Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Pengaruh Kelistrikan Mobil, Ini 6 Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya
14 Januari 2021
fungsi koil mobil

Koil merupakan salah satu komponen yang ada dalam mobil. Secara mendasar, Koil mobil memiliki peran penting yang bertugas untuk mengubah tegangan listrik agar mobil bisa menyala. Tak hanya itu, masih ada banyak sekali fungsi koil mobil yang patut Anda ketahui. Untuk dapat mengetahui apa saja fungsi dan cara kerja komponen koil mobil, simak ulasan berikut.

1. Mengubah Tegangan Rendah Listrik

Salah satu fungsi utama dari koil adalah mengubah tegangan listrik menjadi sebuah pergerakan. Secara mendasar mobil tentu memiliki sistem pengapian untuk memfasilitasi kinerja mobil. 

Keberadaan sistem inilah yang dapat membuat mobil bisa menyala. Proses pembakaran dalam ruang bakar memacu bahan bakar untuk aktif menghidupkan mesin.

Tanpa adanya sistem pengapian ini, sudah dapat dipastikan bahwa mobil tak akan mungkin dapat dinyalakan. Di dalam sistem pengapian, daya tarik listrik menjadi hal yang amat dibutuhkan. 

Disinilah koil mobil menjadi komponen yang sangat krusial. Pasalnya, koil ini nantinya akan mengubah tegangan rendah ke tegangan tinggi untuk menyalakan mobil.

Baca Juga: Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya

2. Fungsi Koil Pengapian Sebagai Pengatur Api

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, koil mobil akan bertugas untuk mengubah tekanan listrik. Umumnya cara kerja coil tegangan yang akan diubah dari 12 Volt menjadi 10.000 Volt. 

Angka tegangan listrik yang cukup tinggi ini yang membuat seluruh aspek mobil teraliri listrik. Dengan adanya proses tersebut, mesin mobil dapat hidup dan dapat dikendalikan.

Selain memiliki tugas untuk menaikkan tegangan listrik, koil mobil juga masih memiliki banyak fungsi yang wajib Anda ketahui. Salah satu fungsinya adalah mengatur perapian dalam ruang bakar. 

Tujuan dari pengaturan api ini adalah untuk menghindari besaran api agar volume api tidak semakin tinggi dan tidak pula semakin rendah, alias stabil.

Pada dasarnya, untuk menyalakan sebuah mobil, memerlukan sistem pengapian yang baik sesuai dengan standar otomotif. 

Dibutuhkan percikan api dengan volume seimbang agar mesin dapat terpacu dan menyala. Ketika kontak mobil dihidupkan, maka sistem pengapian dan ruang bakar akan langsung bekerja mengaliri listrik kepada seluruh mesin.

Melalui hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa koil merupakan komponen yang tidak patut untuk dilupakan. Besarnya peranan dan fungsi koil pengapian, membuat perawatannya juga amat dibutuhkan. 

Hal demikian dilakukan agar kinerja perapian pada mesin mobil dapat terjaga. Bila didapati adanya permasalahan koil, segeralah lakukan deteksi dengan mengunjungi tempat servis.

3. Sebagai Pembakit Bunga Api

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, koil mobil memiliki fungsi untuk membangkitkan percikan bunga api. Sebuah mobil tentu membutuhkan percikan api agar bisa dihidupkan. 

Dengan adanya koil, maka aliran tegangan listrik  akan terpacu dengan maksimal. Koil akan mengubah tegangan menjadi 10.000 Volt agar mobil bisa hidup.

Untuk bisa memunculkan percikan api, koil tentu membutuhkan bantuan komponen lainnya. Melalui hal tersebut, komponen busi amat dibutuhkan untuk dapat menghasilkan percikan api. 

Nantinya, busi dan koil ini akan berkesinambungan dalam menghasilkan percikan api. Dengan demikian, api akan tercipta akibat pergesekan antara koil dan busi.

4. Cara kerja Coil Pada Proses Pembakaran

Selain beberapa fungsi di atas, koil juga memiliki peran untuk meneruskan proses pembakaran. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, koil dapat merubah tegangan rendah ke tegangan tinggi sebagai cara kerja coil untuk menyalakan mesin. Namun, mobil tidak akan begitu saja menyala meski sistem pengapian telah terjadi.

Pada tahapan awal, pembakaran terjadi pada bagian motor kemudian lanjut ke komponen busi yang disalurkan melalui kabel tegangan tinggi. Kemudian, sistem kerja busi akan dimulai berdasarkan kenaikan tegangan tinggi. 

Tegangan tersebut merupakan hasil dari proses penyaluran listrik melalui aki. Sehingga, percikan bunga api akan diteruskan di ruang bakar.

Melalui tahapan atau cara kerja yang sudah dijelaskan tersebut, mesin mobil dapat terpacu dan menyala. Hasilnya, mobil bisa dinyalakan dan dikemudikan. 

Namun, ingatlah untuk selalu menjaga kondisi koil mobil ini. Jika mengalami kerusakan sedikit saja, koil tidak dapat menghantarkan tegangan listrik untuk bisa menghidupkan mesin mobil.

5. Fungsi Ignition Switch

Di dalam sebuah koil mobil, terdapat tiga buah gulungan yang berupa inti besi. Gulungan pertama terhubung dengan kunci kontak untuk menyuplai tegangan. Gulungan yang kedua berfungsi sebagai ground. 

Gulungan yang terakhir ada dalam ignition coil switch. Beberapa gulungan tersebut fungsi ignition switch untuk menyalakan mesin mobil.

Seperti yang dijelaskan dalam ulasan tersebut, koil memiliki fungsi utama yang menentukan penyalaan mobil. Tanpa adanya koil, sebuah mobil akan mustahil dihidupkan. 

Setelah mengetahui kegunaan dan cara kerja komponen koil, kini Anda bisa mengetahui awal mula mesin mobil bisa hidup. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu evaluasi komponen dan merawatnya. 

Baca Juga: Cek Kendaraan di Bengkel Kelistrikan Mobil, Apa Saja yang Diperiksa?

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku