmisi  manual, sebaiknya selalu letakkan kedua tangan di bagian atas setir dalam posisi siaga untuk mengarahkan jalannya mobil. Posisi kedua tangan pada bagian setir akan membuat Anda menjadi lebih siaga dalam menyetir. Anda bisa memposisikannya pada arah jam 9 dan arah jam 3.

3. Menjauhkan Kaki Kiri dari Pedal Kopling

Bagi pengendara pemula, meletakkan kaki kiri di bagian pedal kopling adalah suatu kebiasaan yang susah untuk dihapuskan. Padahal, kebiasaan ini terbilang buruk dan beresiko. Kaki kiri yang selalu menginjak kopling akan membuatnya tertekan dan cepat rusak. Tidak hanya itu saja, bisa jadi Anda salah injak dan mengakibatkan mobil hilang kendali akibat kopling yang diinjak secara tidak sengaja. Selain itu, kaki kiri yang hanya berada di atas kopling akan membuat pengemudi merasa kurang siaga jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

4. Memakai Rem Tangan Saat Perjalanan Menanjak

Mengemudikan Sigra versi manual berbeda dengan Sigra matic yang lebih mudah. Saat sedang berada di jalan menanjak, pastikan untuk menggunakan bagian rem tangan. Jangan menahan pedal kopling setengah, hal ini dapat membuat rem tidak efektif dan dapat merusak kopling. Jika mobil sedang melaju di tanjakan, tarik rem tangan saat ingin memberhentikannya. Selain dapat membuat awet kampas rem, cara ini juga dinilai lebih  aman.

5. Selalu Berkendara dalam Posisi Gigi Masuk

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menggunakan mobil dalam posisi gigi masuk. Jangan mengemudikan mobil transmisi manual dalam posisi gigi netral meski sedang melewati jalan menurun. Hal ini dapat memicu mobil meluncur hingga hilang kendali. Maka dari itu, gunakan gigi rendah saat sedang melewati jalan turun agar bisa melakukan engine break dan mobil dapat tetap terkendali.

Penutup

Demikianlah deretan tips mengendarai mobil Sigra manual yang bisa diterapkan oleh para pemula. Anda bisa mempelajari seputar mobil Sigra pada website Daihatsu agar bisa lebih mahir dalam mengemudikannya.

Selain itu, jangan ragu untuk mengunjungi bengkel Daihatsu untuk kepentingan konsultasi serta perawatan mobil Daihatsu Sigra yang Anda miliki ya. Sehingga nantinya mobil yang Anda miliki benar-benar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor