Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Oli Power Steering Bocor dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2021-01-12

penyebab oli power steering bocor

Pernahkah Anda menemukan tetesan oli di bawah mobil yang tidak berhenti mengucur? Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena oli pada power steering mengalami kebocoran. 

Sebelum memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru, sebaiknya kenali penyebab oli power steering bocor dan cara mengatasinya.

1. Kebocoran Pada Seal Steering Rack

Terjadinya kebocoran pada seal steering rack, merupakan salah satu penyebab munculnya titik titik oli di sepanjang aspal jalanan. 

Seal sendiri memiliki peran untuk mencegah kebocoran minyak rem yang ada pada as power steering. Jika seal mengalami keretakan sedikit saja, maka tidak mengherankan jika oli akan bocor.

Dalam kondisi parkir kemungkinan kebocoran pada seal tidak akan terlalu terlihat, namun akan berbeda cerita ketika kendaraan sedang dikendarai. 

Sebab ada kemungkinan kebocoran akan semakin terlihat, akibat steering rack akan dilimpahi minyak rem dengan tekanan cukup tinggi dibandingkan sebelumnya. 

Untuk memastikan kebocoran, sebaiknya segera cek dengan cara menghidupkan mesinnya lalu belokkan setir dari kanan ke kiri. Cara ini dilakukan, untuk memastikan penyebab oli power steering bocor dan cara mengatasi jika ditemukan kebocoran. 

Apabila ditemukan titik titik oli menetes ke permukaan aspal ketika setir dibelokkan, sudah menjadi pertanda bahwa seal rack power bocor.

Mengganti satu set power steering adalah solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan tersebut. Segera bawa kendaraan kesayangan Anda pada bengkel resmi terdekat agar mobil mendapatkan perawatan tepat. 

Dengan begitu, resiko terjadinya kerusakan kembali dapat diminimalisir sekecil mungkin. 

Baca juga: Punya Daya Tahan Tinggi, Ini 5 Fungsi Utama Silinder Head

2. Keretakan Selang atau Pecah 

Selang power steering yang terlalu banyak menerima panas mesin atau bahkan dimakan usia, bisa menjadi satu dari sekian penyebab kerusakan. 

Rusaknya selang power steering dapat berupa retakan kecil atau pecah yang membuat oli terus mengalir dan pertanda terjadinya kebocoran. 

Meski demikian, ada beberapa pemilik kendaraan yang tidak menyadari kebocoran tersebut. 

Tanda kebocoran tidak terlalu terlihat karena berupa tetesan oli  dengan jumlah yang cukup sedikit. Namun ketika diperhatikan seksama, Anda akan menyadari jika tetesan kecil yang ditemukan di lantai garasi bisa menjadi kebocoran. 

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui penyebab oli power steering bocor dan cara mengatasi agar kendaraan mendapatkan perawatan dini. 

3. Klem Selang Mulai Kendor atau Terlepas 

Perlu Anda ketahui bahwa selang power steering umumnya dipasang dengan klem pegas atau dikenal klem sekrup. 

Namun, klem dapat rapuh termakan usia sehingga perlahan klem mulai kendor dan tidak dapat menahan selang agar tetap melekat pada channel-nya. Inilah alasan oli pada power steering bocor. 

Selain itu, posisi klem yang kurang pas juga menjadi pemicu terjadinya kebocoran sehingga harus diperbaiki agar kinerjanya optimal kembali. 

Baca juga: Bisakah Oli Transmisi Digunakan Sebagai Pengganti Oli Power Steering?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!

2023-11-17

Memahami cara membuka blokir ETLE sangatlah diperlukan oleh para pengemudi. Pasalnya, terkadang pengemudi tidak menyadari bahwa dirinya melakukan pelanggaran lalu li

thumbnail

8 Ciri Alternator Mobil Bermasalah

2020-12-08

Pada dasarnya untuk membangkitkan mesin pada mobil ada tiga bagian.

thumbnail

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

2020-11-15

Memasuki musim penghujan, pengendara mobil kerap mengeluhkan kaca kendaraannya berembun dan menghilangkan fokus pandangannya. Kondisi ini terjadi akibat suhu serta kelem

thumbnail

10 Cara Menghemat Bahan Bakar dengan Efektif, Dijamin Irit!

2023-05-09

Mengetahui cara menghemat bahan bakar