Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk dan Cara Mengatasinya
22 November 2023
Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah mengalami persneling mobil susah masuk ketika mesin menyala? Jika pernah, tentunya hal tersebut membuat Anda panik dan kebingungan bukan? Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari perhatikan penjelasan berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Persneling Mobil Susah Masuk

Ada beberapa faktor yang menyebabkan persneling susah masuk ketika mesin mobil menyala. Berikut penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.

1. Setelan kopling kurang tepat

Penyebab pertama persneling susah masuk, disebabkan karena setelan gerak bebas kopling atau free alya kopling terlalu besar. Permasalahan ini kerap terjadi pada mobil dengan sistem transmisi manual. Ketika mesin mobil dalam keadaan tidak menyala, maka persneling mobil mudah dipindahkan pada posisi 1, 2, 3 dan sebagainya. 

Namun, ketika mesin mobil menyala, maka persneling susah dimasukkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penyetelan ulang freeplay kopling dan memastikan setelannya tidak terlalu bebas.

2. Kampas kopling aus

Penyebab kedua, disebabkan oleh kampas kopling yang sudah mulai aus atau tipis. Seperti diketahui, kopling berfungsi memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan mesin ke transmisi. Ketika putaran tenaga dari mesin mobil terputus maka perpindahan gigi akan lancar. 

Namun, jika kampas kopling sudah menipis, maka perpindahan gigi menjadi sulit. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian kampas kopling.

3. Kabel kopling macet

Penyebab selanjutnya, disebabkan oleh kabel kopling keras dan macet. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyaknya kotoran atau karat yang menumpuk pada kabel kopling. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian kabel kopling. 

4. Kebocoran fluida pada master kopling

Kebocoran fluida pada master dapat menyebabkan tekanan hidrolik berkurang akibatnya persneling mobil sulit masuk. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu melakukan pengecekan fluid secara berkala. Tambahkan fluid apabila kondisi fluid sudah mulai berkurang. 

5. Setelan pedal kurang pas

Sama seperti setelan kopling, setelan pedal yang kurang pas dapat menyebabkan persneling susah masuk. Sebaiknya, setel pedal sesuai standar jangan terlalu bebas.

6. Synchromesh ring aus

Seperti diketahui, syncromesh ring merupakan komponen yang bertugas mengontrol putaran roda gigi transmisi agar putarannya sama. Namun, jika komponen tersebut aus, maka dipastikan putaran setiap roda gigi berbeda sehingga gigi persneling sulit masuk. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian komponen. 

7. Input shaft spline transmisi berkarat

Input shaft spline transmisi merupakan komponen sistem transmisi yang berhubungan langsung dengan kampas kopling. Apabila komponen tersebut berkarat, dipastikan kampas kopling akan tersangkut apabila pengemudi menginjak pedal kopling. Akibatnya persneling susah masuk saat mesin menyala. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan pembersihan karat dengan menggunakan cairan khusus (braso). 

8. Bushing tuas persneling aus

Seperti diketahui bushing tuas persneling berfungsi menyeimbangkan suspensi mobil dan meredam getaran. Komponen tersebut mudah aus karena terbuat dari karet. Bushing tuas persneling yang aus menyebabkan selector transmisi bergeser sehingga gigi persneling susah masuk. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian komponen.

Baca Juga : Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic & Fungsinya

9. Shift fork aus

Shift fork yang aus juga menyebabkan persneling susah masuk. Seperti diketahui, shift fork berfungsi sebagai penghubung hub sleeve agar tidak oblak pada synchromesh. Apabila komponen tersebut aus, maka hub sleeve akan oblak dan longgar sehingga gigi transmisi bergeser. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian komponen. 

Demikian penyebab dan cara mengatasi persneling susah masuk. Sebagai langkah preventif agar kondisi tersebut tidak terjadi, pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin di bengkel Daihatsu terdekat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku