Logo Daihatsu
Menu

Parkir Mobil Menanjak dan Cara Melakukannya

Otomotif

2021-01-02

parkir mobil menanjak

Parkir mobil menanjak adalah hal yang sebetulnya berbahaya, karena akan merusak sejumlah komponen mobil. Sayangnya, hal itu masih dilakukan karena sejumlah faktor. Mulai dari ketidaktahuan pengendara, hingga tak adanya lahan parkir yang relatif datar.

Komponen Mobil yang Akan Rusak Akibat Parkir Mobil Menanjak

Ada beberapa komponen mobil yang akan rusak melakukan mobil menanjak. Apalagi, jika melakukannya terlalu sering. Beberapa komponen itu adalah:

1. Rem Mobil

Komponen pertama mobil yang bakal rusak adalah rem mobil. Saat mobil menanjak, rem mobil akan menanggung beban yang cukup berat, terutama di bagian belakang mobil. Bila dibiarkan saja, rem mobil perlahan akan mengalami kerusakan. Salah satu ciri kerusakannya adalah beratnya perputaran pada ban mobil.

2. Suspensi Mobil

Suspensi pada mobil adalah komponen lainnya yang akan terancam rusak. Saat mobil terpaksa diparkir secara menanjak, suspensi pada bagian belakang mobil akan mengalami aus. Hal itu disebabkan beratnya beban yang ditanggung suspensi saat mobil diparkir secara menanjak.

Cara Memarkirkan Mobil Secara Menanjak

Walau terlarang, ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan kita untuk parkir di tempat yang menanjak. Misalnya, saat Sahabat berkunjung ke rumah rekan yang rumahnya menanjak, serta tak memiliki tempat parkir yang ideal.

Agar mobil bisa terparkir relatif aman, Sahabat bisa melakukan beberapa cara yang akan kami paparkan di artikel ini. Beberapa cara itu adalah:

1. Mengaktifkan Mode Parkir Pada Mobil

Cara ini cocok dilakukan untuk Sahabat yang punya mobil tipe matic. Aktifkan mode parkir yang tersedia pada mobil, lalu lakukanlah penyesuaian pada tuas transmisi mobil Sahabat. Penyesuaian tuas transmisi sendiri mesti disesuaikan dengan tingkat kemiringan jalan. Apakah cukup curam atau agak landai.

2. Masukkan Gigi Pada Mobil

Kalau yang satu ini cocok dilakukan untuk mobil yang bertipe manual. Saat mobil diparkir dalam posisi menanjak, maka Sahabat harus memasukkan gigi 1 pada mobil. Cara ini dilakukan agar roda bisa lebih terkunci saat terparkir dalam keadaan menanjak.

Cara ini hampir sama saat hendak memarkirkan mobil manual dalam posisi menurun. Bedanya, saat mobil parkir menurun, Sahabat tidak memasukkan gigi 1. Melainkan, memasukkan transmisi mundur (R) pada mobil manual Sahabat.

3. Posisikan Ban Depan agar ke Arah Bahu Jalan atau Trotoar

Saat mobil diparkirkan dalam keadaan menanjak, mobil terkadang akan bergerak ke bawah secara perlahan. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat mesti memposisikan ban depan mobil ke arah bahu jalan atau trotoar. Melakukan cara ini bisa membuat ban mobil tertahan di bahu jalan ataupun trotoar. Dengan begitu, peluang mobil untuk bergerak ke bawah bisa diminimalisasi.

4. Ganjal Ban dengan Balok Kayu ataupun Batu Bata

Selain memposisikan ban ke arah bahu jalan, Sahabat juga bisa melakukan cara lain. Mengganjal ban dengan balok kayu atau batu bata adalah cara tersebut. Fungsi dari cara ini sama seperti cara sebelumnya, yakni mengantisipasi mobil agar tidak mundur ke bawah secara perlahan.

Di Mana Seharusnya Mobil Diparkir?

Idealnya, sebuah mobil mesti diparkir di area yang datar. Semisal garasi rumah atau area parkir perkantoran. Selain di area menanjak, sebisa mungkin mobil tidak diparkir di tanah yang konturnya cekung, serta tempat parkir paralel.

Parkir di tanah yang cekung akan membuat mobil rentan terkena genangan air. Sementara itu, tempat parkir paralel akan bikin Sahabat kesusahan untuk memarkir dan mengeluarkan mobil.

Artikel terkait: Tips macet di tanjakan

Parkir mobil menanjak adalah hal yang sebetulnya berbahaya, karena akan merusak sejumlah komponen mobil. Menghindari parkir di tempat menanjak adalah solusinya. Kalaupun terpaksa memarkirkan mobil di tempat menanjak, Sahabat bisa mencoba melakukan beberapa cara yang sudah kami sebutkan di artikel ini.

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

2022-03-03

Sekring atau fuse adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Fungsinya adalah untuk mengamankan komponen-komponen mobil lainnya dari aliran arus listrik.

thumbnail

6 Cara Pegang Setir Mobil Ini Bisa Ungkap Sifat Seseorang

2021-02-19

Setiap orang yang bisa menyetir mobil, pasti akan berbeda-beda cara memegang setir mobil saat berkendara. Posisi yang dipegang pun beragam, ada yang menggunakan kedua ta

thumbnail

Apa itu Brake Fluid? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-02-09

Brake fluid adalah istilah lain dari minyak rem. Komponen ini memiliki fungsi penting terhadap hasil kinerja sistem pengereman. Selain itu, komponen ini memiliki fun

thumbnail

Cara Kerja Karburator Mobil

2020-12-16

Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya