Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi & Solusinya

Otomotif

2022-08-04

Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi & Solusinya

Saat ini, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi teknologi canggih serta modern, baik di sisi kenyamanan serta keamanan. Contohnya saja saat akan memarkirkan mobil, pengemudi seperti dimudahkan dengan sensor parkir mobil.

Terdapat 2 jenis sensor parkir yang dipergunakan oleh sejumlah merek mobil ternama yang berada di Indonesia yaitu "sensor parkir infrared" serta "sensor parkir kamera".

Penyebab Sensor Parkir Mobil Mati

Sebelum mengetahui penyebab sensor parkir mati atau tidak berbunyi, ketahui juga fungsi dan kegunaanya.

Sensor parkir berfungsi sebagai pendeteksi area belakang mobil yang bisa menghindari kejadian menabrak.

Penggunaan sensor tentu menjadi hal yang sangat penting. Sayangnya, terdapat pemilik mobil yang mengalami kejadian, sensor parkir mundur tidak berbunyi. 

Masalah ini sebenarnya wajar serta sering terjadi. Berikut sejumlah penyebab sensor parkir mati, antara lain:

1. Terputusnya Instalasi Kabel Sensor

Salah satu penyebab sensor parkir tidak berbunyi adalah terputusnya instalasi kabel sensor. Sehingga, sebelum melakukan penggantian sensor baru, lebih baik cek dahulu instalasi kabel.

2. Kerusakan pada Sensor Mobil

Selain terputusnya instalasi kabel sensor, masalah lain yang dapat terjadi adalah sensor yang sudah rusak sehingga tidak bisa mendeteksi area serta mengeluarkan bunyi seperti peringatan.

3. Tegangan Listrik Tidak Mengalir

Anda juga dapat memeriksa tegangan listrik di bagian sensor. Anda bisa memeriksa apakah aliran listrik sampai ke sensor atau berhenti di tengah. Umumnya, sensor merupakan fitur yang memerlukan aliran listrik agar dapat bekerja dengan baik. 

4. ECU Sensor Rusak

Ada berbagai penyebab sensor parkir tidak berbunyi. Penyebab lain bisa disebabkan karena komponen yang mengalami kerusakan.

Anda dapat mengecek bagian modul atau ECU (Electronic Control Unit). Apakah bagian ini masih berfungsi atau mengalami kerusakan sehingga harus dilakukan penggantian.

5. Switch Sensor Mengalami Kerusakan

Komponen lain yang mempunyai peran penting adalah switch sensor. Dari banyaknya pengguna yang mengalami masalah sensor mundur mobil tidak berbunyi, biasanya masalah terjadi pada komponen switch yang terputus atau rusak sehingga sensor tidak bisa mengeluarkan bunyi.

6. Buzzer Speaker Tidak Berfungsi

Bila berbagai komponen di atas sudah Anda cek dan berfungsi dengan normal, masalah bisa terjadi karena buzzer speaker mati.

7. Fuse Lampu Tidak Berfungsi

Bila fuse lampu tidak berfungsi dengan baik, aliran listrik tidak bisa masuk menyuplai sensor, sehingga sensor tidak bisa berfungsi mendeteksi area di bagian belakang mobil.

Baca Juga : Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

Cara Mengatasi Sensor Parkir Mobil yang Mati

Gambar Sensor Parkir Mobil

Untuk mengatasi sensor parkir yang mati dan tidak berfungsi, Anda harus mengetahui cara setting sensor parkir dengan tepat. Berikut langkah mudahnya, antara lain:

1. Sambung Kembali Kabel yang Putus

Bila penyebab masalah sensor parkir ini karena kabel yang putus, agar fungsinya bisa kembali seperti semula, Anda harus menyambung kembali kabel tersebut. 

2. Bersihkan Sensor yang Kotor

Namun, bila masalahnya disebabkan karena sensor yang kotor, agar dapat mengatasinya Anda hanya perlu membersihkannya.

Ketika melakukan pembersihan, pastikan seluruh komponen dibersihkan dengan baik.

3. Periksa Tegangan Listrik

Anda juga dapat memeriksa suplai tegangan listrik. Cek dengan menggunakan alat ukur. Komponen ini tidak dapat bekerja bila suplai listrik tidak stabil atau kuang.

4. Ganti Komponen yang Mengalami Kerusakan

Bila sumber masalah disebabkan karena komponen mengalami kerusakan, Anda hanya perlu melakukan penggantian komponen, kemudian sensor akan berfungsi seperti sedia kala. 

Kerusakan sensor parkir mobil harus segera diatasi. Jika berbagai cara di atas tidak dapat mengatasi masalah sensor parkir, Anda dapat melakukan service di bengkel resmi atau dealer Daihatsu. Ditangani oleh mekanik berpengalaman, masalah sensor mobil akan teratasi dengan baik.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Velg Mobil Wajib Dicat Ulang Setelah Perbaikan

2022-08-04

Saat terjadi kerusakan pada velg mobil, tentu penting b

thumbnail

Begini Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar

2022-08-04

Kebutuhan dalam dunia otomotif tampaknya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terbukti dari banyaknya keluaran terbaru untuk mobil atau pun motor. Jika dulu motor at

thumbnail

Yuk Mengintip Pengertian Safety Riding dan Cara Penerapannya

2022-08-04

Angka kecelakaan lalu lintas tiap tahun terus mengalami peningkatan, yang menandakan bahwa pengendara masih banyak yang abai pentingnya menerapkan safety riding bagi kes

thumbnail

Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

2022-08-04

Air yang keluar dari Ac mobil biasanya dibuang melalui saluran pembuangan yang nantinya keluar melalui kolong mobil. Jangan heran jika terdapat bekas tetesan air yang ad