Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Ukuran Setir Mobil Berbeda

Otomotif

2021-11-30

ukuran setir mobil

Setir merupakan salah satu fitur dalam sebuah mobil yang memiliki peranan penting, karena digunakan untuk mengontrol arah pergerakan kendaraan. Secara umum, ukuran setir mobil memiliki berbagai gaya dan tipe yang berbeda.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan mengapa ukuran setir mobil berbeda-beda. Berikut ulasannya:

Penyebab Ukuran Setir Mobil Berbeda

Bukan hanya ban pada mobil yang memiliki ukuran berbeda-beda, ternyata setir mobil pun sama. Untuk setir mobil daily use, diameter yang dimiliki biasanya berukuran 14-15 inci.

Sementara itu untuk setir racing car kompetisi diameter ukurannya yakni 12.6 – 13.8 inci. Lalu apakah yang menyebabkan perbedaan tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

Luas kabin mobil

Kabin, erat kaitannya dengan unsur ergonomis. Ergonomis sendiri merupakan ilmu mengenai segala pertimbangan dalam mendesain suatu benda, fasilitas maupun lingkungan buatan seperti halnya kabin mobil dengan manusia sebagai acuan untuk membuat manusia itu nyaman.

Dari adanya pertimbangan luas kabin untuk menentukan ukuran setir, mobil akan memiliki performa yang lebih stabil. Jika kabin mobil luas seperti Xenia, maka ukuran setir mobil pun lebih besar dan sebaliknya jika ukuran mobil kecil, setir mobil pun kecil.

Jenis mobil

Ukuran setir mobil juga ditentukan oleh jenis mobilnya. Mobil yang dipakai untuk transportasi harian atau daily use, biasanya akan memiliki setir berukuran besar, sedangkan untuk mobil balap atau racing, ukuran setirnya lebih kecil.

Hal tersebut karena ruang yang dimiliki oleh racing car cenderung lebih kecil dari mobil untuk daily use atau yang digunakan sehari-hari. Bukan hanya itu, perbandingan jumlah gigi saat berbelok juga menjadi pertimbangan.

Ukuran bahu seseorang

Bahu seseorang juga menentukan ukuran setir mobil. Apabila setirnya terlalu besar dan tidak pas dengan ukuran bahu pada umumnya, mengemudi mobil pun tidak akan nyaman.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan modifikasi setir mobil, alangkah baiknya memilih setir dengan ukuran yang tidak terlalu jauh dari setir bawaan pabrik pada umumnya.

Radius putar setir mobil

Radius putar adalah ukuran besar lingkaran setir ketika mobil dibelokkan. Setiap jenis mobil masing-masing memiliki radius putar yang berbeda-beda.

Apabila ukuran mobil Anda besar, radius putar setirnya juga akan besar. Sebaliknya, jika ukuran mobil kecil, radius putar setirnya juga kecil. pada umumnya, radius putar akan diperhitungkan dari posisi setir yang berputar hingga mentok.

Cara penghitungannya sendiri dimulai dari titik pusat lingkaran hingga ke posisi ban yang berada di luar sisi. Seperti halnya jika berputar ke kanan, ban kiri depan yang berada di sisi luar.

Radius putar pada racing car, tidak sebesar mobil pada umumnya, untuk kenyamanan berkendara, ukuran setirnya juga ikut menyesuaikan.

Tipe-tipe Setir Mobil

Sebelumnya Anda sudah mengetahui beberapa penyebab mengapa ukuran setir mobil berbeda-beda. Adapun beberapa tipe setir mobil yang biasa digunakan mobil-mobil saat ini, yaitu:

  1. Telescope steering wheels
  2. Tilt steering wheels
  3. Adjustable steering wheels
  4. Swing-away steering wheels
  5. Recirculating ball steering wheels
  6. Rack and pinion steering wheels

Itu adalah beberapa tipe setir mobil pada umumnya. Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa setir di atas untuk mobil Anda dengan catatan sesuaikan dengan ukuran mobil agar Anda lebih nyaman dalam berkendara.

Berdasarkan penjelasan di atas, ukuran setir mobil tentu berbeda-beda. Hal tersebut perlu Anda perhatikan, untuk membuat berkendara semakin nyaman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dongkrak Buaya: Fungsi, Cara Kerja & Tips Memilih yang Tepat

2023-03-14

Ketika ban mobil pecah di tengah jalan, And

thumbnail

Mengenal Skema Indikator Bensin Mobil dan 4 Permasalahan yang Sering Terjadi

2020-10-30

Setiap kendaraan dibekali dengan indikator bensin yang terletak di bagian depan pengemudinya. Indikator bensin tersebut membantu pengemudi dalam memperkirakan waktu tepa

thumbnail

Mengenal Defogger dari Letak Hingga Cara Merawatnya

2020-12-16

Defogger adalah Garis yang melintang kecoklatan terletak di bagian kaca belakang mobil. Apakah Sahabat pernah memperhatikan bagian belakang pada mobil Sahabat? Pada bagi

thumbnail

Tips Servis Mobil di Bengkel Resmi Plus Keuntungannya

2021-08-15

Merawat kendaraan pribadi, seperti mobil, memang susah susah gampang. Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil, maka Anda harus siap dengan perawatan yang harus di