Tips Sahabat

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan & Solusinya

09 April 2025
Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan & Solusinya

Posisi D pada transmisi mobil matic memiliki arti “drive” atau berkendara. Ketika Anda memindahkan posisi dari tuas N ke tuas D maka mobil akan berpindah ke mode berjalan. Namun tidak sedikit orang yang mengendarai mobil matic posisi D tidak mau jalan. Lantas hal apakah yang menyebabkan kondisi tersebut dapat terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya yang tepat. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan Meski Posisi D dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil matic tidak mau jalan meski tuas transmisi sudah di posisi D, yang perlu diketahui. Berikut faktor penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.

1. Adanya masalah pada komponen kelistrikan

Penyebab pertama mobil matic posisi D tidak mau jalan bisa disebabkan karena adanya komponen kelistrikan mobil yang bermasalah. Kondisi aki yang sudah mulai soak, ataupun kabel kelistrikan mobil yang sudah getas akan menimbulkan permasalahan pada sistem kelistrikan mobil. Hal inilah dapat mempengaruhi kinerja tuas transmisi pada mobil matic. 

Untuk mengatasi tersebut, Anda perlu mengecek kondisi setiap komponen kelistrikan secara rutin dan berkala. Segara lakukan penggantian komponen apabila rusak, dan lakukanlah penggantian komponen di bengkel ternama seperti bengkel Daihatsu. Karena bengkel ini memiliki pelayanan yang ramah, tenaga profesional, alat yang mumpuni, hingga suku cadang asli. 

2. Kondisi jalanan yang buruk

Mobil tidak bisa berjalan meski di posisi D, bisa terjadi karena Anda melewati jalanan yang penuh tanjakan dan rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memindahkan posisi tuas transmisi dari D ke posisi L (gigi 1).

3. Adanya masalah pada bagian switch transmisi

Penyebab selanjutnya, bisa saja disebabkan oleh kondisi switch transmisi yang rusak atau aus. Switch transmisi yang rusak memungkinkan kondisi transmisi berada dalam posisi P (parkir) meski tuas sudah dipindahkan ke posisi D. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu meminta bantuan mekanik profesional seperti mekanik dari bengkel Daihatsu untuk melakukan penggantian komponen. 

4. Gigi bermasalah saat dipindahkan

Pada dasarnya ketika Anda sedang memindahkan gigi mobil, gigi akan berpindah dengan mudah tanpa adanya hambatan sama sekali. Namun, terkadang gigi terasa berat, keras, dan tersendat-sendat saat dipindahkan. 

Kondisi seperti ini menandakan bahwa perpindahan gigi mobil kurang normal dan terdapat masalah. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab mobil matic tidak mau berjalan meski sudah di posisi D. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu untuk berkonsultasi dengan mekanik yang tepat.

5. Transmisi mobil matic mengalami slip

Transmisi loss atau slip juga menjadi pemicu mobil matic tidak bisa berjalan meski dalam posisi D. Hal tersebut biasanya terjadi karena torque converter sudah aus, atau oli transmisi sudah habis. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan pengecekan. 

Segera lakukan penggantian torque converter apabila komponen ini rusak. Namun, jika oli Anda habis, segera lakukan penggantian. Anda bisa menggunakan oli transmisi matic ATF Dot 3 Astra Daihatsu. Oli transmisi ini mampu melumasi sistem transmisi mobil Anda dengan sempurna sehingga usia komponen sistem transmisi mobil menjadi lebih awet. 

6. Mobil bergetar dan tiba-tiba mati

Penyebab terakhir mobil matic posisi D tidak mau jalan, disebabkan adanya masalah pada mobil matic sehingga mobil bergetar dan mati secara mendadak ketika sedang di rem. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu, untuk melakukan pengecekan dan perawatan. 

Tips Sahabat Lainnya
Jadwal SIM Keliling Jakarta Barat dan Lokasi Terbaru
Jadwal SIM Keliling Jakarta Barat dan Lokasi Terbaru 2025
Masyarakat Jakbar dapat melakukan perpanjangan SIM secara mudah di gerai SIM Keliling Jakarta Barat. SIM Keliling disediakan oleh kepolisian agar masyarakat bisa memperpanjang SIM A atau SIM C secara
beda mesin VVT-i dan Dual VVT-i
Perbedaan Mesin VVT-i dan Dual VVT-i: Mana yang Lebih Irit dan Bertenaga?
Dunia otomotif tersebut berkembang pesat, salah satunya inovasi untuk hemat bahan bakar dan minim polusi dengan sistem VVT-i. Teknologi ini juga mendapat pembaruan dengan hadirnya sistem dual VVT-i. K
Jadwal SIM Keliling Depok Terbaru 2025 & Lokasinya
Jadwal SIM Keliling Depok Terbaru 2025 & Lokasinya
Perpanjangan SIM wajib dilakukan secara tepat waktu atau secara berkala setiap 5 tahun sekali. Jika terlambat memperpanjangnya, SIM Anda akan dinyatakan hangus dan bisa terkena tilang saat berkendara.
16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah
16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah
Sekring mobil merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Terdapat banyak sekring pada mobil dengan fungsi dan kodenya masing-masing, seperti untuk lampu, AC, klakson, airbags, dan
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami