Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan & Solusinya

Otomotif

2023-07-04

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan & Solusinya

Posisi D pada transmisi mobil matic memiliki arti “drive” atau berkendara. Ketika Anda memindahkan posisi dari tuas N ke tuas D maka mobil akan berpindah ke mode berjalan. Namun tidak sedikit orang yang mengendarai mobil matic posisi D tidak mau jalan. Lantas hal apakah yang menyebabkan kondisi tersebut dapat terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya yang tepat. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan Meski Posisi D dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil matic tidak mau jalan meski tuas transmisi sudah di posisi D, yang perlu diketahui. Berikut faktor penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.

1. Adanya masalah pada komponen kelistrikan

Penyebab pertama mobil matic posisi D tidak mau jalan bisa disebabkan karena adanya komponen kelistrikan mobil yang bermasalah. Kondisi aki yang sudah mulai soak, ataupun kabel kelistrikan mobil yang sudah getas akan menimbulkan permasalahan pada sistem kelistrikan mobil. Hal inilah dapat mempengaruhi kinerja tuas transmisi pada mobil matic. 

Untuk mengatasi tersebut, Anda perlu mengecek kondisi setiap komponen kelistrikan secara rutin dan berkala. Segara lakukan penggantian komponen apabila rusak, dan lakukanlah penggantian komponen di bengkel ternama seperti bengkel Daihatsu. Karena bengkel ini memiliki pelayanan yang ramah, tenaga profesional, alat yang mumpuni, hingga suku cadang asli. 

2. Kondisi jalanan yang buruk

Mobil tidak bisa berjalan meski di posisi D, bisa terjadi karena Anda melewati jalanan yang penuh tanjakan dan rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memindahkan posisi tuas transmisi dari D ke posisi L (gigi 1).

3. Adanya masalah pada bagian switch transmisi

Penyebab selanjutnya, bisa saja disebabkan oleh kondisi switch transmisi yang rusak atau aus. Switch transmisi yang rusak memungkinkan kondisi transmisi berada dalam posisi P (parkir) meski tuas sudah dipindahkan ke posisi D. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu meminta bantuan mekanik profesional seperti mekanik dari bengkel Daihatsu untuk melakukan penggantian komponen. 

4. Gigi bermasalah saat dipindahkan

Pada dasarnya ketika Anda sedang memindahkan gigi mobil, gigi akan berpindah dengan mudah tanpa adanya hambatan sama sekali. Namun, terkadang gigi terasa berat, keras, dan tersendat-sendat saat dipindahkan. 

Kondisi seperti ini menandakan bahwa perpindahan gigi mobil kurang normal dan terdapat masalah. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab mobil matic tidak mau berjalan meski sudah di posisi D. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu untuk berkonsultasi dengan mekanik yang tepat.

5. Transmisi mobil matic mengalami slip

Transmisi loss atau slip juga menjadi pemicu mobil matic tidak bisa berjalan meski dalam posisi D. Hal tersebut biasanya terjadi karena torque converter sudah aus, atau oli transmisi sudah habis. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan pengecekan. 

Segera lakukan penggantian torque converter apabila komponen ini rusak. Namun, jika oli Anda habis, segera lakukan penggantian. Anda bisa menggunakan oli transmisi matic ATF Dot 3 Astra Daihatsu. Oli transmisi ini mampu melumasi sistem transmisi mobil Anda dengan sempurna sehingga usia komponen sistem transmisi mobil menjadi lebih awet. 

6. Mobil bergetar dan tiba-tiba mati

Penyebab terakhir mobil matic posisi D tidak mau jalan, disebabkan adanya masalah pada mobil matic sehingga mobil bergetar dan mati secara mendadak ketika sedang di rem. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu, untuk melakukan pengecekan dan perawatan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Plat RFS? Ini Jenis dan Aturan Penggunaannya

2024-02-22

Di tahun 2023 kemarin, plat RFS menjadi perbincangan khalayak ramai termasuk pihak Korlantas Polri. Meski banyak diperbincangkan, tidak sedikit yang mengetahui apa m

thumbnail

Transmisi CVT Mobil: Pergerakan yang Smooth hingga Irit BBM

2021-02-26

Continuous Variable Transmission atau CVT adalah satu dari empat jenis transmisi matik pada mobil. Tiga lainnya adalah hydraulic automatic transmission, dual clutch tran

thumbnail

1 Liter Bensin Berapa Kilometer Mobil? Ini Cara Menghitungnya

2022-12-05

Mungkin pernah terbesit di benak Anda, 1 liter bensin berapa kilometer mobil? Sebenarnya, terdapat aturan baku yang berkaitan dengan hal tersebut. Konsumsi BBM LCGC

thumbnail

Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil yang Rusak

2021-01-13

Salah satu komponen pada sistem starter mobil yang sangat penting yaitu dinamo starter. Apabila bagian tersebut mengalami masalah atau rusak, maka anda tentunya tidak da