Logo Daihatsu
Menu

Penyebab dan Cara Mengatasi Kampas Kopling Selip

Otomotif

2021-02-01

kopling selip

Kopling selip bisa terjadi kapan saja saat Sahabat berkendara. Banyak pengendara yang tidak mengetahui mengapa kopling tiba-tiba selip. Padahal, kopling selip ini karena banyak faktor yang sering diabaikan oleh beberapa orang. Misal karena memang sudah aus karena umur kampas kopling, bisa juga karena gaya berkendara yang ugal-ugalan, dan lainnya.

Cara mengatasi kampas kopling selip merupakan hal yang Sahabat perlu tahu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika Sahabat berkendara di jalanan. Karena kampas kopling yang selip ini sangat mengganggu dan bisa juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Penyebab Kampas Kopling Selip

Berikut ini adalah beberapa penyebab kampas kopling mobil selip yang sering terjadi. Jika mobil Sahabat kampas koplingnya mulai terasa selip, mungkin ada salah satu penyebabnya di sini.

1. Komponen Sudah Berumur

Meskipun Sahabat sudah menggunakannya dengan cara sebaik mungkin, jika sudah aus karena umur, maka komponen memang waktunya diganti. Coba Sahabat ingat-ingat, kapan terakhir kali mengganti kampas kopling.

2. Gaya Berkendara Ugal-ugalan

Tidak semua orang yang bisa mengendarai mobil berkendara dengan cara yang tepat. Seringkali beberapa orang mengendarai dengan cara semaunya sendiri yang itu berakibat mempercepat kerusakan komponen mobil.

Menahan setengah kopling saat tanjakan dan melakukan perpindahan gigi tanpa melepas pedas gas bisa berisiko memperpendek usia koplingnya. Apakah Sahabat juga melakukan hal ini? Semoga saja tidak yah.

3. Mobil Sering Bawa Barang Berat

Setiap mobil biasanya sudah tertera berapa berat barang bawaan yang boleh dibawa. Produsen mobil pun tentunya sudah menguji berapa berat maksimal yang bagus dan aman untuk mobil. Beberapa orang memaksa memuat barang melebihi kapasitas yang dibolehkan. Hal inilah yang bisa membuat kopling cepat rusak karena bekerja lebih ekstra.

4. Asal Kasih Oli Transmisi

Tidak semua yang lebih mahal itu lebih bagus. Memberikan oli transmisi asal-asalan meski kita menganggapnya oli tersebut lebih mahal, maka bisa berakibat kopling jadi selip. Gunakan oli transmisi yang sesuai dengan mobilmu. Tidak perlu yang lebih mahal, cukup beli yang sesuai saja.

Cara Mengatasi Kampas Kopling Selip

Setelah mengetahui penyebabnya, Sahabat bisa mengatasi kampas kopling mobil yang selip ini dengan beberapa cara berikut ini.

1. Ganti Oli Transmisi

Jika Sahabat mencurigai bahwa Sahabat salah salah memberikan oli transmisi, maka langkah untuk mengatasi kampas kopling yang selip adalah menggantinya dengan oli transmisi yang sesuai dengan spesifikasi mobil Sahabat. Jika ternyata bukan karena oli transmisi, maka cara selanjutnya perlu Sahabat lakukan.

2. Melakukan Penyetelan

Karena kopling ini urusan yang cukup rumit, Sahabat bisa menyerahkan urusan penyetelan kopling di bengkel resmi merek mobil Sahabat. Ada beberapa kasus di mana kopling memang cuma renggang saja. Biasanya cukup dikembalikan ke posisi semua, sudah manjur dan bisa digunakan seperti biasanya.

3. Ganti Komponen Kopling Baru

Namun, jika ternyata dua cara sebelumnya tidak manjur, maka cara terakhir adalah mengganti dengan komponen kopling yang baru. Hmm, kalau sudah seperti ini Sahabat harus merogoh kocek lebih dalam. Untuk pilihan ini akan menghabiskan biaya sekitar 2 jutaan hingga 6 jutaan tergantung jenis mobilnya. Mahal juga yah.

Karena biaya ganti komponen kopling baru ini mahal, maka Sahabat perlu memperhatikan gaya berkendara Sahabat apakah sudah tepat atau tidak. Jika gaya berkendara masih ugal-ugalan Sahabat harus memperbaikinya atau menanggung biaya kerusakan komponen yang harganya cukup mahal.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-Jenis Perawatan Salon Mobil yang Bisa Dipilih

2021-05-06

Tak hanya manusia, mobil juga punya salon khusus untuk perawatan. Kehadiran salon mobil sendiri bisa membantu guna merawat mobil Sahabat.

thumbnail

Begini Cara Mengendarai Mobil SUV

2020-12-02

Bagi Sahabat yang baru mengenal mobil SUV, cara mengendarai

thumbnail

Wajib Lakukan Hal Ini saat Mobil Mogok di Jalan Tol: Tidak Perlu Panik!

2021-06-09

Mengendarai mobil sendiri memang memudahkan kita untuk selalu bergerak bebas tanpa bergantung pada orang lain. Terlebih, ketika kegiatan banyak di luar bahkan sering kel

thumbnail

Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

2021-11-20

Marka jalan atau rambu-rambu lalu lintas memiliki peran pe