Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk-Gluduk dan Solusinya

Otomotif

2023-03-21

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk-Gluduk dan Solusinya

Mengetahui penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk-guduk beserta solusinya sejak dini sangat diperlukan. Pasalnya bunyi tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengendara maupun penumpang mobil ketika melewati jalanan yang tidak rata. Lantas apa saja penyebab kondisi tersebut bisa terjadi? Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Berbunyi Gluduk-Gluduk beserta Solusinya

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi gluduk gluduk beserta solusinya yang perlu Anda ketahui. Berikut penyebab dan solusi selengkapnya :

1. Karet pada busing arm sudah tipis

Di dalam setiap mobil pasti sudah disematkan komponen penahan getaran mesin dan ban mobil, salah satunya BSA (Bushing Swing Arm). Biasanya pabrikan mobil menempatkan empat komponen BSA di bagian depan mobil dan menempatkan empat BSA di bagian belakang mobil. Komponen ini berbentuk seperti botol dan di dalamnya terdapat pipa besi yang dilapisi dengan bahan material karet. 

Ketika karet tersebut sudah menipis akibat lamanya proses penggunaan maka bunyi gluduk-gluduk di bagian kaki-kaki mobil akan terdengar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu mengganti komponen yang sudah aus tersebut dengan komponen yang baru. 

2. Long tie rod sudah aus

Penyebab kedua, disebabkan oleh long tie rod yang sudah aus atau rusak. Kerusakan pada long tie rod ini terjadi karena faktor usia, ataupun cara mengemudikan mobil yang ugal-ugalan ketika melewati jalanan yang rusak. Misalnya mengemudikan mobil dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalanan yang bergelombang.

Hal tersebut dapat menyebabkan komponen di dalam long tie rod saling bergesekan dan menabrak satu sama lain sehingga memperpendek usia komponen. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu memperbaiki cara mengemudikan mobil. Selalu gunakan mobil dengan kecepatan sedang atau lambat ketika melewati medan jalanan yang rusak. Jika komponen long tie rod sudah dirasa longgar, dan menimbulkan bunyi gluduk. Anda bisa melakukan penggantian komponen yang aus tersebut dengan yang baru.

3. Bushing stabilizer sudah aus

Penyebab ketiga bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil disebabkan oleh keausan bushing stabilizer. Apabila komponen ini sudah aus, maka komponen ini akan longgar.

Hal tersebut terjadi akibat karet isolator pada bushing stabilizer juga sudah aus. Seperti diketahui fungsi karet tersebut, untuk menghambat getaran dari link stabilizer agar tidak getaran tersebut tidak dilanjutkan ke bagian chasis mobil. 

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, cukup mudah yaitu dengan mengganti komponen yang sudah aus dengan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian baut pengikat ketika proses pemasangan. Pastikan baut tersebut sudah terpasang dengan kencang sehingga bushing stabilizer tidak longgar. 

Baca Juga : 4 Komponen yang Perlu Di Cek Saat Kaki-Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek

4. Karet support shockbreaker sudah aus

Penyebab keempat, disebabkan oleh keausan pada karet support shockbreaker. Seperti Anda ketahui, fungsi karet ini sebagai peredam getaran ban mobil agar getaran tersebut tidak diteruskan ke bagian bodi mobil ketika melewati jalanan yang rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tinggal menyetel ulang bagian baut pengikat agar kencang. Selain itu, Anda perlu melakukan penggantian komponen apabila kerusakan dinilai sudah tidak dapat di toleransi. 

5. Daya pegas shockbreaker sudah mati

Penyebab kaki kaki mobil bunyi gluduk -gluduk yang terakhir diakibatkan oleh kerusakan shockbreaker. Kerusakan pada shockbreaker bisa ditandai dengan gaya pegas shockbreaker yang sudah tidak dapat memantul dengan baik sehingga kaku.

Kondisi inilah yang menyebabkan bunyi gluduk-gluduk karena shockbreaker tidak dapat berayun dan meredam getaran dari roda mobil ketika melintasi jalanan yang rusak. Solusi mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengganti shockbreaker yang rusak dengan yang baru.

Pastikan Anda membeli komponen-komponen tersebut di bengkel Daihatsu agar mendapatkan komponen yang asli dan berkualitas. Bengkel Daihatsu juga akan memberikan penanganan dan perawatan mobil terbaik ketika Anda membutuhkan bantuan. Karena Daihatsu memiliki mekanik yang komponen dan profesional di dalamnya. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Harga Roof Rack Mobil: Aman di Kantong, Kualitas Terjamin

2021-02-02

Memasang roof rack adalah pilihan terbaik jika Sahabat akan bepergian jarak jauh dan membawa banyak barang, terlebih ketika momen mudik. Memilih roof rack yang tepat mem

thumbnail

Mengenal 6 Komponen Power Steering pada Mobil Beserta Fungsinya

2021-01-10

Bagi Anda yang menyukai otomotif atau memiliki mobil, maka istilah power steering mungkin sudah tidak asing lagi. Power

thumbnail

10 Komponen Master Rem Mobil dan Fungsinya Terlengkap

2023-01-02

Berbicara mengenai sistem pengereman mobil, tidak terlepas dari fungsi master rem mobil. Komponen tersebut memiliki peran yang cukup penting terhadap kinerja