Logo Daihatsu
Menu

Nusa Penida: Titik Primadona Bali bagi Wisatawan

Travel

2021-09-29

nusa penida

Nusa Penida adalah pulau kecil yang masih termasuk wilayah Bali dan sering kali padat kunjungan. Tidak heran sih karena pulau indah ini memang memiliki pemandangan yang cantik.

Jika Sahabat ingin ke Nusa Penida, tetapi bingung kapan supaya bisa benar-benar menikmati liburan tanpa mendapat gangguan dari kepadatan wisatawan Bali, bisa banget nih menyimak artikel ini. Yuk, langsung simak saja! 

Memilih Waktu yang Tepat

Seperti yang kita semua tahu jika Bali selalu penuh dengan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ya begitu pula dengan Nusa Penida ya, Sahabat. Meskipun untuk menuju pulau ini harus menyeberang laut karena letaknya cukup jauh di seberang Pulau Bali utama, tetapi tempat itu tetap saja ramai oleh kunjungan wisatawan.

Nah, sebagai tips supaya lebih leluasa dalam berlibur dan tidak terlalu didesak-desak wisatawan lain nih, pilihan waktu yang tepat untuk ke Nusa Penida saat low season. Jadi, hindari bulan-bulan liburan seperti cuti bersama hari raya atau akhir tahun.

Jika ingin seru, coba deh persiapkan dari jauh hari dengan mencoba mengajukan cuti di kantor untuk hari biasa. Mencoba refreshing di tengah hiruk-pikuk kantor tidak salah, bukan? Yang penting, tugas dari bos sudah beres semua! 

Menyeberang Menggunakan Fastboat

Sudah dikatakan di awal bahwa menuju Nusa Penida harus menyeberang dari Bali menggunakan fastboat. Jadwal beberapa kapal cepat ini berbeda-beda dan biasanya ada di setiap pagi dan sore hari.

Nusa Penida sendiri memiliki 4 pelabuhan, yaitu Pelabuhan Buyuk yang cocok jika kamu membawa kendaraan pribadi; Pelabuhan Toya Pakeh yang berada di Nusa Penida Barat; Pelabuhan Banjar Nyuh cocok jika kamu datang dari Sanur; dan Pelabuhan Sampalan yang merupakan pelabuhan pertama Nusa Penida.

Ada sekitar 8 fastboat yang memiliki jadwal berbeda-beda, kebanyakan sih pukul 8 pagi dan 3 sore. Perjalanan menuju Nusa Penida sekitar 30 hingga 45 menit ya, jadi memang harus sabar. 

Objek Wisata Nusa Penida

Nusa Penida dibagi menjadi 3 wilayah berlibur, yaitu wilayah barat, timur, dan selatan. Di setiap wilayah tersebut memiliki objek wisata sendiri-sendiri. Jika ingin menyambangi ke semuanya, paling tidak Sahabat harus meluangkan waktu sehari untuk setiap wilayah ya karena jalan di Nusa Penida masih kurang memadai sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Sahabat bisa mengambil penginapan di Nusa Penida. Jenis penginapannya beragam loh ada yang biasa juga ada yang mewah dengan fasilitas lengkap, seperti di La Royale Villa, The Arancia Villa, hingga The Mesare Resort. Jika ingin berhemat, Sahabat juga memiliki banyak pilihan penginapan kok, seperti Abasan Hill Hotel dan Bamboo Bungalows.

Untuk objek wisata di Nusa Penida ada apalagi sih? Nah, simak beberapa ringkasan objek wisata berikut yuk!

1. Pasih Uwug

Pasih Uwug ini biasa juga disebut sebagai Broken Beach. Hal ini dikarenakan Pasih Uwug memang berarti pantai yang rusak dalam bahasa Indonesia. Sebab, jika dilihat dari ketinggian, terdapat wilayat laut yang “terjebak” di lubang bukit. Namun, justru ini sebenarnya yang membuat Pasih Uwuh terlihat cantik loh. 

2. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong terdapat di Nusa Penida Barat yang jaraknya hanya 500 meter dari Pasih Uwug. Jadi, jika Sahabat berada di Pasih Uwug, langsung saja menelusuri ke bagian barat untuk menuju pantai ini ya. 

3. Pantai Kristal Bay

Kristal Bay juga masih di wilayah Nusa Penida Barat. Waktu terbaik ke sini adalah saat sore hari sekaligus menunggu matahari terbenam karena akan cantik sekali pemandangannya. Jika kamu ke pantai ini di bulan Juli—September, kamu juga akan melihat ikan Mola yang berenang di permukaan loh. 

4. Raja Lima

Saatnya menjelajahi Nusa Penida Timur dan tidak afdol jika tidak menyambangi Raja Lima. Yang paling terkenal dari destinasi wisata ini adalah Rumah Pohon Nusa Penida yang disebut Rumah Pohon Molenteng. 

5. Pantai Atuh

Khususkan waktu Sahabat untuk mengunjungi pantai ini. Pemandangan cantiknya tentu saja tidak akan membuat menyesal. Jika dilihat dari ketinggian, Pantai Atuh akan terlihat seperti kura-kura raksasa yang biasa dilihat di negeri-negeri dongeng. Wah, ajaib banget dong ya! 

6. Bukit Tanglad

Bentuk bukit ini seperti yang kamu lihat di bukit Teletubbies loh, Sahabat. Cantik sekali dengan bentuk yang bertumpuk-tumpuk. Jika kamu ingin mengabadikan momen dengan pasangan, bisa nih jadikan Bukit Tanglad sebagai tempat foto prewedding

7. Air Terjun Peguyangan

Jika mampir ke Nusa Penida Selatan, kamu wajib untuk mampir ke Air Terjun Peguyangan! Sebab, tidak bisa diragukan lagi jika Bali memiliki kejernihan air yang tidak tertandingi. Jika beberapa lokasi air terjun di luar kota akan sedikit keruh, tidak dengan Air Terjun Peguyangan, jernih sekali!

8. Kolam Tembeling

Hutan Tembeling memiliki titik cantik yang sering menarik perhatian wisatawan yang mencari ketenangan, yaitu Kolam Tembeling. Ukuran kolamnya kecil dengan air yang begitu sejuk dan jernih serta yang paling penting sih sepi sehingga cocok sekali untuk relaksasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berlibur asik ke Nusa Penida. Bagaimana? Sudah tergiur banget untuk menuju ke pulau cantik di Bali yang satu itu? Jika iya, yuk mulai menabung. Jangan lupa susun itinerary supaya liburan lebih rapi juga ya!

Ingat juga, jika memang ingin hemat, harus diperkirakan dengan baik seberapa pengeluaran tentang kebutuhan dan hindari membeli hal-hal yang hanya bersifat keinginan saja. Membawa bekal juga akan membantu menghemat biaya makan loh, Sahabat.

Gambar diambil dari : theworldtravelguy.com

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tempat Makan Unik di Jogja untuk Mempercantik Feed Instagram

2021-01-07

Jogja adalah kota yang terkenal dengan menu makanannya yang lezat dan murah di kantong, seperti angkringan. Namun, jika Sahabat mencari tempat makan unik di Jogja untuk

thumbnail

7 Gunung di Indonesia yang Pernah Meletus, Guncangannya Begitu Dahsyat

2020-12-23

Gunung meletus adalah peristiwa yang tidak bisa dihindari dan kerap terjadi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki wilayah geografis yang dikelilingi

thumbnail

Mau Staycation Hemat Biaya? Begini Caranya!

2021-11-10

Menikmati liburan yang singkat dengan staycation, saat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin refreshing. Agar tidak menguras kantong, kami punya beberapa tips hemat staycat

thumbnail

7 Tips Belanja di Korea Selatan, Jangan Sadis jika Menawar!

2021-04-21

Belanja adalah kegiatan wajib ketika sedang pergi berlibur, ke mana pun destinasinya. Terlebih, ketika yang Sahabat kunjungi adalah tempat yang tidak bisa sering-sering