Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus dan Tips Mengatasinya
Penyebab mobil tidak bisa distarter biasanya karena akinya aus. Namun di kondisi tertentu, mobil tetap tidak bisa distarter meskipun kondisi aki masih bagus. Jika seperti ini maka penyebabnya tentu bukan karena pasokan listrik yang lemah, namun karena ada beberapa komponen mobil lainnya yang bermasalah.
Beberapa masalah yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus adalah pada kabelnya, soket, sekering, busi, dan komponen lainnya. Perlu dilakukan pengecekan satu per satu di tiap komponennya untuk mengetahui faktor yang membuat mobil sulit distarter.
Mari simak beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus, tanda-tandanya, hingga cara mengatasinya.
Penyebab Umum Mobil Tidak Bisa Distarter padahal Aki Bagus
Ada beberapa penyebab yang sering dijumpai dari mobil tidak bisa distarter padahal aki dalam kondisi bagus. Berikut sejumlah faktor yang bisa menyebabkan mobil tidak dapat distarter:
1. Kerusakan pada Komponen Starter
Masalah yang pertama dari mobil tidak bisa distarter adalah karena kerusakan pada komponen starter. Jika motor atau starter rusak maka biasanya akan gagal berputar. Jika bisa berputar pun biasanya berputarnya sangat lemah. Masalah ini bisa juga ditandai dengan bunyi klik saat distarter. Kerusakan jenis ini bisa disebabkan karena kondisi starter sudah aus.
Selain itu, Anda juga bisa mengecek di bagian solenoid yang berfungsi untuk meneruskan aliran listrik untuk mengetahui penyebabnya. Ketika solenoid starter rusak maka aliran listrik akan terhalangi, sehingga motor starter tidak bisa berputar.
Kerusakan solenoid diketahui dari timbulnya suara berisik saat awal menyalakan mobil. Jika solenoid masih bagus namun tetap tidak bisa menyala, Anda perlu curiga pada relay starter. Bisa jadi relay starter bermasalah, sehingga tidak menyambungkan arus yang cukup dari aki ke motor starter.
2. Kabel dan Konektor Listrik
Masalah lainnya yang bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter adalah karena kabel dan konektornya bermasalah. Kabel starter yang longgar dan sudah muncul korosinya bisa menghambat aliran listrik. Jika kabel sudah muncul korosi, Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkan korosinya. Apabila kabelnya longgar, Anda bisa mengencangkannya kembali.
Masalah lain penyebab mobil tidak dapat distarter bisa terjadi karena terminal aki yang kotor atau kendor. Solusinya bisa Anda lakukan dengan membersihkan kotoran-kotoran tersebut dan mengencangkannya kembali. Terminal aki yang kotor dan kendor bisa menyebabkan gangguan koneksi listrik.
3. Sistem Pengapian & Bahan Bakar
Busi yang kotor atau sudah aus juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Sebaiknya bersihkan busi yang kotor dengan sikat kawat. Jika memang ternyata busi sudah aus, maka terpaksa Anda harus menggantinya. Umumnya busi perlu diganti tiap 2 tahun sekali. Busi yang bermasalah bisa menyebabkan percikan tidak optimal.
Penyebab lainnya dari mobil tidak dapat distarter bisa karena karburator atau injektor tersumbat. Kondisi ini bisa menyebabkan bahan bakar tidak tersalur dengan sempurna, sehingga tidak terjadi pembakaran. Jika karburator atau injektor tersumbat, Anda bisa membongkarnya sendiri untuk mengatasinya. Namun jika Anda tidak yakin, Anda bisa membawanya ke bengkel.
Jika busi dan karburator tidak ada masalah maka dugaan lain penyebabnya adalah pada fuel pump yang tidak bekerja dengan baik, sehingga suplai bahan bakar terganggu. Anda perlu memeriksa tekanan fuel pump. Normalnya, tekanan fuel pump yakni 2,5-3,5 bar.
Jika tekanan kurang dari itu, Anda perlu mengganti dengan fuel pump yang baru. Jika tekanan normal namun tetap bermasalah, bisa jadi karena selang fuel pump, relay, atau ada tumpukan kotoran yang menghambat kerja fuel pump.
4. Sistem Elektrik & Sensor
Alternator yang rusak juga bisa menyebabkan aki tidak terisi optimal saat kendaraan berjalan. Alhasil aki akan cepat habis karena tidak terisi penuh meskipun terlihat seperti normal. Selain itu ECU yang bermasalah juga bisa menyebabkan sistem pengapian tidak berjalan.
ECU yang bermasalah bisa ditandai dengan tidak ada percikan api di busi, pompa bensin tidak aktif saat kunci ON, check engine tidak menyala sama sekali, hingga tidak ada sinyal ke injector. Masalah tersebut bisa membuat mobil tidak bisa distarter.
5. Penyebab Lainnya
Penyebab lain mobil tidak bisa distarter kemungkinkan adalah karena timing chain yang bermasalah. Ketika timing chain bermasalah maka sinkronisasi mesin akan terganggu. Efeknya, mesin tidak akan bisa menyala meskipun aki dalam kondisi bagus.
Selain itu, udara yang terperangkap di saluran bahan bakar juga bisa menghambat pasokan bahan bakar. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda kehabisan bahan bakar, sehingga ada udara yang terperangkap di saluran bahan bakar. Ignition switch yang rusak juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter karena sinyal starter tidak tersampaikan ke starter motor.
Baca juga: Yuk, Simak Cara Starter Mobil yang Benar dan Aman
Tanda-Tanda Awal dan Diagnosa Cepat
Setelah Anda mengetahui bahwa banyak faktor penyebab mobil tidak bisa distarter, berikut ini adalah tanda-tanda awal yang bisa membantu Anda untuk melakukan diagnosa secara cepat.
1. Lampu mati atau redup saat distarter
Jika Anda menemukan tanda-tanda berupa lampu mati atau redup, maka indikasi awal adalah karena rangkaian listrik atau sumber listrik yang bermasalah. Biasanya kondisi ini terjadi pada aki yang sudah berumur 3 tahun atau lebih. Jika mengalami hal ini, Anda perlu mengganti aki dengan yang baru.
2. Suara klik tapi mobil tidak hidup
Jika suara klik terdengar namun mobil tetap tidak hidup, biasanya karena relay atau solenoid yang bermasalah. Coba cek kedua bagian tersebut, mungkin solenoid terbakar atau seal-nya rusak dan relay seperti mengeluarkan bau terbakar. Jika terjadi seperti itu, maka Anda harus mengganti komponen yang rusak atau aus tersebut.
3. Starter berputar namun mesin tidak menyala
Jika Anda mendengar starter mobil berputar namun mesin tidak menyala, bisa jadi karena bahan bakar tidak bisa terdistribusi dengan benar. Hal ini biasanya disebabkan karena fuel pump yang bermasalah. Jika fuel pump masih dalam kondisi bagus, bisa jadi masalahnya karena sensor mesin yang mengalami gangguan.
Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter
Dengan kemungkinan penyebabnya yang cukup banyak, Anda mungkin bingung harus mengecek bagian yang mana dulu untuk mengatasi mobil tidak bisa distarter. Berikut ini cara mengatasi mobil tidak dapat distarter dan tips praktis yang bisa Anda ikuti.
Langkah Awal
Berikut ini adalah beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan saat mobil tidak bisa distarter:
- Periksa kondisi aki mobil. Pastikan aki dalam kondisi prima dengan tegangan minimal 12,4 Volt. Jika tegangannya di bawah itu, aki perlu diisi ulang atau gantilah akinya jika memang aki sudah terlalu tua. Ketika distarter, tegangan tidak boleh di bawah 10 Volt.
- Periksa bagian terminal aki dan kabelnya. Lepas kabel negatif dulu, lalu kabel positif. Cek apakah ada kerak atau karat di terminal aki. Pastikan kabel tidak terkelupas. Pasang lagi dan kencangkan kabel.
- Periksa sekring dan relay. Cek apakah ada sekring yang putus. Apabila ada yang putus maka segera ganti dengan yang baru.
Pemeriksaan Pengapian dan Bahan Bakar
Jika langkah awal sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemeriksaan pada komponen pengapian dan bahan bakar:
- Cek bagian busi. Jika bisa berkerak maka bisa Anda bersihkan menggunakan sikat kawat atau bisa ganti dengan yang baru jika elektroda sudah aus. Pastikan ada percikan api saat busi mobil dites.
- Periksa fuel pump dan saringannya. Anda bisa memasukkan kunci dan memposisikan ON, lalu cek apakah ada dengungan pompa bensin atau tidak. Jika tidak terdengar, cek relay pompa dan arus listrik ke pompa. Bersihkan juga saringan jika terlihat kotor dan tersumbat.
- Cek bagian relay, solenoid, dan starter. Jika kunci dalam posisi ON namun tidak terdengar klik dari solenoid, cek bagian rela. Ada kemungkinan switch ignition juga bermasalah. Namun jika terdengar klik namun starter tidak berputar, maka cek kabel besar starter.
- Cek bagian alternator. Tegangan normal alternator saat mesin hidup adalah 13,8 - 14,4 Volt. Jika tegangan di bawah itu maka alternator tidak mengisi aki.
Jika Masih Bermasalah
Jika setelah pemeriksaan pengapian dan bahan bakar masih saja bermasalah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:
- Periksa ECU, immobolizer, dan ignition switch. Jika kunci dalam posisi ON namun lampu Check Engine tidak menyala, kemungkinan ECU tidak aktif. Jika lampu immobilizer berkedip terus maka ECU tidak mengizinkan pengapian. Pastikan konektor ECU serta modul immobilizer bersih dan terpasang kuat. Coba memakai kunci cadangan jika immobilizer tidak membaca kunci utama.
- Jika Anda punya Scanner OBD2, Anda bisa mengecek kode error elektroniknya. Kode P0600 - P0606: gangguan ECU, sedangkan P1600 - P1610: masalah immobilizer atau komunikasi kunci.
- Namun jika tidak memiliki alat Scanner OBD2, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi yang handal.
Baca juga: Cara Mengatasi Aki Soak, Cek Ciri-Ciri dan Penyebabnya
Itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter padahal kondisi aki bagus, serta tanda-tanda awal dan cara mengatasinya. Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasinya namun tetap tidak bisa distarter, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu.
Jika Anda kesulitan membawa mobil karena starter mobil tidak nyala, Anda bisa menggunakan layanan Daihatsu Mobile Service (DMS) agar teknisi datang ke rumah. Untuk booking layanan DMS ini, Anda bisa booking melalui aplikasi DaihatsuKu atau melalui layanan telepon 1-500-898.