Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Suara Knalpot Racing Cempreng

Otomotif

2022-07-06

Suara Knalpot Racing Cempreng

Suara knalpot racing cempreng tentunya cukup mengganggu bagi setiap penggunanya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab dari gangguan tersebut.

Kali ini, kami akan mengulas seputar penyebab apa yang menjadikan knalpot bermasalah, seperti halnya mengeluarkan suara cempreng ini. Untuk itu, simak ulasannya pada artikel berikut!

Penyebab Suara Knalpot Racing Cempreng

Knalpot aftermarket atau lebih sering dikenal dengan nama knalpot racing, merupakan sebuah knalpot yang dibuat secara khusus sebagai keperluan modifikasi serta balap. Disamping itu, banyak juga yang meyakini bahwa dengan penggunaannya, bisa menambah performa pada sepeda motor.

Meskipun cukup sulit membedakan mana yang asli dan palsu, knalpot yang asli umumnya menggunakan bahan yang berkualitas tinggi. Terutama pada bagian silincernya, sebut saja besi stainless hingga bahan titanium.

Sementara itu, untuk knalpot yang palsu akan menggunakan kualitas bahan yang rendah, seperti menggunakan pipa biasa. Knalpot racing bisa memberikan suara yang khas juga bising. Ini dihasilkan dari proses pembakaran atau kompresi mesin.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, suara khas dari knalpot ini malah bermasalah, hingga ada perubahan dibandingkan suara sebelumnya. Biasanya suara yang dikeluarkan akan menjadi cempreng.

Adapun penyebab dari hal ini, yang mana pada bagian silinder akan terdapat pipa saringan, serta pipa ini mempunyai diameter yang lebih kecil dari lingkaran luar silincernya.

Itu artinya, terdapat ruangan antara pipa saringan serta silencer, nah, pipa saringan inilah yang seringkali menimbulkan adanya getaran berlebih serta membuat suara knalpot jadi cempreng.

Penyebab tersebut bisa Anda atasi dengan menambahkan peredam getaran kedalam silencer. Tepatnya Anda letakkan di antara pipa saringan serta silencer. Peredam tersebut dinamakan Glasswool, atau disebut juga dengan Gesbul.

Komponen yang berbentuk seperti kapas atau kain ini memang memiliki fungsi khusus dalam meredam getaran pada knalpot racing, serta mempunyai sifat tahan panas, jadi tidak akan mudah terbakar.

Baca Juga: Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

Jadi, semakin padat glasswool atau gasbul yang dimasukkan, suaranya pun akan semakin adem dan getaran dari pipa saringan tersebut bisa diredam. Terdapat dua jenis glasswool yang umumnya digunakan, yaitu yang berwarna putih serta berwarna kuning.

Untuk yang berwarna putih, biasanya mempunyai kualitas yang lebih baik, sebab lebih tahan terhadap panas. Disamping itu, selain gesbul, celah yang ada pada silincer, yaitu sambungan antara body dengan penutupnya, itu sebaiknya ditutup menggunakan lem sebelum saringan akan dipasang.

Lem yang diaplikasikan ini bisa berupa lem karet, yang mana lem tersebut akan menjadi karet keras sesudah mengering. Seperti halnya auto sealer.

Itulah penyebab mengapa suara knalpot racing menjadi cempreng, maka dari itu perawatan secara rutin memang diperlukan. Ini dilakukan agar Anda bisa menghindari masalah tersebut.

Cara Merawat Knalpot Racing Agar Tetap Awet

Agar knalpot pada motor Anda tidak mudah rusak hingga mengeluarkan suara yang cempreng, perawatan secara berkala tentu harus dilakukan. Dalam melakukannya tidak perlu ribet, Anda hanya harus membersihkannya secara berkala dan teratur, seperti membersihkan lubang buang, karat, dan lainnya.

Namun, saat musim hujan datang, mungkin Anda perlu merawatnya lebih sering lagi, serta sering-seringlah memanaskan motor secara teratur ya. Disamping itu, lakukan service berkala pada motor Anda di bengkel terpercaya.

Salah satunya di bengkel terbaik, Daihatsu, disini Anda bisa melakukan perawatan motor di bengkel resmi dan mendapat kualitas service terbaik yang sesuai dengan tipe motor Anda.

Nikmati juga layanan booking service secara online jika ingin menjadwalkan service tanpa perlu menunggu antrian yang lama. Selengkapnya cek website resmi kami disini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Air Buangan AC Masuk ke Dalam Kabin

2021-12-10

Pernah mengalami air buangan AC masuk dalam kabin mobil, bila jawabannya iya maka Anda harus menyimak ulasan ini. Ulasan kali ini akan membahas detail m

thumbnail

6 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning

2021-06-29

Kaca lampu mobil Anda menguning? Jangan khawatir karena kaca lampu mobil yang menguning ini bisa Anda atasi dengan menggunakan beberapa bahan cairan penghilang kotoran p

thumbnail

Akibat Fatal dari Malas Ganti Minyak Rem Mobil

2021-10-28

Minyak rem adalah salah satu komponen yang paling penting untuk menjamin keamanan kendaraan. Meskipun begitu, pasti masih banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, “Ken

thumbnail

5 Kiat Merawat Kendaraan ala Daihatsu di Kala PPKM

2022-06-23

JAKARTA (16/2): Masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa daerah di Indonesia kembali d