Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Isc Tidak Berfungsi

Otomotif

2020-11-09

penyebab isc tidak berfungsi

Dengan adanya kendaraan, seseorang bisa pergi ke suatu tempat dengan mudah Namun bagaimana jika mendadak mesin kendaraan tidak dapat dioperasikan akibat ISC yang tidak berfungsi? 

Ketika memeriksa ujung ISC mesin kendaraan, Anda akan menemukan pintle yang memiliki peran untuk mengatur besar kecilnya suplai udara yang masuk ke mesin dalam posisi idle. 

Sayangnya, pintle bersifat mekanis, sehingga sering ditemukan masalah seperti macet dan tidak dapat beroperasi akibat korosi atau penumpukan kotoran. 

Memiliki peran penting bagi operasional kendaraan, bayangkan apa yang akan terjadi ketika komponen satu ini macet dan tidak bekerja? Kemungkinan dapat mempengaruhi suplai udara yang mengalir menuju ruang bakar ketika kendaraan diposisikan idling. 

Apabila pintle macet dalam keadaan tertutup, maka banyaknya suplai udara yang masuk membuat rpm turun dan begitu pula sebaliknya. 

Baca juga: Mengenal Skema Indikator Bensin Mobil dan 4 Permasalahan yang Sering Terjadi

Penyebab ISC Tidak Berfungsi

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat diketahui bahwa pintle yang mengalami kerusakan akan menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab ISC tidak berfungsi mendadak. 

Ciri lain yang menandakan bahwa ISC mengalami kerusakan adalah ujung pintle aus. Penyebab kerusakan pada pintle umumnya terjadi akibat jangka pemakaian yang lama.

Seiring bertambahnya usia, pintle pun tidak akan bekerja optimal seperti baru hingga memunculkan kerusakan di beberapa bagiannya. Daya tahannya yang mulai menurun menjadi penyebab utama mengapa terjadinya kerusakan pada pintle. Ketika kondisinya semakin parah, ditakutkan dapat mengakibatkan kebocoran udara.

Pintle yang mengalami kebocoran, tentu dapat mempengaruhi kinerja mesin yang lain, karena rpm kendaraan menjadi tidak terkendali dikarenakan naik dan turun secara mendadak bahkan ketika pengemudi tidak menginjak pedal kendaraan sekalipun. Apabila ditemukan kondisi demikian, segera bawa kendaraan Anda ke tempat service terdekat. 

Apabila Anda masih belum yakin penyebab ISC tidak berfungsi, silahkan melakukan pengecekan dengan bantuan ohmmeter. Hal ini perlu dilakukan, karena umumnya kendaraan akan dilengkapi kumparan dengan nilai tahanan tertentu. Nilai tahanan yang akan mengatur besar kecilnya pintle terbuka agar suplai udara yang dibutuhkan dapat tercukupi saat idling. 

Baca juga: Begini Cara Memperbaiki ISC Mobil yang Rusak


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Beberapa Etika yang Harus Dilakukan Saat Mobil Melewati Jalan Sempit

2022-03-19

Sebagai pengguna jalan, penting bagi Anda untuk selalu memahami bahwa jalan adalah milik umum sehingga setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Untuk itu, sebagai p

thumbnail

Apa Itu Relay pada Mobil? Berikut Fungsi & Cara Kerjanya

2022-09-05

Memahami berbagai komponen di dalam mobil merupakan kewajiban bagi semua pemilik mobil terutama komponen krusial seperti relay pada mobil. Dengan mengetahui komponen tersebut akan membuat Anda meng

thumbnail

Plat T Daerah Mana? Cek Jawabannya di Sini!

2024-01-15

Plat T kode untuk kendaraan bermotor di daerah mana saja? Yuk ketahui daerah selengkapnya di bawah ini. Kendaraan Plat T Berasal dari Mana?

thumbnail

Apa itu BPKB? Ini Kepanjangan dan Fungsinya!

2024-01-31

BPKB adalah akronim dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB sendiri memiliki fungsi penting terhadap keabsahan kepemilikan kendaraan bermotor. Di bawah ini akan d